Microsoft Azure Bakal Tenagai Kolaborasi Produksi Mobil Pintar “Renault-Nissan Alliance”

Microsoft Azure Bakal Tenagai Kolaborasi Produksi Mobil Pintar “Renault-Nissan Alliance”

microsoft-azure
Image dari Digitaltrends.com

Saat ini sudah jamannya semua produk dijadikan produk berteknologi tinggi. Dengan tambahan kata “smart” alias pintar, banyak perangkat yang kemudian diproduksi ulang dengan ditambahkan teknologi mutakhir, seperti contohnya smartphone, smartwatch, smarthome dan tidak ketinggalan smartcar.

Untuk produk #teknologi yang terakhir yakni smart car atau mobil pintar, belum lama kini 2 pabrikan otomotif yang telah lama menjalin kerjasama yakni Renault dan Nissan, menyatakan akan menggandeng perusahaan teknologi Microsoft sebagai partner pengembangan. Dalam kerjasama ini, Renault-Nissan Alliance akan menggunakan platform penyimpanan data Microsoft Azure yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Windows 10 tersebut.

Melalui kerjasama ini, diprediksi akan melahirkan produk mobil pintar yang melebihi ekspektasi pengguna. Kemudahan komunikasi, hiburan dan berbagai fungsi lain, kabarnya bakal mampu dilakukan bahkan tanpa meninggalkan jok mobil kita.

Disampaikan Dalam Microsoft Ignite 2016

Kerjasama yang di jalankan oleh Renault-Nissan Alliance persamaan Microsoft Azure pertama kali diungkap dalam event tahunan Microsoft Ignite 2016. Dalam kesempatan tersebut, Renault-Nissan Alliance menyatakan akan menggunakan layanan Microsoft Azure enterprise-grade yang merupakan salah satu layanan cloud computing terbaik di dunia saat ini.

Tujuannya tentu sudah jelas, yakni  untuk mampu menghadirkan pengalaman berkendara yang digabungkan dengan kemudahan komunikasi, memperoleh hiburan, social network dan berbagai kemudahan lain dalam produk mobil Pintar Renault-Nissan Alliance.

Artikel lain: Inilah 3 Prediksi yang Mungkin Terjadi Pasca Akuisisi Microsoft-Linkedin

Disampaikan oleh president of Microsoft global sales, Jean-Philippe Courtois menyatakan bahwa dalam beberapa waktu ke depan fitur yang akan dibawa oleh Azure yakni untuk pengembangan navigasi, kendali mobil dengan remote control, prediksi perbaikan mobil, integrasi dengan perangkat mobile dan masih banyak lagi. Dari situ, perusahaan berharap nantinya akan ada cara bagaimana menghubungkan pengguna dengan mobilnya secara personal.

Dari pihak Renault-Nissan Alliance sendiri, pemilihan Microsoft Azure sebagai partner setelah mempertimbangkan kemampuan platform ini yang mampu mendukung berbagai macam sistem operasi. Selain itu Azure juga dinilai dapat menjalankan berbagai bahasa pemrograman, perangkat digital dan fasilitas pengembangan lain yang tentunya bisa memberikan kemampuan lebih bagus produk mobil pintar besutannya nanti.

Sederet Fitur Canggih

Secara umum, ada beberapa fitur canggih yang kemungkinan akan dikembangkan oleh microsoft Azure. Yang pertama yakni pengguna akan mampu membuat setting tertentu dan menyimpan pengaturan tersebut dalam layanan cloud secara online. Keuntungannya yakni, pengguna bisa menerapkan setting tersebut tidak hanya untuk satu mobil saja namun bisa untuk mobil yang lain. Artinya, setting ini bisa menyesuaikan agar nanti mobil yang dikendarai dapat memberikan performa terbaik sesuai dengan profil sang pengendara.

Selain itu, seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa perhatian dari Renault-Nissan Alliance adalah untuk memberikan atmosfer hiburan dan konektivitas yang tinggi bagi para pengendara. Dari situlah akan ditanamkan pula kemampuan untuk tetap berkomunikasi namun dengan memperhatikan faktor keamanan. Tidak hanya ketika menjawab telepon masuk, para pengendara juga bisa menjalankan #media sosial seperti mengupdate status di Facebook, membuat sebuah tweet, mengirim pesan dan banyak lagi hanya dengan perintah suara.

Yang unik adalah, nantinya juga akan dikembangkan teknologi pembayaran otomatis. Jadi, ketika mobil memasuki area parkir atau jalan tol, mereka tidak perlu melakukan pembayaran secara manual karena sistem microsoft Azure akan langsung melakukan pembayaran secara real time.

Faktor lain yang juga menjadi perhatian utama yakni masalah keamanan. Pengendara tentu sering merasa khawatir jika meninggalkan mobilnya, semisal di bandara atau tempat parkir umum. Oleh karena itu adanya Microsoft Azure juga akan memberikan fasilitas baru untuk melakukan pengamanan dan pengawasan pada mobil anda.

Baca juga: Kalah di Smartphone, Nokia Kini Optimis Garap Industri Kesehatan Digital

Hanya berbekal smartphone atau laptop yang telah terkoneksi dengan akun Microsoft Azure, pengguna bisa melakukan pengawasan secara langsung bahkan melakukan penguncian mobil lewat perangkat #smartphone. Kecanggihan ini didukung pula dengan adanya fasilitas navigasi GPS yang akan membantu kita untuk menemukan posisi mobil dengan lebih cepat dan tepat.

Namun tunggu dulu, kecanggihan tersebut belum akan bisa dinikmati oleh pengguna dalam beberapa waktu mendatang. Pasalnya, kerjasama yang dijalin antara Microsoft Azure dan Renault-Nissan Alliance baru akan dimulai beberapa waktu mendatang.

1 KOMENTAR

  1. Bisnis 100% gratis

    Bisnis akan langgeng jika perusahaan bisa tetap berinovasi produk, jika tidak sanggup berinovasi akan tergilas pasar.

Tinggalkan Balasan