Moxy dan Bilna Merger, MoxyBilna Siap Bertarung Di Pasar Ecommerce Asia Tenggara

MoxyBilna

Image dari Techinasia.com

Di awal tahun 2016 ini, ada kabar yang cukup menggebrak di ranah #ecommerce tanah air. Dua perusahaan yang fokus pada kebutuhan wanita yaitu Moxy dan Bilna, menjalin kerjasama dan bergabung menjadi satu entitas. Kedua perusahaan ecommerce tersebut sebenarnya juga sudah cukup populer di Indonesia. Tentu ada alasan khusus di balik bergabungnya kedua perusahaan ecommerce yang secara umum sama-sama menyasar pada kaum hawa sebagai pasar mereka.

Moxy sendiri adalah sebuah platform ecommerce yang menyediakan produk untuk wanita yang sudah beroperasi di Thailand dan Indonesia. Sedangkan Bilna sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu pioneer ecommerce yang menyediakan produk untuk bayi dan ibu rumah tangga. Tentu dengan bergabungnya kedua ecommerce ini, pasti ada perubahan secara signifikan direksi-direksi yang ada di dalamnya.

Alasan Utama Merger

Ada dua alasan utama mengapa kedua perusahaan ecommerce ini memutuskan bergabung. Alasan pertama atas penggabungan kedua perusahaan ini adalah faktor dominasi di pasar Asia Tenggara. Menurut Jeremy Fichet CEO Moxy, yang kini memangku jabatan sebagai Group CEO MoxyBilna mengungkapkan bahwa dengan kerjasama seperti ini, potensi MoxyBilna menjadi pemimpin pasar Asia Tenggara sangat terbuka.

“Dengan kerja sama ini akan membuat MoxyBilna menjadi pemimpin di Asia Tenggara,” demikian ungkapnya.

Alasan kedua atas penggabungan kedua perusahaan ecommerce ini adalah pada faktor peningkatan daya beli konsumen. Menurut riset mengenai pertumbuhan perilaku belanja online di Asia Tenggara, menyebutkan fakta bahwa 63 persen wanita selalu menyediakan waktu untuk mencari produk dan jasa setiap hari. Dan sekitar 49 persen wanita memilih belanja online to offline.

Artikel lain: Moxy ~ Pesaing Terbaru Startup E-commerce Fashion Wanita

Peleburan antara Moxy yang merupakan perusahaan yang telah lama beroperasi di Thailand, resmi masuk ke Indonesia pada Juli 2015 lalu dan Bilna yang berdiri di Indonesia tahun 2012 diharapkan bisa meningkatkan daya beli konsumen dari Thailand dan Indonesia.

“Dengan langkah ini, kita telah menggandakan volume transaksi dan daya beli, menciptakan skala ekonomi yang lebih besar dan memungkinkan kita untuk menyediakan produk yang lebih baik bagi konsumen” ungkap Ferry Tenka, CEO Bilna.

Tak Hanya Di Thailand dan Indonesia, MoxyBilna Akan Segera Ekspansi Ke Negara Lain

Penyatuan kedua perusahaan ecommerce tersebut, tentu ke depan tidak hanya akan menyasar pada pasar kedua negara Tahiland dan Indonesia saja. Keinginan besar para direksi adalah MoxyBilna bisa menjadi platform ecommerce terbesar di Asia Tenggara. Jeremy sendiri mengungkapkan bahwa ke depan Indonesia akan di jadikan sebagai pusat pasar dari MoxyBilna, mengingat potensi yang demikian besar. Meski Indonesia yang dijadikan sebagai pusat pasar dari MoxyBilna, namun di Tahiland akan tetap dimaksimalkan dan bisa tetap eksis.

Nah, setelah MoxyBilna bisa berjalan dengan baik di kedua negara tersebut, maka MoxyBilna akan segera melakukan ekspansi ke Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Dengan akusisi ini, menurut Jeremy akan membuat perusahaan semakin kuat dan menjadi salah satu pemain besar di dalam ekosistem ecommerce Asia Tenggara yang tengah tumbuh subur.




Struktur direksi pada grup baru ini pun tentunya juga berbeda dari sebelumnya, Jeremy Fichet yang dulu adalah CEO dari Moxy, kini ia menjabat sebagai CEO MoxyBilna. Sementara Andrew Senduk kini menjabat sebagai Chief Revenue Office (CRO), dan Ferry Tenka yang dulunya adalah CEO dan termasuk pendiri Bilna, kini ia berposisi sebagai Chairman Executive MoxyBilna.

Baca juga: Bilna ~ Ecommerce Produk Perlengkapan Bayi Dan Aneka Kebutuhan Wanita

Untuk masalah pendanaan, Bilna sendiri sudah mendapatkan suntikan dua kali pendanaan yang diperoleh dari East Ventures dan Golden Gate Ventures, Eduardo Saverin dan Cyberagent Ventures. Dari pendanaan seri A, Bilna kemudian mampu melebarkan sayapnya dengan menjadi penyedia kebutuhan keluarga yang dulunya hanya menyediakan kebutuhan produk bayi dan Ibu.

Melihat perkembangan kedua ecommerce ini, ditambah dengan minat konsumen yang tinggi atas belanja online, maka tak menutup kemungkinan ke depan MoxyBilna akan bisa menguasai pasar di Asia Tenggara. Semoga saja MoxyBilna bisa menjadi pilihan bagus bagi masyarakat Asia Tenggara.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud