Nadia Mutia Rahma, Wanita Muda Founder Kloom Clogs, Produk Sepatu Kelom yang Sukses Dipasarkan Hingga ke Eropa

Nadia-Mutia-Rahma-Founder-Kloom-Clogs

Muda, energik dan cekatan itulah beberapa hal yang bisa menggambarkan sosok seorang Nadia Mutia Rahma (Nadia). Wanita asal Nusa Loka, Bumi Serpong Damai, Tangerang ini adalah seorang pengusaha yang sukses berbisnis sepatu kelom. Bagaimana tidak, produk sepatu kayu yang diberi nama “Kloom Clogs” ini sekarang sudah mampu berjaya di pasar lokal dan juga menembus pasar mancanegara.

Dari keberhasilannya menembus pasar lokal dan luar negeri ini kini Nadia bisa menjual sekitar 400 pasang sepatu dan meraup omset lebih dari Rp 150 juta tiap bulannya. Lalu seperti apakah kisah Nadia Mutia Rahma dalam memproduksi sepatu kelom buatan Indonesia ini? Berikut ulasannya.

Inspirasi Membuat Sepatu Kloom Clogs

Berawal dari kegemaran mengkoleksi sepatu, Nadia Mutia Rahma (Nadia) kemudian terjun ke dunia bisnis produk sepatu. Nadia sendiri sejak belia hobi mendesain sesuatu. Dari keisengan mendesain inilah kemudian muncul keseriusan dan ketekunan Nadia untuk memproduksi dan menjual sepatu. Keseriusan Nadia sendiri muncul saat ia melihat tradisi dan kebudayaan orang-orang Skandinavia di Eropa yang selalu mengenakan sepatu kelom atau cloggs.

Pertemuan Nadia dengan orang-orang Skandinavia ini terjadi ketika ia pindah ke Jepang dan mengikuti program pendalaman bahasa Jepang. Nah, di sanalah Nadia bertemu dengan murid-murid dari wilayah Skandinavia di Eropa yang menggunakan sepatu kelom tadi. Karena keterkarikannya pada sepatu kelom ini kemudian Nadia kembali ke tanah air dan mendirikan bisnis sepatu Kloom Clogs di tahun 2009.

Artikel lain: 4 Wanita Yang Sukses di Usia Muda ( Usia 30 Tahun)

Kendala dan Tantangan Mendirikan Kloom Clogs

Saat pertama kali merintis bisnisnya, Nadia mengakui tidaklah mudah. Pasalnya untuk mendapatkan modal awal, Nadia mengaku ia harus merelakan mobil kesayangannya untuk dijual. Meski kemudian telah memiliki modal bukan berarti masalah selesai. Sebab, wanita kelahiran 12 Juni 1989 ini tidak mudah mencari pengrajin yang bisa membuat sepatu khusus berbahan kayu.

Tidak hanya itu wanita yang dibesarkan di kota pelajar Yogyakarta ini juga mengalami kendala dalam menentukan bentuk sepatu yang pas. Untuk kendala yang pertama sendiri Nadia terus berusaha mencari pengrajin yang sesuai dengan konsep sepatunya. Sedangkan untuk masalah bentuk atau desain sepatu yang pas, Nadia terus melakukan percobaan hingga memperoleh bentuk sepatu yang nyaman dipakai.

Nadia sendiri memang sudah memiliki ilmu desain yang diperoleh saat ia belajar desain di Jepang dan #teknologi kulit di Yogyakarta. Selain itu wanita yang juga hobi renang ini juga belajar anatomi sepatu di Swedia.

Memilih Bahan dari Kayu Mahoni dan Kayu Sampang

Untuk membuat sepatunya nyaman dan ringan dipakai, bahan kayu yang digunakan untuk sepatunya ini dilakukan uji coba dan riset. Akhirnya dari riset yang dilakukan, Nadia menetapkan bahan kayu mahoni dan kayu Sampang untuk sepatu Kloom Clogs-nya. Kedua bahan kayu ini sendiri didapat dari produsen kayu di Garut dan Kalimantan.

Untuk pemilihan kayu mahoni, Nadia memiliki pertimbangan bahwa kayu mahoni memiliki pori-pori yang sangat kecil dan memiliki serat yang sangat padat. Sedangkan rahasia nyaman dan ringannya Kloom Clogs ini sendiri ada pada teknik produksi yang dilakukan yaitu dengan membuang getah kayu untuk kemudian direndam dan dijemur. Teknik ini juga dipercaya akan bisa menjadikan Kloom Clogs jadi awat dan tahan lama.




Baca juga: Belajar Berbisnis Busana Muslim dari Dian Pelangi

Rajin Ikuti Pameran

Selain berkonsentrasi pada proses produksi, Nadia juga tak lupa memperhatikan proses marketing atau #pemasaran Kloom Clogs. Ya, agar produknya ini banyak dikenal masyarakat, Nadia kemudian mengikuti pameran-pameran dari mall ke mall dengan rajin.

Nah, dari sinilah kemudian Kloom Clogs mampu dipasarkan ke seluruh Indonesia dan juga pasar Eropa seperti ke negara Swedia, Spanyol Qatar, Australia dan Malaysia. Untuk produk yang dipasarkan ke luar negeri, Nadia membuat Kloom Clogs ini dengan cara menyesuaikan selera model dan warnanya.

Pencapaian Nadya dan Kloom Clogs

Selain telah mencapai pasar mancanegara, pencapaian Kloom Clogs milik Nadia Mutia Rahma ini juga terbilang fantastis dari segi omsetnya. Ya, karena produknya sendiri sudah bisa terjual hingga 400 pasang sepatu setiap bulannya, maka tak ayal bila sepatu yang dijual dengan kisaran harga Rp 350 ribu hingga Rp 920 ribu ini bisa menghasilkan omset yang besar. Ya, dalam sebulan kini Nadia bisa meraup pendapatan dari penjualan yang mencapai angka lebih dari Rp 150 juta.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud