4 Tanda Seseorang Meremehkan Kemampuan Diri Sendiri, Jangan Lakukan!

Meremehkan Kemampuan Diri Sendiri

Jangan Meremehkan Kemampuan Diri Sendiri ~ Apapun pekerjaan dan profesi Anda, menjadi seorang yang percaya diri adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Pribadi yang memiliki kepercayaan diri akan selalu berusaha untuk lebih baik dengan kemampuan yang dimilikinya.

Sebaliknya, seorang yang selalu meremehkan kemampuan diri sendiri akan menjadi pribadi yang selalu pesimis dengan apapun. Sehingga, orang seperti ini akan takut mengambil kesempatan dan peluang yang ada. Maka dari itu, jangan pernah Anda meremehkan kemampuan diri sendiri.

Lalu apakah kita termasuk orang yang meremehkan kemampuan diri sendiri? Simak beberapa tanda-tanda orang yang sedang meremehkan kemampuan dirinya sendiri berikut ini:

  1. Pasif Terhadap Perubahan Hidup

Perubahan yang dimaksud tentu adalah perubahan pada hal yang positif. Artinya perubahan kepada kemajuan dalam hal apapun, terutama pada karir Anda. Menjadi orang yang pasif terhadap datangnya perubahan hidup tentu bukan pilihan yang bagus.

Jangan hanya menunggu, Anda sendirilah yang bisa melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik. Mengambil inisiatif untuk maju adalah pilihan memang tidak selalu mudah, namun hal itu harus dilakukan agar Anda bisa tetap eksis dan terus maju.

Jangan hanya menunggu situasi menjadi lebih baik, atau Anda menunggu seseorang untuk perubahan dalam hidup Anda. Anda harus bisa memegang kendali hidup diri sendiri, jangan gantungkan nasib pada orang lain.

  1. Takut Mengambil Resiko

Takut mengambil resiko sangat erat kaitannya dengan menjadi orang yang pasif seperti pada poin pertama. Karena orang yang pasif dan hanya menunggu perubahan, adalah orang yang takut terhadap resiko. Padahal tentu kita tahu bahwa resiko selalu ada dalam setiap langkah dalam hidup semua manusia.

Lalu untuk apa kita takut terhadap resiko itu?

Takut mengambil resiko hanya akan membuat Anda terkungkung ke dalam ketakutan yang semakin lama akan membuat Anda menjadi pribadi yang rendah diri, minder, dan merasa tidak mampu.




Akan lebih baik jika energi Anda disalurkan pada hal-hal bermanfaat, misalnya mencari cara bagaimana mengatasi jika resiko itu ada. Jangan batasi diri Anda dengan ketakutan, percayalah, masing-masing orang punya kelebaihan masing-masing yang luar biasa.

  1. Sering Menyimpan Rasa Tidak Bahagia

Jangan meremehkan rasa tak bahagia di tempat kerja Anda. Karena ketika kita tidak merasa bahagia ketika bekerja, maka output kinerja pun sudah pasti tidak akan maksimal.

Maka dari itu, jika Anda merasa kurang atau tidak bahagia di tempat kerja, maka sebaiknya jangan Anda sembunyikan. Ada banyak hal yang menyebabkan rasa tak bahagia di tempat kerja. Bisa karena teman kerja, situasi dan suasan kerja, atau justru dari bos sendiri yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ketika Anda merasa tidak nyaman, apalagi tidak dihargai di tempat kerja, jangan takut untuk mengungkapkannya pada atasan. Jangan hanya diam dan menunggu situasi menjadi lebih baik, jadilah orang yang tegas untuk kebaikan karir Anda ke depan. Jangan takut mengambil keputusan dan jangan pernah meremehkan kemampuan diri sendiri.

  1. Sering Mengesampingkan Impian

Setiap orang tentu memiliki impian di masa depannya, termasuk Anda. Masalahnya adalah, bagaimana cara untuk merealisasikan impian tersebut atau justru Anda mengesampingkannya.

Jika Anda termasuk orang yang suka mengesampingkan impian sendiri karena merasa tidak memiliki kemampuan, maka Anda termasuk orang yang tidak bisa menghargai diri sendiri. Betapa pun besar dan sulitnya impian yang Anda angankan, jangan pernah menyerah untuk meraihnya.

Lebih buruk lagi bila Anda sama sekali tidak pernah membicarakannya dengan orang lain. Alih-alih membicarakannya, Anda justru mengatakan pada diri sendiri bahwa mimpi Anda itu terlalu tinggi dan terlalu sulit untuk dicapai. Itu tidak bagus.

Percayalah dengan kemampuan yang Anda miliki, jika Anda sendiri tidak percaya pada kemampuan diri sendiri, lalu bagaimana dengan atasan Anda.

Kesimpulan :

Jangan merasa rendah diri atau meremehkan kemampuan diri sendiri. Jika perasaan itu dibiarkan, Anda akan menjadi orang yang tidak bisa berkembang sama sekali. Lebih dari itu, perasaan rendah diri tersebut akan membuat Anda semakin terintimidasi di lingkungan kerja. Dan tentu saja pada akhirnya Anda akan tergerus oleh lingkungan sekitar karena Anda takut terhadap perubahan dan kemajuan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud