Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Pemasaran Sosial

Strategi Pemasaran Sosial

Dunia bisnis saat ini sedang ramai mengenai #strategi pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan berbagai produk bisnis. Strategi tersebut tengah naik daun dan sudah mulai ikut diadopsi oleh perusahaan yang memiliki model bisnis B2B untuk tetap bisa terus bersaing dengan para kompetitornya.

Salah seorang pakar penjualan yang merupakan Sales Director Oracle Cloud CRM Asia Pasifik Atul Tuli mencoba memaparkan beberapa tips untuk  perusahaan B2B dalam mengoptimalkan strategi pemasaran  bagi perusahaan yang memaksimalkan media sosial untuk menciptakan strategi pemasaran sosial yang komprehensif dan terintegrasi. Bagaimanakah tipsnya? silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Ketahui Siapa Yang Anda Ajak Berkomunikasi

Untuk dapat mengetahui apakah produk anda tepat untuk target pasar yang anda masuki, Anda harus benar – benar mengetahu mengenai siapa yang Anda ajak untuk berbicara. Prospek mereka lebih dalam, cari tahu secara mendetail kebutuhan, masalah dan apa yang mereka butuhkan dari produk yang akan Anda buat.

Artikel lain: Strategi Pemasaran Yang Efektif Dengan Target Pasar Lokal

2. Gunakan Media Sosial dengan Maksimal

Gunakan berbagai #media sosial yang ada. Berikan penjelasan secara detil mengenai produk yang Anda miliki kepada prospek yang anda target. Konsumen tidak akan peduli perusahaan seperti apa yang anda jalankan, yang ada dibenak mereka adalah mencari produk yang mereka butuhkan. Gunakan media sosial secara maksimal, promosikan produk anda secara rutin  dan terus beri perkembangan mengenai produk yang anda kembangkan.

3. Pastikan Konten yang Anda Memiliki Pengaruh Besar

Anda harus memastikan bahwa produk yang anda berikan memberikan pengaruh kepada pasar, jangan biarkan produk anda hanya lewat di depan mereka saja tanpa digunakan. Apakah produk tersebut bermanfaat, apakah produk tersebut digunakan oleh mereka. Jangan sampai produk anda menjadi produk yang tidak berguna bahkan tidak memiliki hal menarik yang dapat mereka gunakan.

4. Hire Seorang yang Ahli di Dunia Media Sosial

Anda harus memiliki seorang ahli di dunia media sosial. Hal tersebut sangat diperlukan agar dapat membantu anda menyusun strategi untuk pemasaran di media sosial. Cari seorang ahli yang benar – benar ahli dan betul betul mengerti akan kondisi media sosial terkini, supaya strategi yang dibuat pun tidak sia – sia.

5. Selalu Perhatikan Tanggapan Atas Produk Anda

Selalu perhatikan berbagai tanggapan mengenai prodak anda yang berasal dari pasar. Hal tersebut berguna untuk membantu anda dalam mengembangkan produk yang anda miliki. Berikan respon yang cepat dan tepat atas tanggapan tersebut, jangan biarkan berlama – lama.

6. Selalu Berikan Informasi yang Bermanfaat

Usahakanlah Anda selalu memberikan informasi atau memberikan sebuah pelajaran tentang sesuatu hal yang mungkin tidak diketahui oleh orang-orang yang Anda prospek. Dengan begitu posisi Anda di dalam pikiran mereka pun akan meningkat. Anda bisa dikategorikan sebagai panutan atau mentor buat mereka dalam industri atau sektor bisnis yang Anda geluti.

7. Pertahankan Konsistensi

Apabila Anda mulai melakukan penerbitkan post di media sosial hendaknya Anda “bertanggung jawab” terhadapnya, jangan langsung menghilang setelah posting. Pastikan postingan yang anda lakukan terus diperbaharui secara berkala. Jangan tinggalkan kesan bahwa Anda egois dan hanya posting sewaktu mood Anda sedang baik atau hanya posting saat sedang terjadi trend saja.




8. Share Informasi Pemasaran ke Media Sosial

Mengintegrasikan segala informasi  dewasa ini sangat berperan penting. Pastikan anda menggunakan media sosial untuk menginformasikan semua usaha pemasaran Anda. Itu yang diinginkan perusahaan, meskipun kenyataannya tidak mudah. Jalinlah kerja sama dengan partner #teknologi yang bisa menuntun Anda menuju pemasaran modern yang sesungguhnya dan dapat memberikan sebuah hasil yang maksimal.

Baca juga: Perkembangan Strategi Pemasaran Modern – Anda Harus Ikuti Perubahan!

9. Tetap Sabar

Semua bisnis selain kepintaran melihat peluang diperlukan pula kesabaran. Penjualan B2B itu merupakan sebuah proses dan tidak akan ada yang bisa bergerak secepat yang anda harapkan. Media sosial tidak akan langsung memberikan dampak yang segera terlihat oleh anda. Anda harus tetap bersabar, Anda harus tetap menjaga konsistensi, tekad dan tetap stabil pada keyakinan anda akan jalan yang anda ambil.

Prospek B2B ini memang sebuah lahan yang sulit itu dimasuki. Meskipun demikian B2B ini berisi orang-orang yang sibuk dengan tumpukan proposal dan proses persetujuan, jadi nilai tetap bisa diberikan dan hubungan bisa dibangun melalui strategi pemasaran sosial dan dengan keuletan menjalaninya anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud