Menilik 5 Kota “Surga” Bagi Pengembang Startup Digital 

 

Image dari Technical.ly

Image dari Technical.ly

Menjalankan perusahaan rintisan berbasis teknologi atau sering disebut #startup digital saat ini memang telah menjadi primadona tersendiri bagi para pengusaha terutama pebisnis generasi muda. Dengan daya dukung berupa perkembangan teknologi yang semakin tahun semakin tumbuh pesat ini memang semakin membuat peluang di bidang usaha rintisan digital ini semakin besar.

Maka dari itu tak ayal apabila kini bermunculan banyak pengembang #aplikasi mobile, e-commerce (toko online), marketplace, pengembangan game, hingga layanan-layanan lainnya yang tumbuh di atas platform online. Dan hal ini tidak terjadi di luar negeri saja, namun di Indonesia juga mulai bermunculan startup dengan berbagai bidang. Bahkan saking potensialnya, pemerintahan yang ada juga mulai memperhitungkan bisnis startup yang ada di negaranya.

Belum lama ini, lembaga inovasi amal Nesta dan agensi konsultan Accenture, telah merilis sebuah laporan yang isinya membahas seputar perkembangan startup digital di berbagai negara. Yang paling menarik dari laporan ini adalah mereka juga membuat ranking daftar 5 kota dunia yang pemerintahnya dianggap sangat mendukung perkembangan startup. Lalu kota-kota dunia mana saja yang sekarang dijuluki sebagai ‘surga’ bagi startup digital karena dukungan dari pemerintahnya tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kota New York (Amerika Serikat)

Kota dunia pertama yang menjadi tempat terbaik bagi para startup digital adalah New York (Amerika Serikat). Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa di Amerika adalah tempat dimana startup yang kini telah menjadi raja dan populer di seluruh dunia. Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lain sebagainya.

Salah satu tempat yang sudah terkenal dan identik dengan startup di Amerika Serikat adalah Silicon Valley. Selain Silicon Valley, New York juga menjadi markas dari banyak startup. Kota New York sendiri adalah kota yang mendapat dukungan maksimal dari pemkot yang selalu mengkampanyekan semangat kewirausahaan.

Artikel lain: 6 Kota Metropolis Ini Punya Potensi Menjadi Pusat Perkembangan Teknologi Dunia

Dari dukungan yang baik dari pemerintah ini maka New York pun telah menjadi begitu komprehensif untuk membangun sebuah startup. Dari sekian banyak startup digital yang ada di New York, ada dua startup yang sedang naik daun saat ini yaitu Claspass dan MongoDB.

2. Kota London (Inggris)

Ibu kota Inggris ini menjadi kota selanjutnya yang menjadi tempat terbaik bagi para penggiat startup digital. Dengan kombinasi antara warisan sejarah dan modernitas, kini London pun telah menjadi #smart city yang infrastrukturnya didukung penuh oleh banyak startup.

Yang lebih menariknya lagi, selain sebagai pusat startup, London juga dikenal sebagai markas investor. Banyak pengusaha sukses London yang tertarik dengan penanaman modal di sektor startup. Selain investor dari pihak swasta, pemerintah pun dinilai cukup aktif dalam mempromosikan startup. Tiga startup digital yang cukup populer asal London adalah TransferWise, Zopa dan SwiftKey.

3. Kota Helsinki (Finlandia)

Kota pelopor smart city ini tidak bisa dilepaskan dari daftar kota terbaik bagi para startup digital. Helsinky memang merupakan salah satu kota yang terdepan dalam urusan pengembangan #teknologi dan startup. Di kota ini, transportasi dan akses data pemerintah bisa dilakukan hanya dengan sekali klik. Kemajuan dalam pertumbuhan startup ini bisa terwujud atas kerja keras pemerintah yang sangat peduli dengan perkembangan startup di wilayah mereka.




Penciptaan smart city di Helsinki ini akhirnya membuat banyak pengembang #game mobile memusatkan markasnya di sana. Ada dua startup digital yang cukup populer di ibu kota Finlandia ini, yaitu Supercell dan Jolla.

4. Kota Barcelona (Spanyol)

Jangan dikira jika Barcelona hanya terkenal dengan klub sepak bolanya Barcelona FC yang merajai Eropa. Selain sepakbola, ternyata teknologi juga merupakan sesuatu yang sangat penting di Barcelona. Sejak 1990, Pemerintah Barcelona sendiri telah menyediakan satu wilayah khusus (Iovation District – 22) yang diperuntukkan bagi pengembangan teknologi.

Bentuk dukungan pemerintah Barcelona pada startup ini terlihat juga pada intensnya pemberian arahan bisnis kepada meraka yang sedang menjalankan startup. Dua startup digital yang tersohor dari Barcelona adalah Bitcarrier dan Social Point.

Baca juga: Belajar dari Yerusalem ~ Tempat Berkembangnya Peradaban Startup Dunia

5. Kota Amsterdam (Belanda)

Terakhir, kota tempat terbaik untuk para startup digital adalah Amsterdam. Ibu kota dari Belanda ini memang mulai diperhitungkan sebagai kota startup sejak  2014 kemarin setelah mereka menunjuk seorang ahli teknologi, Ger Baron sebagai Chief Technology Officer (CTO) kota.

Sejak saat itu, Pemerintah Kota Amsterdam begitu giat merilis kebijakan-kebijakan yang menguntungkan bagi para pelaku startup. Sejak itu juga pemerintah setempat juga mengajak startup-startup yang berbasis di kota ini untuk terlibat aktif dalam membangun konsep smart city. Sejauh ini ada dua startup yang sangat populer di Amsterdam, yakni Quby dan Blendle.




1 comment on this postSubmit yours
  1. mudah-mudahan Indonesia bisa nyusul jadi pengembang juga, aminn

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud