Musim Libur Tiba, Pastikan Loyalitas Pembaca Blog Tetap Terjaga

 

Image dari Felicityviaggi.it

Image dari Felicityviaggi.it

Musim liburan memang seringkali membuat seseorang akan sibuk menghabiskan waktu untuk mempersiapkan dan menjalankan beberapa aktivitas di dalamnya. Tak terkecuali untuk para #blogger, ketika liburan, mereka akan lebih fokus pada aktivitas liburannya daripada aktivitas bloggingnya. Bahkan bukan tidak mungkin kegiatan bloggingnya akan terlantar.

Saya sendiri sudah sering mengalami hal ini, saat liburan tiba, aktivitas blogging saya jadi menurun drastis dan terlantar. Saat kegiatan blogging para blogger ini menurun drastis saat liburan, umumnya blog akan kehilangan banyak pengunjung dan loyalitas darinya.

Jika keadaan ini benar-benar terjadi tentu saja ini akan merugikan Anda dan blog Anda. Traffic yang turun drastis bisa menjatuhkan blog Anda secara peringkat dan pencapaian. Untuk itulah Anda perlu mempertimbangkan hal-hal yang bisa mengatasi permasalahan ini sebelum Anda menjalani liburan. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga loyalitas pembaca blog Anda ketika Anda menjalankan liburan.

1. Buatlah Program Guest Blogging Selama Liburan Mudik

Cara pertama untuk tetap menjaga loyalitas pembaca blog saat liburan adalah dengan membuat program guest blogging selama masa liburan. Program guest blogging adalah program memberikan kesempatan kepada blogger lain yang tertarik untuk menulis di blog Anda selama masa liburan mudik. Ini adalah program yang efektif untuk bisa mengisi kekosongan blog selama liburan.

Tentu saja untuk mendapatkan guest blogger, Anda perlu memberikan sebuah tawaran yang menarik untuk mereka bisa mau mengisi blog Anda. Hal-hal seperti uang, hadiah atau souvenir, award atau backlink berkualitas bisa saja Anda tawarkan bagi program guest blogging ini agar mereka bersemangat mau menulis sesuatu yang berkualitas di blog Anda. Dengan adanya postingan dari guest blogger ini, blog Anda pun tak lagi sepi meskipun Anda tinggal untuk liburan.




Artikel lain: 6 Tips Membuat Konten Blog Yang Ramai Dikunjungi Banyak Visitor

2. Menyewa Jasa Penulis Lepas

Jika Anda memang memiliki budget lebih, pilihan menyewa jasa penulis lepas mungkin jadi solusi terbaik. Menyewa jasa penulis memang membutuhkan dana untuk membayar jasa menulis mereka. Namun jika Anda memang membutuhkan ingin mencari penulis yang bagus untuk blog Anda, maka ini adalah cara terbaik yang bisa Anda jalankan.

Berikan informasi tentang lowongan jasa penulis ini di media yang bisa Anda sentuh dengan job dan tawaran yang realistis. Saat Anda telah mendapatkan penulis yang Anda harapkan, maka Anda bisa tenang dan leluasa menjalankan liburan Anda.

3. Buatlah Posting Link Carnival Dari Blog-Blog Lain

Bagaimana jika Anda tak punya budget untuk menyewa jasa penulis atau guest blogger? Jangan khawatir, Anda masih bisa menjalankan cara lainnya. Caranya adalah dengan membuat postingan link carnival dari blog-blog lain yang terpercaya. Cara ini terbilang sangat mudah, pasalnya, Anda tidak perlu menulis artikel asli seperti yang biasa Anda lakukan.

Yang perlu Anda lakukan hanya hanya membuat daftar link-link terbaik dari blog lain berdasarkan topik tertentu yang telah Anda pilih sebelumnya. Namun satu hal yang perlu diketahui dari teknik ini adalah sisi kelemahan berupa orisinalitas yang bisa saja membuat brand blog Anda jadi menurun. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengkomunikasikan dengan para pelanggan blog Anda bahwa hal hanya bersifat sementara.




4. Siapkan Posting Terjadwal Untuk Mempertahankan Pembaca Blog

Menulis adalah kegiatan yang bisa dilakukan kapanpun. Dari sini jika Anda memang berniat merencanakan liburan, maka Anda bisa membuat persiapan untuk kegiatan #blogging Anda supaya tak terlantar.

Caranya tentu saja dengan menulis artikel jauh-jauh hari sebelum waktu liburan tiba. Dengan postingan yang sudah siap dan terjadwal untuk waktu liburan, Anda akan lebih leluasa tenang untuk menjalani aktivitas liburan Anda. Hal ini memang akan membutuhkan kerja keras di awal, tapi itulah yang harus Anda lakukan untuk tetap menjaga pembaca blog Anda tetap loyal.

Baca juga: Pentingnya Posting Terjadwal Bagi Seorang Blogger Produktif

5. Tulislah Posting Artikel di Tengah Liburan

Terakhir, pilihan yang bisa Anda jalankan untuk menjaga loyalitas pembaca saat liburan adalah dengan menulis konten ditengah-tengah aktivitas libura Anda. Ini adalah pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan jika keeempat tips sebelumnya tidak mampu Anda lakukan. Bagi seorang blogger yang profesional seharusnya hal ini tidak menjadi sebuah hambatan meski dilakukan saat liburan.

Dengan semangat dan hobi bloggernya mereka harus mampu mengatasi rintangan apapun termasuk saat harus membagi waktu liburannya. Bahkan bukan tidak mungkin, menulis saat liburan akan memberikan Anda banyak ide dan semangat dari sebelumnya.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya c jrg libur mas nulis blog bhkan senin smpe minggu.. Slnya udh pkerjaan saya

  2. siap mas, laksanakan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud