Cara Monetisasi Blog Anda Dengan PayClick Native Ads

Cara Monetisasi Blog Anda Dengan PayClick Native Ads

PayClick Native Ads
PayClick Native Ads via Payclick.com

Tahun 2017 masih diisi dengan begitu banyak pengguna internet ataupun mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing untuk mulai memperlebar cakupan usahanya. Salah satu yang masih menjadi favorit tentu dengan mengembangkan sebuah blog untuk kemudian dimonetisasi demi mendatangkan keuntungan.

Apakah blogging saat ini masih potensial?

Tentu saja ya, terlebih jika kita melihat fakta bahwa penetrasi fasilitas internet serta berbagai perangkat pendukungnya sudah semakin maju seperti saat ini.

Membahas lebih dalam, berhubungan dengan upaya monetisasi blog atau website, kita bisa mencoba beberapa opsi seperti misalnya jangan menjual produk pribadi, menjadi affiliate atau yang mungkin paling populer bergabung dengan program periklanan.

Nah untuk opsi yang ketiga, teman-teman yang sudah lama menjalani dunia internet marketing tentu tahu bahwa saat ini telah banyak bermunculan program periklanan yang bisa kita manfaatkan menjadi magnet keuntungan.

Memilih Program Periklanan Blog

Namun lagi-lagi kita dihadapkan pada beberapa masalah seperti sulitnya mengikuti peraturan sebuah program periklanan, pendapatan yang kecil atau yang lebih parah adalah apakah program periklanan tersebut benar-benar terbukti membayar.

Yang paling mainstream, kita tentu kenal dengan yang namanya #Google AdSense. Program periklanan asli besutan perusahaan raksasa Google ini sudah menjadi tumpuan hidup bagi ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia. Namun permasalahannya, menjalankan Google AdSense juga bukan tanpa masalah.

Terbukti, masih banyak orang yang merasa frustasi karena upaya monetisasi blog lewat Google AdSense tak kunjung membuahkan hasil yang diinginkan. Kita tidak akan membahas panjang lebar masalah tersebut. Namun justru, kita akan membahas salah satu solusi yang bisa kita ambil.

Apa itu? Yakni dengan mencoba program kerjasama periklanan yang lain, misalnya dengan PayClick Native Ads.

Jika dilihat kembali, saat ini mungkin sudah ada puluhan perusahaan periklanan berbasis online yang bisa dijadikan alternatif pengganti AdSense. Yang patut diwaspadai, tidak sedikit dari penyelenggara program periklanan tersebut yang justru akhirnya merugikan para blogger karena beberapa hal.

Namun, ternyata tentu ada juga beberapa diantaranya yang benar-benar terbukti membayar dan bisa menjadi alternatif tepat pengganti Google AdSense.

Salah satunya, yang bisa menjadi rekomendasi bagi rekan-rekan sekalian adalah Payclick.com.

Sekilas Tentang Payclick Native Ads

Hampir sama seperti program Google Adsense yang menjalankan jaringan periklanan online secara global, Payclick juga merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa periklanan dengan cakupan global.

Tercatat, hingga saat ini perusahaan yang mempunyai basis pusat di Singapura tersebut telah aktif di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Dari situ, jaringan periklanan Payclick jika terbilang cukup besar dengan jumlah 120 ribu pengiklan.

Ditilik dari rekam jejak, perusahaan ini mulai dikembangkan pada tahun 2010 atau telah berjalan selama 7 tahun. Meskipun terbilang masih “muda” untuk ukuran perusahaan global, namun Payclick sudah menjadi partner dari sejumlah situs besar.

Dan yang paling menarik dari program periklanan ini adalah, konsep iklan yang ditampilkan. Payclick mengklaim selalu menampilkan jenis periklanan premium berbasis Native Ads. Apa itu Native Ads? Kita akan membahasnya lebih lanjut nanti.

Yang pasti, secara umum jenis iklan native ads akan memberi pengalaman yang lebih baik bagi pembaca sehingga secara tidak langsung meningkatkan kemungkinan pendapatan pemilik situs atau blog. It’s means more money :)

Sederet Keuntungan Menggunakan PayClick Native Ads

Untuk mencoba sebuah program periklanan baru, tentu yang dipertimbangkan adalah tentang keuntungan yang bisa didapatkan atau kelebihan dibanding pesaing lainnnya.

Oke, kita akan membahas hal tersebut lewat beberapa poin di bawah ini.

  • Menawarkan Proses Yang Mudah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendaftar di Google AdSense bukankah hal yang mudah, setidaknya bagi sebagian orang. Persyaratan minimum serta berbagai ketentuan lain yang meliputi program tersebut, menjadi alasan mengapa banyak blogger yang kemudian justru melirik program perikanan lain.

Inilah keuntungan pertama dari Payclick. Payclick mengedepankan kemudahan bagi para publisher atau blogger yang ingin bergabung pada jaringan periklanan tersebut.

Disampaikan bahwa, untuk bisa bergabung dengan Payclick, sebuah situs atau blog harus mempunyai minimal pengunjung yakni 100 ribu visitor per bulan. Apakah blog dengan traffic kurang dari itu tidak bisa mengikuti program Payclick? Jawabnya bisa, namun tentu dari sisi potensi pendapatan tidak akan lebih maksimal dibanding batas tersebut.

Selain itu, kemudahan yang dimaksud juga termasuk dalam proses registrasi, pemasangan kode iklan, hingga pembayaran. Sebagai informasi, Payclick membayar publisher dengan model bayaran per minggu dengan minimum pendapatan $20 dolar saja.

  • Konsep Native Ads

Seperti yang telah dijanjikan pada keterangan sebelumnya, kita akan membahas tentang 1 poin plus dari layanan Payclick yakni penerapan konsep Native Ads. Apa itu Native Ads? Sesuai dengan keterangan yang terdapat pada situs Payclick.com, dijelaskan bahwa native ads merupakan konsep media iklan berbayar yang menerapkan pengalaman natural layaknya sebuah konten asli, termasuk dalam hal tampilan, isi hingga peletakan iklan.

Intinya adalah, iklan dalam bentuk native ads diupayakan tidak akan mengganggu tampilan situs kita, serta akan terlihat seperti bagian dari konten sehingga pembaca juga tidak merasa terganggu.

Disampaikan bahwa konsep iklan semacam ini mempunyai beberapa kelebihan antara lain, telah terbukti mampu meningkatkan nilai CTR ketimbang menggunakan konsep non-native ads. Tidak hanya itu, konsep tersebut juga tidak akan hilang dengan adanya ad blocking software.

Yang lebih menarik, struktur iklan ini merupakan iklan yang adaptif sehingga mampu tampil dengan baik di berbagai platform tidak hanya desktop, namun juga mobile lewat berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet. Payclick juga menyampaikan bahwa, konsep iklan ini sudah sesuai dengan standar yang diterapkan oleh salah satu badan pengawas periklanan Interactive Advertising Bureau (IAB).

  • Pilihan Monetisasi

Kelebihan berikutnya dari Payclick adalah menawarkan pilihan monetisasi bagi para publisher. Tidak hanya lewat program CPC, kita juga bisa memilih program CPM atau periklanan berbasis per 1000 pengunjung.

Bahkan bagi situs atau blog yang sudah mempunyai pengunjung dengan jumlah tinggi, mempunyai kesempatan untuk mengikuti program eksklusif partnership dengan berbagai kelebihan tambahan.

Masih sehubungan dengan pilihan monetisasi, yang tidak bisa kita kesampingkan adalah nilai CTR yang ditawarkan oleh Payclick. Disampaikan bahwa rata-rata nilai CTR Payclick mencapai 2,3% hingga 5%. Angka tersebut tentu terbilang cukup menggiurkan terutama bagi situs dengan jumlah traffic besar.

Selain beberapa kelebihan di atas, masih ada beberapa kelebihan lain seperti bantuan dari support manager, statistik periklanan, teknikal support, mendukung lintas platform, opsi media pembayaran dan beberapa kelebihan lain.

Cara Daftar Publisher Payclick

Bagaimana, tertarik untuk mencoba program periklanan Payclick?

Sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya, proses pendaftaran di Payclick terbilang cukup mudah. Ketika kita sudah memenuhi persyaratan seperti jenis konten yang tidak melanggar aturan, kita bisa langsung mendaftar lewat situs Payclick.com.

Pada halaman awal situs, kita bisa memilih pilihan “registration” untuk mendaftar.

Selanjutnya klik pada pilihan “i’m a publisher” untuk memulai program periklanan. Disitu kita harus memberikan beberapa informasi seperti email, password serta Skype.

Setelah itu, kita akan mendapat konfirmasi yang masuk pada email kita. Dengan mengkonfirmasi email tersebut, secara otomatis kita sudah mendapatkan akun Payclick.

Langkah Pemasangan Iklan

Untuk semakin melengkapi informasi terkait dengan program periklanan Payclick Native Ads, berikut ini rekan-rekan bisa menyimak tentang bagaimana cara melakukan pemasangan unit iklan.

Setelah kita menyelesaikan proses pendaftaran, langkah berikutnya adalahlogin dengan email serta password yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah masuk, kita akan mendapati tampilan dasbor pengguna.

Pada tampilan awal, ada tombol “add site” untuk menambahkan situs yang kita miliki. Tinggal klik, di situ kita harus memasukkan beberapa informasi seperti nama situs, alamat, bahasa konten situs, serta traffic dari situs tersebut. Setelah itu klik “add“.

Selanjutnya, untuk menambahkan iklan di situs kita tinggal memilih pilihan “add a widget“.

Disitu akan ada beberapa kolom, antara lain nama widget, text layout (mengatur letak iklan), number of Creative (menentukan jumlah baris dan kolom), Teaser Text (mengatur jenis teks), serta Width dan Height (mengatur panjang dan lebar iklan).

Setelah itu, kita bisa melihat contoh preview dari iklan tersebut. Jika dirasa sudah pas, kita tinggal klik “save“.

Proses penyimpanan selesai, kita tinggal mengambil kode HTML dan kemudian dipasang di situs baik itu yang menggunakan platform wordpress, blogger atau platform lain.

Perlu diperhatikan, kode HTML yang muncul terdiri dari dua jenis. Namun untuk proses pemasangan, kita tinggal mengcopy dan paste semua kode tersebut di tempat yang di inginkan secara berurutan. Bisa pada widget situs atau dalam konten.

Namun untuk bisa diselipkan ke dalam konten. Kita harus melakukan parse html terlebih dahulu sehingga iklan bisa muncul di dalam konten. Informasi tentang cara parse html, sudah banyak dibahas di situs lain silahkan rekan-rekan cari ya.

Dan itulah, secara umum panduan lengkap tentang seperti apa program periklanan Payclick.com, kelebihan serta cara daftar dan pemasangan iklan. Secara umum, bisa dibilang program yang satu ini merupakan program yang potensial terutama bagi blog atau situs dengan tingkat pengunjung menengah dan tinggi.

Namun bukan berarti, untuk mereka yang masih pemula tidak bisa memanfaatkan program tersebut. Proses pendaftaran, persyaratan hingga pemasangan iklan yang cukup mudah, merupakan kelebihan yang harus dimanfaatkan ketika kita belum bisa memaksimalkan program periklanan mainstream seperti Google Adsense.

Untuk saat ini, yang perlu diperhatikan adalah isi iklan yang terkadang belum sepenuhnya sesuai dengan pengguna yang ada di Indonesia. Namun, tentunya ke depan iklan yang tergabung dalam jaringan Payclick Native Ads akan terus berkembang sehingga lebih sesuai untuk pengunjung lokal.

Semoga informasi dan panduan di atas bermanfaat, dan terus semangat internet marketer Indonesia!

9 KOMENTAR

  1. Apakah ada persyaratan minimal untuk bergabung dengan Payclick?
    Atau semua website bisa bergabung?

    • Yang pasti website mu harus punya trafik dan menggunakan Top Level Domain.

  2. Amankan untuk disandingkan dengan AdSense?

    • Menurut mereka aman mba, saya sendiri belum mencoba menduetkan Adsense dan Payclick karena khawatir akan kebanyakan iklan

  3. Saya sudah pernah coba Payclick. Iklannya ramah pengunjung. Tapi sayang, iklan yang di tampilkan dominan produk kesehatan (pelangsing) yang tentu kurang enak jika di pasang pada blog dengan niche lain. Dan satu lagi yang terpenting, fokus utamanya adalah trafik blog. Program iklan apa pun tidak akan menjadi efektif jika trafik blog kita masih rendah.

    • Apakah tidak ada konten iklan lain selain pelangsing di Payclick?

      • Setahu saya ada iklan lain ya, misalnya iklan bisnis. Saya pernah lihat soalnya

    • Maukah Anda membagikan masalah Anda dengan menaikkan tiket. Kami yakinkan iklan yang paling relevan. Jadi, silakan naikkan tiket.
      Terima kasih

Tinggalkan Balasan