Menilik Peranan Penting Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Bisnis Modern

peran teknologi informasi dalam bisnis

Image dari Blastingnews.com

Di era modernisasi sekarang ini banyak hal yang telah berkembang, di antaranya adalah pada sektor kualitas sumber daya manusia (SDM) sampai pada teknologinya. Banyak inovasi telah dibuat yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan kita.

Banyak keperluan kita sehari-hari pada saat ini bisa dilakukan hanya di rumah saja, misalnya membayar tagihan baik itu tagihan telepon, internet, listrik dan yang lainnya. Atau jika kita ingin berbelanja tapi malas untuk keluar rumah kita bisa belanja online. Dengan memanfaatkan kecanggihan #teknologi yang sudah ada maka segala urusan manusia bisa dilakukan dengan lebih cepat dan baik.

Kita tidak dapat memungkiri lagi betapa pentingnya kemajuan teknologi pada kehidupan kita sehari-hari. Teknologi informasi (IT) telah menjadi elemen yang sangat penting bagi setiap pelaku usaha yang ingin memulai dan meningkatkan bisnisnya. Hampir semua perusahaan, mulai dari skala kecil hingga skala besar menggunakan teknologi informasi dan internet sebagai salah satu upaya untuk memberikan peningkatan mutu dan layanan pada bisnis yang kita kelola.

Perpaduan Teknologi Informasi Dengan Dunia Bisnis

Teknologi informasi telah banyak digunakan tidak hanya di perusahaan besar akan tetapi juga pada usaha yang dilakukan secara mandiri dari rumah. Dengan hadirnya aplikasi dan layanan berbasis internet, misalnya e-bussiness, #e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya membuat pelaku bisnis merasa harus memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi di lingkungan kerjanya.

Perubahan yang ditimbulkan dari teknologi informasi adalah pada etos kerja dan kebiasaan yang dilakukan ketika sedang bekerja. Dalam dunia bisnis peranan teknologi informasi di khususkan untuk melakukan kegiatan perdagangan secara elektronik atau lebih kita kenal dengan sebutan e-commerce.




Artikel lain: Mengintip Prototype Teknologi Bisnis Retail Di Masa Depan

E-commerce merupakan perdagangan yang berbasis internet sehingga dapat dilakukan dari jarak jauh. Dan ini pun merupakan bagian dari e-bussiness, hanya cakupannya saja yang lebih diperluas. Tidak hanya sekedar perdagangan saja tetapi mengkolaborasikan mitra bisnis, pelayanan dan lainnya.

Berikut ini beberapa peranan penting yang diberikan oleh teknologi informasi terhadap kegiatan bisnis:

1. Memberi Kemudahan Berkomunikasi

Bagi setiap kalangan masyarakat, komunikasi adalah hal yang paling penting ketika akan melakukan sebuah kegiatan usaha. Di sini yang paling sering digunakan adalah e-mail dan merupakan sarana yang paling utama untuk berkomunikasi antara karyawan ataupun antara penjual dan pelanggannya. Fasilitas email jauh lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan faksimile atau sejenisnya.

Alat komunikasi yang semakin berkembang memungkinkan para pelaku bisnis untuk bisa memanfaatkannya berkomunikasi lebih intens dengan pelanggannya. Misalnya aplikasi chat atau chating, video call yang digunakan untuk melakukan pertemuan namun di tempat yang berbeda, dan masih banyak yang lainnya.




2. Memberi Pengetahuan dan Sumber Informasi yang Akurat

Melalui perangkat berbasis internet kita bisa mendapatkan banyak informasi, cukup dengan satu klik maka semuanya sudah tersedia di depan mata. Semakin banyak pengetahuan yang kita terima, baik itu mengenai bisnis ataupun yang lainnya, maka kita semakin banyak menemukan cara agar usaha yang dijalankan semakin berkembang dan besar.

Selain daripada itu Anda sebagai pelaku usaha bisa mengetahui strategi pesaing bisnis dan dapat dikembangkan dimodifikasi lagi untuk bisnis yang anda miliki.

3. Manajemen Data yang Lengkap

Deretan data-data penting yang berbentuk tulisan kini dapat terkoneksi atau terhubung langsung dengan perangkat #komputer atau yang disebut dengan database. Saat ini baik perusahaan kecil hingga berskala besar menyimpan segala dokumen pentingnya yang terkoneksi dengan komputer melalui server penyimpanan.

Apabila di kemudian hari kita memerlukannya kita sudah tidak repot dan kesusahan lagi mencarinya. Langsung akses menggunakan komputer yang sudah terkoneksi dengan server penyimpanan data maka informasi apapun yang hendak kita cari akan terpampang di hadapan kita. Perusahaan pribadi ataupun umum yang mampu menyimpan sejumlah data dan dokumen yang besar maka perusahaan tersebut telah memenuhi standar yang baik.

Baca juga: 5 Jenis Teknologi Inilah yang Mendorong Tren Startup Berkembang Pesat

4. Mendukung Kegiatan Bisnis 24 Jam Non Stop

Dengan semakin berkembangnya di sektor teknologi dan informasi sangat membantu bagi para pelaku bisnis yang dikoneksikan melalui internet selama 24 jam non stop. Berbeda dengan kegiatan jual beli yang dilakukan seperti biasa yang dibatasi oleh ruang dan waktu.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, para penggiat IT terus melakukan berbagai inovasi dan eksperimen agar tidak keinggalan zaman, serta terlindas oleh arus era globalisasi. Sudahkah bisnis Anda terhubung dengan teknologi informasi?



1 comment on this postSubmit yours
  1. Dengan berkembangnya teknologi, berita hoax makin mudah tersebar wkwk

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud