Minilovebites ~ Manisnya Bisnis Kue Berawal Dari Cinta Ibu

Minilovebites

Image dari Minilovebite.com

Minilovebites – Setiap orang bebas mengembangkan bisnis sesuai dengan keinginan atau imajinasinya. Kita mengenal beberapa nama sukses yang dulu ketika awal mengembangkan usaha juga memiliki alasan yang sangat menarik.

Pada artikel kali ini, ada kisah inspiratif yang bisa kita petik dari kesuksesan seorang entrepreneur wanita dalam mengembangkan bisnis mandiri. Ia adalah Diah Venita Daben, founder dari bisnis kue online Minilovebites.com.

Ketika ditanya tentang awal mula mengapa ia mengembangkan bisnis kue, ternyata berlandaskan dari pengalaman rasa cinta sang ibu yang diwujudkan dalam kue buatannya. Selepas sang ibu tiada, rasa cinta yang tertanam dalam kue tersebut ingin ia bangkitkan kembali lewat bisnis Minilovebites.




Pengorbanan Dalam Berbisnis

Sebelum fokus mengembangkan bisnis kue, Diah Venita Daben juga pernah bekerja sebagai pegawai di salah satu perusahaan besar. Namun, setelah mempertimbangkan dan melihat peluang yang ada, akhirnya Diah memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan fokus mengurus usaha.

Namun sama seperti kebanyakan awal mula pengembangan bisnis, keluar dari pekerjaan yang sudah cukup mapan tentu membawa konsekuensi. Ia harus mengorbankan waktu, tenaga serta uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk bisa mewujudkan keinginannya tersebut.

Artikel lain: Pia Emakku ~ Kesuksesan Bisnis Kuliner Kue Rumahan Manfaatkan Marketing Online

Namun, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bisnis kue yang ia ingin buat bukan merupakan bisnis biasa, melainkan wujud reinkarnasi rasa cinta sang ibu yang telah tiada.

Makna Di Balik Minilovebites

Dalam mengembangkan bisnis, nama merupakan hal yang sangat penting dan harus dipertimbangkan dengan baik. Begitu juga dengan bisnis kue yang dikelola oleh Diah. Ia memberikan nama bisnisnya, Minilovebites yang terdiri dari 2 kata utama.

Pertama adalah mini, yang mempunyai arti bahwa produk kue yang ditawarkan memang mempunyai bentuk yang kecil, dalam hal ini adalah produk cupcakes. Sedangkan kata yang kedua Lovebites. Diah menuturkan bahwa kata tersebut dapat dimaknai sebagai harapan agar nantinya setiap konsumen yang mencicipi kue buatannya bisa merasakan cinta dan ketertarikan pada gigitan pertama.




“Ini sebuah nama yang menurut saya bagus, karena bernilai sangat positif. Nah kebetulan produk kami yang paling banyak dicari adalah Red Velvet Cupcake dan Dark Choco Cupcake.”

Perkembangan Bisnis

Seperti yang telah di sampaikan di atas, sebelum fokus mengembangkan bisnis, Diah merupakan pegawai perusahaan. Dari situlah ia mendapat banyak sekali masukkan serta relasi untuk bisa membangun pondasi bisnis yang baik. Ia pertama kali melakukan sejumlah survei tidak hanya di Jakarta melainkan juga di beberapa lokasi lain bahkan hingga ke luar negeri.

Tujuannya adalah untuk menemukan resep serta tampilan produk yang dirasa tepat dan diminati konsumen. Hingga akhirnya setelah proses pembuatan produk selesai, ternyata hasilnya cukup menggembirakan karena mampu menyedot atensi positif dari konsumen.

Pada awalnya, selain memasarkan secara online, Diah juga melakukan pemasaran secara offline dari mulut ke mulut. Seiring waktu berjalan, bisnis kue tersebut semakin berkembang hingga mempunyai gerai offline di beberapa lokasi seperti Jl. Gunawarman 32 Jakarta Selatan dan Mall Pacific Place.

Yang cukup menarik adalah, meskipun bisnis tersebut sudah mempunyai perkembangan cukup pesat, awalnya Minilovebites hanya ditukangi oleh dua orang saja. Pada waktu itu Diah hanya dibantu sang adik untuk melakukan berbagai keperluan bisnis mulai dari proses produksi, penjualan hingga pengiriman produk. Namun, setelah mempunyai gerai offline, kini Minilovebites sudah memperkerjakan sejumlah karyawan.

Baca juga: Putuholic, Bisnis Waralaba Kudapan Tradisional Khas Indonesia

Kelebihan Produk Minilovebites

Untuk bisa berhasil memenangkan persaingan bisnis tentunya, entrepreneur harus mempunyai kreativitas tinggi. Tujuannya tentu untuk memberikan kelebihan dibanding dengan produk pesaing.

Diah mengaku bahwa kelebihan dari Minilovebites adalah di sisi pelayanan serta kualitas produk yang baik. Ia selalu memperhatikan tampilan produk serta pelayanan secara keseluruhan tidak hanya dari pelayanan online namun juga ketika konsumen memesan produk secara langsung.

Ditambah lagi, dengan adanya bantuan situs online, ia mengaku sangat terbantu karena mampu menjangkau konsumen yang lebih luas. Ini berarti menjadi potensi bagi siapa saja yang ingin mengembangkan bisnis mandiri namun bingung bagaimana agar produk tersebut dikenal secara luas.

Yang terpenting adalah kemauan untuk memulai, sisanya kita tinggal memanfaatkan berbagai fasilitas yang sudah ada saat ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud