Meski Menguntungkan, Bisnis Affiliate Tetap Mengandung Resiko yang Wajib Dipertimbangkan

Meski Menguntungkan, Bisnis Affiliate Tetap Mengandung Resiko yang Wajib Dipertimbangkan

bisnis affiliate
Image dari Commercialloandirect.com

Salah satu jenis bisnis online yang saat ini semakin banyak digemari oleh para pelakunya adalah bisnis affiliate. Menawarkan produk ataupun jasa orang lain dan berupaya untuk menarik minat calon konsumen menggunakan produk dan jasa tersebut, secara sederhana konsep dari bisnis affiliate ini memang terbilang cukup mudah untuk dipahami dan dijalankan.

Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan beberapa jenis bisnis online yang lain, bisnis affiliate juga terbilang tidak membutuhkan modal yang besar. Umumnya mereka yang menekuni bisnis ini, menggunakan blog ataupun #website pribadi untuk menawarkan produk dari program affiliate yang mereka ikuti. Pun demikian untuk masalah pendapatan, dengan makin berkembangnya perusahaan penyelenggara program affiliate, tentu semakin membuka pula kesempatan untuk mendapatkan komisi penjualan dalam jumlah lumayan.

Namun ternyata meski menawarkan banyak kelebihan, model bisnis yang satu tidak lepas dari unsur resiko. Dan berikut ini beberapa resiko dari bisnis affiliate yang wajib Anda pahami, terutama bagi Anda yang baru terjun di bidang ini.

1. Kesalahan Memilih Program Affiliate

Resiko pertama yang dihadapi para pelaku bisnis affiliate pemula adalah salah ketika memilih program affiliate. Program affiliate yang diadakan oleh berbagai jenis perusahaan atau unit bisnis tentu mempunyai plus dan minusnya masing-masing. Nyatanya ada beberapa situs yang menawarkan komisi affiliate yang cukup tinggi namun dengan beban kerja yang ringan.

Penawaran seperti ini tentu sangat menarik bagi para pemula. Namun di balik itu semua, bisa jadi program affiliate tersebut merupakan jebakan untuk tindak penipuan online. Akan lebih baik jika kita mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai kredibilitas situs yang menyelenggarakan program affiliate sebelum memutuskan bergabung.

Artikel lain: Affiliate Marketing, Bisnis Yang Cocok Untuk Blogger Pemula

2. Kesalahan Memilih Produk Affiliate

Resiko kedua yang juga dihadapi oleh para pelaku bisnis affiliate adalah kesalahan ketika memilih produk affiliate. Yang harus dipahami adalah terkadang beberapa produk mempunyai tingkat ketertarikan konsumen yang sangat tinggi, namun tentu hal ini berimbas pada persaingan yang tinggi pula. Sedangkan beberapa jenis produk lain memang tidak terlalu banyak pesaingnya. Namun jenis produk seperti ini umumnya tidak mempunyai prospek penjualan yang cukup bagus.

Inilah yang menyebabkan kita harus teliti dan cerdas dalam memilih produk affiliate yang akan ditawarkan. Sesuaikan tingkat persaingan produk dengan potensi penjualan yang bisa kita dapatkan. Selain itu jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan target market yang ingin kita sasar.

3. Tidak Fokus Dalam Bisnis Affiliate

Seperti yang telah disampaikan sebelum, saat ini sudah begitu banyak perusahaan yang menawarkan program affiliate untuk memasarkan beragam produk mereka. Banyak diantara penyelenggara program akan nampak sangat menggiurkan dan membuat kita tertarik untuk bergabung ke dalamnya.

Masalah akan timbul ketika kita tidak fokus dalam menjalankan program affiliate tertentu. Karena sibuk mengurusi banyak kerjasama affiliate sekaligus, bukan penjualan yang meningkat, justru kita yang akan kerepotan bahkan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Akan lebih baik jika kita menekuni beberapa bisnis affiliate tertentu saja yang sesuai dengan minat serta kemampuan kita.

Baca juga: Kelebihan dan Keuntungan Affiliate Amazon.com

4. Resiko Persaingan

Meneruskan poin yang kedua mengenai permasalahan ketika memilih produk affiliate, persaingan yang terlalu tinggi juga menjadi resiko ketika Anda menekuni cabang #bisnis online yang satu ini. Untuk jenis produk yang bersifat umum dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas, tentu juga banyak pelaku bisnis affiliate yang tertarik memasarkannya.

Selain itu, terkadang persaingan yang terjadi dalam bisnis affiliate tak jarang berlangsung tidak sehat. Sebagian pelaku bisnis, menjalankan trik atau metode yang menyalahi aturan bahkan merugikan para pelaku affiliate lain. Oleh karena itu kembali lagi kita harus lebih cerdas dalam memilih program yang sekiranya bisa menawarkan peluang yang menjanjikan namun tetap masuk akal.

Beberapa resiko di atas sebenarnya bisa cegah dengan cara kita selalu teliti dan hati-hati dalam menjalankan bisnis affiliate. Memperbanyak informasi dan bergabung dengan komunitas bisnis sejenis, bisa menjadi salah satu solusi yang terbaik agar bisnis affiliate yang kita jalankan bisa berkembang dan memberikan keuntungan.

1 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Kalau untuk di Indonesia sendiri, adakah yang recommended… ?
    Salam,

Tinggalkan Balasan