Menilik Perjalanan Pembuatan Logo Instagram Yang Inspiratif

logo-instagram

Image dari Express.co.uk

Salah satu aplikasi populer untuk berbagi foto dan video, Instagram saat ini telah menjadi aplikasi yang paling diminati di dunia dengan beberapa alasan. Selain menjadi pioneer untuk layanan aplikasi foto sharing, Instagram juga menawarkan beragam fungsi yang menarik bagi para penggunanya.

Tidak hanya menarik, ternyata layanan yang satu ini juga menawarkan hal unik terkait dengan seluk-beluk pembuatan aplikasi tersebut. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang sejarah dari perkembangan pembuatan logo Instagram.

Nampak sederhana dengan tampilan layaknya kamera, pada kenyataannya logo Instagram ini sudah beberapa kali mengalami perubahan hingga sampai pada desain terbaru yang diluncurkan awal tahun ini. Namun yang tidak banyak diketahui oleh khalayak umum, terdapat kisah inspiratif dari perkembangan pembuatan logo Instagram, berikut ulasan lengkapnya.

Awal Pembuatan Logo

Ketika menarik kembali pada masa awal pembuatan layanan aplikasi Instagram, pendiri Instagram Kevin Systrom, merupakan orang pertama yang mendesain logo Instagram. Pada waktu itu karena merasa lebih fokus pada sisi layanan, Kevin mengaku tidak memberikan perhatian yang lebih pada logo Instagram.

Pada awalnya, logo yang dipakai untuk layangan Instagram mirip dengan sebuah produk kamera instan yani Polaroid OneStep. Kamera instan yang satu ini memang sempat populer di beberapa negara meskipun akhirnya tak lagi mendapat perhatian karena dinilai sudah cukup jadul. Namun justru inilah yang menarik minat Kevin untuk menjadikannya sebagai logo.




Artikel lain: Nama Mirip, Aplikasi Littergram “Dikeroyok” Facebook Dan Instagram

Keinginan Mengubah Logo

Memasuki tahun 2010, kala itu layanan Instagram mulai naik dan mendapat perhatian banyak pengguna perangkat mobile di seluruh dunia. Tidak hanya masyarakat umum, pengguna dari aplikasi ini juga menjamur utamanya bagi para penggiat fotografi.

Terlebih, ketika aplikasi ini juga digunakan oleh para pesohor seperti penyanyi, aktor hingga pelaku seni, akhirnya nama Instagram semoga naik dan bersinar. Puncaknya adalah, ketika aplikasi ini diakuisisi oleh perusahaan #media sosial Facebook dengan nilai fantastis.

Namun pada tahun 2010 itulah, terdapat keinginan besar dari sang founder untuk merubah versi logo yang sudah ada. Alasan pertama adalah, pada dasarnya logo awal dari Instagram sama sekali tidak memiliki kaitan secara langsung dengan layanan Instagram itu sendiri.

Terganjal Merek Dagang

Selain itu, masalah yang lebih besar adalah karena logo pertama Instagram yang mengambil inspirasi dari kamera Polaroid OneStep ini, tentunya membawa konsekuensi adanya hak merek dagang. Oleh karena itu, satu satunya cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengganti logo tersebut.




Masalah merek dagang ini sendiri mulai muncul ketika pada bulan Oktober 2010, pihak pengembang Apple berencana untuk menempatkan aplikasi #Instagram pada jajaran aplikasi khusus. Namun karena logonya mirip dengan sebuah brand merek dagang, akhirnya Instagram urung masuk daftar tersebut.

Setelah dipertimbangkan kembali, akhirnya Kevin menghubungi seorang fotografer bernama Cole Rise. Dalam pertemuan tersebut, Kevin mengutarakan niat untuk mengubah logo Instagram dengan beberapa pertimbangan di atas. Selain itu, ada upaya besar untuk membuat brand baru bagi layanan Instagram. Jadilah Rise ikut membantu dalam pembuatan logo baru Instagram.

Yang menarik adalah, ternyata ketika sedang mencari inspirasi untuk pembuatan logo Instagram, Kevin teringat sebuah desain logo kamera yang pernah dibuat oleh Rise. Daripada bingung memikirkan konsep baru, Kevin memutuskan untuk membeli hak logo itu dan meminta Rise sedikit mendesain ulang logo tersebut agar sesuai dengan keinginannya.

Tak kalah unik, ternyata dari konsep awal logo yang dibuat oleh Rise, hanya dibutuhkan waktu 45 menit, hingga menjadi logo Instagram yang dikenal sangat ikonik dengan warna coklat certa paduan pelangi di bagian pojok kiri atas. Inilah logo yang terus dipakai oleh Instagram hingga akhirnya dirubah kembali pada awal tahun 2016.

Baca juga: Diperbarui, Fitur Stories Instagram Nampak Makin Ciamik dan Juga Makin Mirip Snapchat

Saat ini logo Instagram memang sudah berubah dengan menonjolkan kesan modern dan colorful. Namun bagaimanapun, ada kisah menarik yang bisa kita pelajari dari perjalanan pembuatan logo Instagram.

Terkadang untuk menemukan sesuatu yang unik dan bernilai, kita tidak harus melihat terlalu jauh namun cukup melihat apa yang ada di sekitar kita. Yang terpenting adalah bagaimana mengubah apa yang sudah ada menjadi lebih luar biasa. Dan yang pasti, itu semua membutuhkan kerja keras dan kreativitas.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Logo yang dulu seperti apa ya gan ?

    • Loh itu ada di atas gambar logonya. Yang kiri logo lama

    • bagusan yang mana menurut kamu :D

  2. Selain logonya yang keren,instagram juga bisa di manfaatkan untuk jualan!

  3. Menurut saya, logo Instagram yang dulu lebih bagus dari Logo yang Sekarang.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud