Monang Siagian ~ Meski Tubuh Tak Sempurna Namun Berhasil Menjadi Pengusaha dan Atlet Sukses

Monang Siagian

Image dari WordPress.com

Bagi kita yang memiliki anggota badan normal mungkin sama sekali tak pernah kepikiran bagaimana beratnya menjalani hidup dengan kondisi tubuh tidak genap. Pasti akan ada banyak kesulitan yang akan dihadapi, bahkan untuk mencukupi kebutuhan sendiri saja saya yakin rasanya sangat berat sekali. Tak jarang disabilitas bisa menjadi penghambat seseorang untuk terus maju dan bahkan untuk berprestasi dalam berbagai hal.

Namun keluh kesah dan kesulitan yang mungkin banyak dirasakan oleh para penyandang disabilitas, nampaknya tidak berlaku bagi Monang Siagian. Ya, Monang adalah salah seorang yang hidup dengan keadaan badan yang tidak utuh. Namun demikian, Monang tidak menyerah dengan keadaan yang menimpanya, ia tetap berusaha menjadi seorang yang berprestasi dan tetap berusaha untuk sukses. Bagaimana kisah yang bisa kita jadikan inspirasi ini selengkapnya? Simak di bawah ini.

Upaya Monang Siagian Melawan Keterbatasan

Kita tentu sering melihat banyak orang dengan kekurangan anggota fisik dan memanfaatkan kekurangan tersebut untuk mendapatkan iba dari orang lain. Mereka kebanyakan meminta-minta baik di pinggir jalan atau pun di tengah pasar.

Tapi keadaan tersebut tidak berlaku pada Monang, ia sosok yang tangguh dalam berjuang dan menghadapi kenyataan hidup. Meski dalam kondisi fisik yang tidak utuh, ia tetap berjuang dan menjalani hidup dengan penuh optimisme tinggi. Meski cacat pria kelahiran 15 Juli 1962 ini tidak mau hidupnya menyusahkan dan menjadi beban orang lain.

Ia pun tak tinggal diam, ia tetap berusaha untuk bertahan hidup dengan berwirausaha. Monang Siagian begitu nama lengkapnya, terus berpikir untuk menemukan peluang bisnis yang bisa ia kerjakan. Dalam proses berpikir tersebut, kemudian membawa Monang menemukan #ide bisnis yang sangat bagus untuk dijalaninya. Ide itu adalah menjalankan usaha rumah-rumahan barbie.

Artikel lain: Meski Penuh Keterbatasan, Pria Ini Mempunyai Cita-Cita Dan Semangat Bisnis Luar Biasa

Monang membuat rumah-rumahan barbie tersebut dari triplek. Penjualan produknya ternyata disambut luar biasa di pasar. Sehingga produk buatan Monang tersebut bahkan dipasarkan di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Pekanbaru, Jambi, Surabaya dan Kalimantan Timur.

Selain Sukses Sebagai Pengusaha, Monang Juga Sukses Menjadi Atlet

Meski usaha yang dijalankan oleh Monang terbilang sukses, namun kesuksesan yang dicapainya tidak didapatkan begitu saja. Ada berliku proses yang harus dilalui, dan tak jarang sangat menyakitkan. Selain ia sukses menjalani karir sebagai pengusaha, ternyata Monang juga pernah menjadi seorang atlet yang berprestasi. Awal kisahnya menjadi atlet ketika saat ia masih SD ditawari pekerjaan oleh seseorang untuk menjadi pemungut bola tenis lapangan.

Monang yang cacat tidak memiliki kaki, kemudian mendapat pemberian raket dari seorang yang sering berlatih di lapangan itu. Dari situlah kemudian Monang iseng bermain dan berlatih setiap hari. Dua tahun kemudian Monang mencoba mengadu peruntungan dengan ikut dalam Kejurnas Piala Ibu Tien Soeharto untuk cabang tenis kursi roda. Saat itu ia mewakili DKI, dan ternyata ia menang dan menjadi juara. Mulai saat itulah ia kemudian menekuni olah raga tenis khusus untuk orang yang berkursi roda.

Baca juga: Taufiq Effendi ~ Tuna Netra Berprestasi Yang Dapatkan Beasiswa di 8 Negara




 Karir Monang Siagian Sebagai Atlet

Perjalanan karir Monang di dunia atlet terbilang sangat panjang. Ada banyak ajang kompetisi yang pernah diikuti Molang. Ia pernah menjadi atlet yang mewakili Sumatera Utara dalam ajang PON antar orang cacat di Palembang pada tahun 2002.

Selain bermain tenis, ia juga pernah dikontrak untuk ikut dalam perlombaan lari kursi roda yang juga mewakili Provinsi Sumatera Utara. Puncak prestasi Monang sebagai atlet adalah ketika ia terpilih mewakili Indonesia untuk unjuk gigi dalam kejuaraan di luar negeri.

Berbagai kompetisi di luar negeri pernah ia ikuti, seperti di Thailand, Korea, Jepang dan juga Belanda. Ia juga sudah mengikuti di Melbourne dan Olimpiade antar orang cacat di Inggris. Saat ini, ketika ia pensiun dari hingar bingar dunia atlet, ia memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. Ia menjalankan bisnis rumah-rumhana barbie, selain itu ia juga memproduksi miniatur bus, dan juga menjual perabotan untuk hiasan rumah barbienya.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud