Nicholas Kurniawan ~ Pengusaha Muda Sukses Kembangkan Bisnis Ikan Hias Venus Aquatics

Nicholas Kurniawan

Siapa sangka Nicholas Kurniawan adalah seorang anak dari keluarga yang dulunya mengalami kesulitan ekonomi. Mungkin Anda semua tidak mempercayainya, namun kenyataannya memanglah demikian. Nicholas Kurniawan dibesarkan dari keluarga kurang mampu yang bahkan untuk membiayai sekolahnya orang tuanya terpaksa mencari hutangan. Penghasilan yang pas-pasan dari kedua orang tua Nicholas, dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan #pendidikan anaknya.

Perjuangan Nicholas Kurniawan sungguh sangat berat sejak ia kecil. Nicho begitu ia akrab dipanggil, sering merasa kasihan kepada kedua orang tuanya karena mereka sering dipermalukan karena besarnya hutang yang mereka tanggung. Karena melihat hal itu sering terjadi, maka sejak kecil Nicholas Kurniawan bertekad untuk menjadi orang yang sukses dan bisa membanggakan kedua orang tuanya.

Akrab Dengan Kegagalan Sejak SD

Nicholas Kurniawan adalah sosok pekerja keras dan tak kenal lelah sejak masih kecil. Ia bahkan sudah mulai berjualan sejak usia 8 tahun, sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tak hanya sekali dua kali ia mengalami kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha. Namun ia tidak pernah sekalipun mempunyai pikiran untuk berhenti dari berbisnis.



Meskipun masih di bangku Sekolah Dasar, namun Nicholas Kurniawan sudah banyak mencoba memulai bisnis meskipun saat itu masih dalam skala yang kecil. Ia pernah berjualan makanan dan minuman, namun tidak berlangsung lama dan bisa dikatakan gagal.

Ia kemudian memulai lagi namun berganti produk, kali ini ia menjual pakaian namun sama saja, ia mengalami kegagalan juga di bisnis ini. Meskipun sering mengalami kegagalan, namun Nicho tidak mau disebut gagal, ia lebih suka menyebutnya belum menemukan cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan.

Artikel lain: Hamzah Izzulhaq ~ Bisnis Sejak SD, Kini Omzet Bisnisnya Mencapai Ratusan Juta Perbulan

Turning Point Bisnis Nicholas Kurniawan

Dari berbagai bidang usaha yang telah ia jalani dan menemui jalan kegagalan, baru pada usia 17 tahun ia menemukan #peluang usaha yang sangat besar. Saat itu ia masih duduk di bangku kelas 2 di SMA Kolese Kanisius. Ini berawal dari seorang temannya yang memberikan sepaket ikan Garra Rufa yang biasanya digunakan untuk berbagai terapi. Nah, karena ia merasa ikan tersebut tidak terlalu berguna baginya, ia pun iseng mencoba menjualnya di Forum Jual-Beli di Kaskus.

Tanpa ia kira sebelumnya, ternyata peminat ikan Garra Rufa yang ia post di Kaskus sangat banyak sekali. Hanya dalam hitungan jam, ikan yang ia tawarkan berhasil terjual dan masih banyak orang yang menawarnya. Melihat dari respon luar biasa dari pembeli, ia kemudian mempelajari lebih dalam tentang ikan ini. Kemudian ia tidak lupa bertanya pada temannya dari mana ia mendapatkan ikan tersebut. Dari situ ia mendapatkan supplier untuk ikan Garra Rufa yang ia jual kembali secara online melalui #Kaskus.

Perkembangan Bisnis dan Lahirnya Brand Venus Aquatics

Dari mengelola bisnis jual beli ikan Garra Rufa, Nicho mampu menghasilkan 2-3 juta rupiah perbulan. Kemudian bisnisnya semakin berkembang tidak hanya fokus pada satu jenis ikan saja, namun merambah pada segala jenis ikan hias.

Berbekal ilmu yang ia dapat dari pekuliahan, ia kemudian mengembangkan bisnisnya dan membangun sebuah brand dengan nama Venus Aquatics. Dari brand yang ia bangun ini, ia mampu memperoleh pemasukan ratusan juta rupiah tiap bulannya. Dan ia mampu menjual ikan hias ke berbagai daerah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Meskipun dari aktivitas bisnis melalui brand yang ia kembangkan sudah berhasil mendapatkan pemasukan yang besar, namun Nicho tidak ingin berhenti sampai di situ saja. Bersama dengan teman kampusnya, ia ingin menularkan virus kesuksesan dalam berbisnis pada adik-adik SMA nya melalui Synergy Entrepreneur Academy. Synergy Entrepreneur Academy adalah suatu konsep inisiasi untuk memberikan workshop #startup bisnis bagi para siswa SMA. Dari sini Nicho Kurniawan berharap mampu mencetak 5 juta pengusaha baru.

Baca juga: Ihsanudin Fanani ~ Kembangkan Hobi Menjadi Bisnis Online Beromzet Ratusan Juta

Prinsip Bisnis Nicholas Kurniawan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ia menekankan bahwa ia selalu memgang nilai perseverance atau kegigihan.

Tanpa itu, rasanya sangat sulit untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Dalam perjalanan sebuah bisnis, pasti ada kalanya musibah datang. Ia sendiri pernah bercerita bahwa pernah ditipu oleh rekannya sendiri senilai 30 juta pada saat mengembangkan bisnisnya. Namun dengan kegigihan yang ia miliki, ia mampu bangkit dan bahkan kini memiliki aset yang lebih besar.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud