Minimalisir Aksi Begal Dengan Join @PulangKonvoi, Pulang Malam Jadi Lebih Aman

Minimalisir-Aksi-Begal-Dengan-Join-PulangKonvoi

Aksi begal yang makin merajalela diberbagai daerah tentu sangat meresahkan masyarakat. Tidak hanya para pengendara, warga yang daerahnya seringkali terjadi tindak kriminal begal ini ikut resah dan gelisah. Aksi begal yang semakin brutal dimana pelakuknya makin berani untuk melukai korban yang melawan jelas membuat jalanan jadi sesuatu yang menakutkan bagi para pengendaranya. Beberapa pihak pun mulai bertindak, dari aparat keamanan yang menerjunkan polisi anti begal sampai pada masyarakat sendiri yang ikut bertindak langsung di lapangan saat melihat tindak kriminal begal.

Fenomena begal yang acap kali terjadi pada saat malam hari ini, membuat para pekerja yang seringkali pulang pada saat konsidi langit gelap ini ketar-ketir alias kuatir. Meyikapi keadaan yang menggelisahkan para pekerja malam ini, Awang Dito seorang pekerja malam dari daerah Tangerang, membuat akun #Twitter @PulangKonvoi.

Dengan adanya @PulangKonvoi ini diharapkan semua pekerja yang melakukan perjalanan pulang pada malam hari akan aman dan nyaman dari tindakan kriminal begal. Lalu bagaimanakah konsep dan tindak antisipasi yang bisa dilakukan oleh @PulangKonvoi ini? Berikut ulasannya.

Berawal Dari Obrolan

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa akun @PulangKonvoi ini dibuat oleh Awang Dito yang ternyata berawal dari obrolan dengan teman-temannya tentang aksi begal yang sedang marak. Ketika itu Dito juga terinspirasi aksi begal yang terjadi di Tangerang Selatan.

Setelah akun ini didirikan, @PulangKonvoi ini kemudian dijalankan oleh tiga orang, yaitu Awang Dito (30 tahun) yang sebagai pembuat akun, Diaz Hermawan (30 tahun) yang mengelola akun #email, dan Agus Nugraha (33) yang bertanggung jawab dalam hal desain. Akun yang diresmikan pada 24 Februari 2015 pukul 20.00 WIB kini telah menjadi solusi kreatif untuk bisa meminimalisir aksi begal di jalanan.

Artikel lain: Cara Membangun Akun Twitter Komunitas Yg Lebih “Manusiawi”

Bisa Antisipasi Begal?

Dengan ikut bergabung dan memanfaatkan akun @PulangKonvoi ini memang akan meminimalisir Anda untuk dibegal. Kenapa bisa? ya karena dengan pulang dengan cara konvoi atau bersama-sama dalam kelompok ini akan membuat para pelaku yang akan berniat membegal berpikir dua-tiga kali untuk melakukan pembegalan. Dengan demikian tindak pembegalan akan bisa diminimalisir dan diantisipasi.

Mekanisme Dalam Gerakan #PulangKonvoi

Untuk membuat Anda bisa memanfaatkan pulang konvoi ini mekanismenya tidaklah rumit. Pertama-tama yang jelas Anda harus memfollow akun @PulangKonvoi. Setelah itu untuk menemukan kawan yang pulang satu arah dengan Anda, anda bisa melakukan tweet dengan format “Yuk kumpul di…(lokasi)…Jam….Tujuan….”, lalu  mention ke @PulangKonvoi dengan hastag #PulangKonvoi.

Setelah Anda menemukan beberapa teman untuk diajak pulang bareng, pada waktu yang telah disepakati, anda bisa berangkat menuju titik kumpul. Setelah ketemuan, Anda dan kelompok dianjurkan untuk ngobrol agar saling kenal dan melakukan groufie (group selfie) dengan keadaan helm terbuka dan men-share-nya pada orang terdekat kita.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui partner pulang kita hari itu dan juga mencegah pelaku pembegal yang menyusup dalam rombongan konvoi. Setelah sampai di rumah, anggota konvoi juga dianjurkan untuk melakukan tweet sekali lagi untuk mengabarkan keadaannya sampai tujuan.

Baca juga: Cara Membuat Akun Twitter Baru Dengan Cepat




Mendapat Respon Positif

Belum genap sebulan setelah diluncurkan, akun @PulangKonvoi mendapat berbagai respon positif baik dari para netizen, para pihak yang berkepentingan bahkan sampai dari artis dan penyanyi sekaliber Marcel Siahaan. Ya dalam akunnya @MarcellSiahaans, ia mendukung penuh gerakan pulang konvoi yang digagas oleh @PulangKonvoi ini.

“Buat yang was-was pulang malam naik motor sendiri, kayaknya@PulangKonvoi bisa membantu nih. Tolong di-RT!” dalam tweet Marcel tersebut.

Gerakan pulang bersama-sama ini juga mendapat apresiasi dari Kepolisian Daerah Metro Jaya. Menurut Komisaris Besar Martinus Sitompul selaku juru bicara Kepolisian Daerah Metro Jaya menyatakan bahwa saat ini warga punya potensi, inisiatif dan kekuatan untuk menangkal dan mencegah kejahatan, termasuk pada aksi begal yang sedang marak ini. “Gerakan ini sangat keren” tukasnya.

Dalam akun @PulangKonvoi sendiri, follower yang merupakan simbol penyuka dan dukungan juga meningkat signifikan. Sampai saat tulisan ini dibuat, akun @PulangKonvoi telah mendapatkan follower sebanyak 12.700 follower. Padahal akun ini masih belum berumur satu bulan. Ini artinya, dukungan netizen sangatlah besar terhadap gerakan pulang bersama-sama yang digagas @PulangKonvoi.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud