Ingin Meniti Karir di Usia Muda? Lakukan 7 Tips Berikut Ini (Recommended)

Meniti Karir

Image via Grasshopper.com

Perjalanan seseorang dalam memulai meniti karir berbeda-beda. Ada yang mulai karir di usia yang sudah mulai matang, namun tak sedikit pula yang memulai karir mereka di usia yang masih belia.

Mungkin sedikit lebih mudah bagi seseorang yang memulai karir di usia yang lebih matang untuk bersosialisasi di lingkungan kerja. Selain pengalaman hidup, pola pikir juga bisa memudahkan untuk bersosialisasi di lingkungan kerja.

Nah, lalu bagaimana bagi Anda yang masih belia dan bisa dikatakan masih bau kencur dalam dunia kerja. Sebaiknya usia belia Anda tidak membuat tertekan dalam dunia kerja. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai seorang belia yang mulai meniti karir di dunia kerja.

  1. Sikap dan Kebiasaan Positif

Memiliki sikap baik dan positif punya pengaruh besar pada peningkatan karir seseorang di masa depan. Sikap adalah aspek dalam hidup yang bisa kita kendalikan, berusaha untuk bersikap positif akan membuat seseorang berusaha untuk menjadi lebih baik.

Perlu kita ingat bahwa sikap yang kita tunjukkan bisa menjadi kebiasaan permanen dalam hidup. Oleh karena itu, berusahalah untuk bersikap baik dan positif jika Anda ingin punya karir bagus di masa depan.




Artikel lain: Produktif Saat Kerja dari Cafe, Simak 5 Tips Berikut

  1. Rasa Percaya Diri Tinggi dan Optimis

Pahami potensi dalam diri Anda sejak dini dan lakukan berbagai cara agar kemampuan dan bakat pribadi tersebut keluar. Optimisme yang tinggi dan rasa percaya diri seseorang akan membuat potensi dalam dirinya terus berkembang.

Jika Anda punya kebiasaan negatif, maka hilangkan kebiasaan tersebut sejak saat ini. Dengan menghilangkan kebiasaan negatif maka hidup Anda akan lebih mudah. Kita juga harus ingat bahwa optimisme dan rasa percaya tinggi sangat berpengaruh pada peningkatan karir seseorang.

  1. Jangan Mau Dianggap Sepele

Saat ini masih banyak orang yang menganggap bahwa usia berbanding lurus dengan skill. Apalagi di dunia kerja, banyak senior dalam usia yang sering tidak mau melihat orang yang usianya di bawahnya. Mereka masih sering memandang sebelah mata orang-orang dengan usia di bawahnya.

Ini sering terjadi pada beberapa pemula di dunia kerja, usia di awal 20-an yang sering mengalaminya biasanya. Apalagi bagi Anda yang memulai karir di bawah usia 20, maka Anda harus bisa mengantisipasi.

Jangan mau dianggap sebelah mata oleh orang lain, Anda harus bisa menunjukkan kualitas Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa kematangan dan kemampuan dalam bekerja juga bisa dimiliki oleh orang dengan usia muda.




  1. Tegas Dengan Gaji

Meski Anda masih muda belia, Anda harus tegas dalam hal gaji ini. Usia muda bukan berarti Anda mendapatkan gaji yang rendah. Anda harus memiliki “sesuatu” yang bisa membuat diri Anda tidak diremehkan oleh perusahaan.

Jika ternyata perusahaan tetap memutuskan untuk menggaji Anda dengan angka yang jauh dari standar dan ekspektasi Anda, maka jangan ragu untuk menolaknya.

Cara ini akan membuat Anda lebih berharga, selain itu juga bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Sehingga ke depan perusahaan tak main-main lagi dengan anak muda seperti Anda.

  1. Mau Menerima Kritik dan Saran

Ini wajib Anda lakukan, jangan sampai Anda tidak bisa mengendalikan diri ketika diberi kritik maupun saran. Karena pada umumnya, anak muda sering sulit menerima saran dan masukan.

Meskipun mungkin Anda tidak sepaham dengan kritikan tersebut, Anda harus bisa menahan diri. Biasakan mendengarkan dan mencoba menelaah kembali kritikan baik dari rekan kerja, atasan maupun bos tertinggi Anda. Karena dengan cara ini Anda akan bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya secara cuma-cuma.

Anda harus bisa menyerap ilmu sebanyak mungkin untuk bekal Anda. Karena Anda masih sangat muda, maka ini penting sekali untuk keberlanjutan karier Anda.

  1. Bangun Jaringan Sejak Sekarang

Sebagai orang baru, tentu Anda belum memiliki banyak hubungan baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Maka dari itu, mulai dari sekarang ada baiknya Anda mulai membangun jaringan baik di dalam perusahaan maupun di dalam perusahaan.

Anda bisa mengikuti berbagai even, baik formal maupun non formal, kegiatan sosial juga bagus untuk Anda ikuti. Perbanyak mengenal orang-orang baru, semakin banyak kenalan, tentu akan semakin memperluas jaringan dan relasi Anda. Dan ini akan sangat bagus untuk karir Anda, baik sekarang atau di masa yang akan datang.

Baca juga: Teknik Pomodoro, Cara Memaksimalkan Waktu Agar Lebih Produktif

  1. Tetaplah Fokus Pada Tujuan Anda

Yang paling sering menjadi pengganggu karir di usia muda adalah fokus pada tujuan. Karena di usia yang sangat muda, seseorang akan rentan sekali terhadap masalah-masalah kehidupan yang kemudian berpotensi menjadi penghalang sukses seseorang.

Contoh sederhana adalah, masalah perecintaan, mungkin bagi sebagian orang menganggapnya sepele, namun tidak bagi para anak-anak muda. Maka dari itu, jika Anda termasuk orang yang sedang meniti karir di usia muda, hendaknya tetap bisa menjaga fokus pada tujuan awal Anda.

Jangan sampai masalah-masalah kecil mengganggu perjalanan karir Anda. Bukan dihindari, namun Anda harus bisa menghadapinya dan bisa menemukan solusi yang tepat agar tidak menjadi penghalang kesuksesan Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Semua poin benar banget bang, yang paling penting optimis dan membangun jaringan. Pertanyaannya bukan bisa atau tidak, akan tetapi mau apa tidak. Salam sukses selalu.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud