Minimalisir Penipuan Saat Membeli Gadget Secara Online dengan 4 Cara Berikut ini

Image dari Gadgetgeek.info

Image dari Gadgetgeek.info

Tahun demi tahun penjualan melalui toko online terus meningkat. Perkembangan teknologi dan jaringan #internet yang terus bertumbuh dan semakin mudah diduga menjadi penyebab terus meningkatnya jumlah online shopper. Salah satu produk yang mengalami peningkatan penjualan karena digemari para pembeli online tersebut adalah gadget.

Selain sudah menjadi kebutuhan, saat ini gadget memang juga telah menjadi barang untuk melengkapi gaya hidup sesorang. Kondisi inilah yang kemudian membuat para pebisnis online menyediakan produk ini di toko online-nya. Dan ternyata perjudian para pebisnis online ini tak salah, produk gadget yang disediakannya laris manis dibeli pengunjung.

Namun sayangnya semakin besar peluang penjualan gadget melalui toko online ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk melakukan penipuan (phising). Hal ini membuat beberapa konsumen merasa dirugikan dengan keadaan ini. Maka dari itu saat ini Anda sebagai calon konsumen atau pembeli gadget haruslah ekstra waspada dan hati-hati saat akan membeli di sebuah toko online. Menurut Vice President Marketing Elevenia Madeleine Ong De Guzman, #belanja online yang sangat mudah dan menyenangkan ini memang membutuhkan kecermatan dan ketelitian.

Artikel lain: 6 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

Apalagi untuk berbelanja gadget di toko online, terlebih lagi marketplace, Anda sebagai pembeli perlu memiliki sedikit tip dan trik yang cerdik. Bukan hanya masalah harga, namun juga masalah kepercayaan, tambah Madeleine ketika menjelaskan mengenai belanja di marketplace online. Berikut beberapa tips dan cara dari Madeleine untuk Anda agar terhindar dari penipuan saat akan membeli gadget melalui toko online.




1. Perhatikan Kredibilitas Toko Online

Cara Pertama untuk menghindari penipuan saat membeli gadget secara online adalah dengan memperhatikan kredibilitas toko online. Toko online yang kredibel bisa ditandai dari tampilannya. Toko online yang terpercaya bisa dikenali dari domain dan hosting yang profesional yang harus dimiliki dengan mengeluarkan dana. Berbeda ketika Anda menjumpai #toko online yang dibuat dengan blog gratisan, maka Anda harus waspada dengan hal ini, karena bisa jadi mereka bisa menipu Anda.

2. Cari dan Lihat Testimoni

Dengan melihat testimoni atau pernyataan dari pembeli sebelumnya, Anda akan lebih bisa memastikan dan lebih yakin bahwa toko online tersebut menjual #gadget dengan aman dan terpercaya. Anda bisa mencari testimoni ini di toko online atau di media lain seperti blog atau media sosial yang Anda kunjugi. Biasanya beberapa testimoni yang terpercaya bisa Anda jumpai di sebuah blog yang membahas tentangnya.

Nah Anda bisa mencari blog yang memberikan testimoni ini dari mesin pencari. Nah setelah Anda menemukannya, Anda bisa membacanya secara keseluruhan. Jika banyak blog yang memberikan testimoni yang baik, maka Anda bisa mempercayainya. Namun jika sebaliknya, ada banyak testimoni yang buruk, maka lebih baik Anda mencari toko online yang lain.

3. Perhatikan Harga dan Layanan Toko Online

Anda harus waspada dengan toko online yang menjual gadget dengan harga yang sangat miring. Menapa demikian? Hal ini dikarenakan tanda-tanda yang sudah banyak dikenali dari penipuan oleh toko online memang ditandai dengan ciri tersebut. Maka sebelum benar-benar memutuskan membeli gadget, Anda harus mengetahui harga gadget yang akan Anda beli.

Dengan mengetahui harga, Anda bisa memperkirakan kewajaran harga yang ada pada toko online. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu layanan yang diberikan toko online. Pastikan Anda mendapatkan layanan yang prima dari toko online tersebut seperti garansi, pembayaran yang mudah dan juga ongkos kirim yang menguntungkan.




Baca juga: Tips Aman Terhindari Dari 5 Tanda Bahaya Saat Belanja Online

4. Sesuaikan Kebutuhan Saat Membeli Gadget Secara Online 

Terakhir, cara agar terhindar dari penipuan saat akan membeli gadget secara online adalah memilih gadget sesuai kebutuhan. Dengan memilih dan membeli gadget sesuai kebutuhan, bukan karena keinginan maka Anda akan terhindar dari penipuan yang selalu mengincar pembelian gadget dengan dana yang besar.

Maka dari itu bila Anda membutuhkan gadget dengan penyimpanan yang besar, ada baiknya pilih gadget yang bisa menggunakan memory card. Jika Anda lebih menyukai percakapan menggunakan pesan instan Blackberry Messenger, pilihlah produk gadget yang langsung menyediakan fitur Blackberry Messenger di dalamnya. Ketahui apa yang Anda butuhkan akan membuat Anda lebih bijak dan juga meminimalisir penipuan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud