5 Tips Menjadi Karyawan Luar Biasa dan Berprestasi di Tempat Kerja

Karyawan Luar Biasa

Menjalani karir menjadi seorang karyawan luar biasa dan berprestasi seringkali tidak cukup dengan bekerja keras saja. Karena karyawan lain pun juga bisa bekerja keras di kantor, bahkan mungkin lebih keras dari Anda. Karena itu, Anda jangan mau jadi karyawan yang biasa-biasa saja seperti yang lainnya.

Anda harus berusaha untuk menjadi karyawan yang luar biasa sehingga bisa memicu percepatan karir Anda sendiri. Lalu bagaimana caranya menjadi karyawan luar biasa? Untuk mencapainya, tentu dibutuhkan cara yang luar biasa juga.

Perhatikan beberapa tips menjadi karyawan luar biasa di bawah ini;

  1. Bekerja Lebih Dari Deskripsi Pekerjaan

Cara pertama ini bisa kita lakukan untuk menjadi seorang karyawan yang berprestasi. Anda bisa bekerja melebihi ekspektasi dari deskripsi pekerjaan Anda sendiri. Artinya jika sebenarnya pekerjaan Anda hanya menuntut mendapatkan 50, maka Anda harus berusaha keras memberikan 100.

Lebih bagus lagi jika Anda bisa memberikan dan menyarankan kepada perusahaan tentang skala prioritas untuk Anda sendiri. Sehingga perusahaan kemudian meningkatkan target dari pekerjaan Anda. Hal ini sangat bagus, namun demikian Anda tetap harus berhati-hati, jangan sampai target tinggi dari perusahaan atas saran Anda tersebut justru membunuh karir Anda sendiri.




Kita perlu mengetahui batas kemampuan diri sendiri agar semangat kerja tidak menjadi bumerang bagi karir.

Artikel lain: 5 Tanda Anda Terlalu Ambisius Dalam Berkarir, Waspadalah

  1. Menjadi Pribadi yang Total Untuk Perusahaan

Jarang ada orang yang bekerja secara totalitas tanpa batas kepada perusahaan. Meski demikian, cobalah untuk memberikan totalitas Anda melebih rekan kerja Anda yang lain.

Totalitas dalam bekerja bisa membuat Anda menjadi seorang karyawan yang luar biasa. Bahkan bukan saja terhadap pekerjaan, ketika bersantaipun sudah selayaknya Anda lakukan dengan penuh totalitas.

Perusahaan akan melihat perbedaan orang yang bekerja dengan total dengan yang bekerja ala kadarnya. Totalitas menjadi sangat penting bagi Anda dalam menunjang karir Anda agar semakin berkembang.

  1. Menjadi Pribadi yang Fair

Meski mudah diucapkan, namun sejatinya hal ini sulit dilakukan. Namun untuk menjadi luar biasa, Anda harus menjadi orang yang fair. Terutama di dalam lingkungan kerja, tidak perlu bermain curang dalam meraih prestasi.




Terkait prestasi dan pencapaian, jangan ragu untuk memuji dan menyanjung rekan kerja lain yang lebih baik. Ungkapkan pujian Anda secara terbuka, karena sangat jarang orang melakukan hal ini. Kebanyakan ketika terjadi persaingan di tempat kerja, maka ketika ada orang lain yang mendapatkan prestasi, kita hanya diam.

Sikap diam ini sebenarnya terlihat sangat buruk baik di mata atasan, maupun di mata rekan kerja. Karena diam cenderung terlihat seperti orang yang iri, sedangkan banyak orang menyebut bahwa iri adalah tanda tak mampu.

  1. Jangan Takut Mengungkapkan Pendapat

Keberanian berbicara atau menyampaikan pendapat ini juga masih belum begitu umum di lingkungan pekerjaan. Kebanyakan karyawan masih menjadi seorang penurut dan mendadak menjadi “bodoh” di hadapan boss. Banyak karyawan yang hanya melakukan perintah bos saja tanpa memiliki inisiatif yang lebih kreatif.

Dan ini biasanya timbul karena takut salah sehingga tidak berani menyampaikan pendapat. Mulai saat ini, rubahlah mindset Anda, beranikan diri berbicara dan menyampaikan pendapat pada bos.

Karena bos sendiri sebenarnya juga memerlukan berbagai macam pemikiran yang berbeda untuk memajukan perusahaannya. Untuk itu jangan ragu lagi untuk memberikan masukan kepada atasan atau bos Anda.

Baca juga: Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

  1. Mencoba Menjadi Orang yang Eksentrik

Ini mungkin sedikit lebih sulit dilakukan karena pada umumnya sikp eksentrik adalah bawaan dari lahir. Namun demikian Anda bisa mempelajari sikap positif orang yang memiliki sikap eksentrik.

Orang-orang seperti ini biasanya memiliki sifat Nothing to Lose, artinya mereka akan selalu yakin akan apa yang dia lakukan. Sehingga, setiap langkahnya akan lebih maksimal dan penuh dengan totalitas.

Pada umumnya orang eksentrik ini cenderung merupakan pribadi yang tidak biasa dan terlihat sedikit aneh di mata orang lain.

Kesimpulan:

Nah, itulah beberapa tips menjadi karyawan yang luar biasa di perusahaan. Di lain waktu insyaalloh akan saya sampaikan apa kelebihan dan keuntungan menjadi karyawan luar biasa untuk mendongkrak karir Anda.

 



1 comment on this postSubmit yours
  1. Tips ampun ini mas, memang kalau jadi karyawan harus ada tips biar ada peningkatan kualitas kerja dan nilai di mata perusahaan tempat kita bekerja. Karena dengan semakin giat dan rajin kita bekerja di tempat perusahaan kita otomatis menjadi nilai lebih di mata karyawan lainnya. Asal sesuai dengan etika yang berlaku.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud