Messenger.com ~ Fitur Terbaru Chatting Facebook Messenger Via PC

messenger for pc

Meskipun telah menjadi media sosial terbesar di dunia, Facebook sepertinya tak mau terlena. Perusahaan digital milik Mark Zuckerberg ini masih saja tetap ingin selalu memberikan yang terbaik bagi para penggunanya. Berbagai inovasi dan pengembangan masih saja terus dilakukan Facebook agar ia tetap menjadi yang terdepan.

Tak ayal beragam fitur yang telah dihadirkan selalu membuat para penggunanya merasa terlayani dan terpuaskan. Salah satu fitur dari facebook yang cukup mengesankan tersebut adalah facebook messenger.

Sebagai fitur aplikasi Instant Messaging (IM), #Facebook messenger kini telah dilengkapi banyak dukungan dan kelebihan yang ternyata memiliki kemampuan yang tak kalah hebatnya dengan IM-IM ngetop lainnya.



Dari mulai Voice note, group, #aplikasi mobile, sticker, dan lainnya telah bisa dinikmati oleh para penggunanya dari Facebook messenger. Kabar teranyarnya, Facebook kini telah melengkapi aplikasi pesan instannya ini dengan Messenger.com, sebuah bentuk ekspansi penggunaan layanan FB Messenger yang bisa diakses melalui PC (Personal Computer) dekstop dan laptop.

Lalu seperti apakah wujud messenger.com yang kabarnya akan menyaingi eksistensi aplikasi Line, KakaoTalk, WeChat, dan Viber ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Facebook Messenger Rilis Fitur Video Calling, Persaingan Aplikasi Chatting Makin Sengit

Dibalik Peluncuran Messenger.com

Dengan catatan lebih dari 600 juta pengguna FB Messenger, tentu hal ini mencerminkan bahwa FB Messenger cukup berhasil dan membuka peluang bisnis baru. Peluang ini akhirnya ditangkap dan dimanfaatkan pihak Facebook untuk menjadikan FB Messenger lebih bisa menguntungkan lagi.

CEO dan pendiri Facebook sendiri, Mark Zurkerberg menyatakan bahwa fokus Facebook memang telah berubah. Sekarang, Facebook akan lebih fokus pada aplikasi mobile dan layanan yang mendukung aplikasi tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar Facebook kemudian untuk memperluas FB Messenger menjadi sebuah #media sosial yang berdiri sendiri.

Kelebihan Messenger.com

Kelebihan utama dari Messenger.com adalah chatting yang lebih seru karena dilakukan di sebuah dekstop PC atau laptop yang memiliki layar yang lebih besar. Saat Chatting di Messenger.com, pengguna juga akan lebih nyaman karena mereka takkan diganggu oleh timeline atau newsfeed teman Facebook Anda atau pun iklan.

Fitur yang dibawa di Messenger.com ini juga tergolong lengkap, dari panggilan suara, berkirim stiker dan emoticon, serta dapat melakukan sinkronisasi isi pesan di layanan chatting Facebook. Selain itu semua, pengguna juga dapat memasang aplikasi Giphy untuk mengirim gambar GIF. Messenger.com juga memiliki fitur yang serupa dengan #WhatsApp, sebuah layanan chatting yang diakuisisi Facebook tahun lalu.

Penggunaan Messenger.com

Untuk menggunakan layanan Messenger.com ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuka #browser (apapun jenisnya) seperti Chrome dan Firefox dan mengetik dan mengakses Messenger.com. Setelah masuk pada halaman mukanya, pengguna harus login dengan akun Facebook yang dimilikinya. Setelah login, pengguna sudah bisa langsung mengoperasikan dan menggunakan berbagai fitur yang telah disediakan.

Dan satu catatan yang perlu digarisbawahi bahwa semua fitur di Messenger.com ini bisa berfungsi secara mandiri tanpa harus terhubung ke halaman Facebook.com. Hanya saja, untuk pengaturan tertentu seperti pemblokiran kontak, pengguna masih harus terhubung ke situs Facebook.

Belum Secanggih Facebook Messenger

Meski digadang-gadang sebagai salah satu bisnis andalan Facebook, namun ternyata saat ini Messenger.com masih belum semapan aplikasi FB Messenger pada perangkat mobile. Telusur punya telusur, penyebabnya Messenger.com ini belum mapan adalah masih belum adanya kerjasama yang terkalin dengan pihak ketiga.

Sedangkan aplikasi FB Messenger sendiri telah bermitra dengan lebih dari 40 aplikasi buatan pihak ketiga dan semuanya memiliki fungsi beraneka macam yang memberikan kemudahan bagi pengguna. Untuk bahasa yang digunakan, Messenger.com juga masih terbatas pada bahasa Inggris. Namun demikian tim Facebook masih terus berusaha menggodok penggunaan bahasa lain dan kelengkapan fitur-fiturnya.

Baca juga: Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

Harapan dan Rencana Messenger.com Kedepan

Ke depan, Mark Zuckerberg sebagi pendiri dan pemiliknya berharap Messenger.com akan menjadi sebuah media chatting yang terintegrasi dengan keperluan bisnis. Dengan keadaan yang demikian, pengguna nantinya bisa melakukan perbincangan secara online langsung dengan perusahaan-perusahaan terkemuka.

Topik chatting bisnis pada Messenger.com ini juga diharapkan nantinya bisa berkaitan dengan produk yang dihasilkan perusahaan, pembaruan, promosi, hingga alur pemasaran. Dengan demikian akan terjadi konsep peleburan sekat eksklusivitas antara konsumen dan perusahaan.

Selain chatting untuk keperluan bisnis, Messenger.com juga direncanakan untuk bisa menjalankan aplikasi dari pihak ketiga yang memungkinkan pengembangnya mencari uang dari layanan pesan instan ini. Pihak Facebook juga berencana akan membuat Messenger.com ini nantinya menjadi sarana dan tempat jual-beli online.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud