Mengunci Akun Instagram, Keuntungan atau Justru Blunder dalam Promosi Bisnis, Inilah Penjelasannya

Mengunci Akun Instagram

Image dari Pcworld.com

Instagram saat ini memang telah menjadi salah satu sarana atau media yang paling digemari oleh setiap kalangan. Tidak hanya kalangan artis, kalangan pebisnis, politikus hingga masyarakat biasa pun juga sangat menggemarinya. Dan pemilik akun #Instagram itu juga salah satunya adalah saya sendiri. Sebagai bagian dari masyarakat yang ada di zaman modern saat ini dan juga generasi Z, memanfaatkan media Instagram dalam beberapa kegiatan sehari-hari memang akan membuat rasa puas dan kesenangan sendiri.

Tidak hanya sebagai ajang eksistensi, dalam beberapa kesempatan, saya sendiri juga pernah mencoba memanfaatkan #media sosial Instagram untuk keperluan bisnis. Penggunaan Instagram untuk bisnis memang sudah tidak asing lagi. Pasalnya beragam bisnis sendiri sudah ada, terhubung dan bisa kita dapati di media yang didirikan oleh Kevin Systrom ini.

Kebiasaan Mengunci Akun Instagram

Menelusuri beberapa akun Instagram yang ada maka kita akan menjumpai beberapa akun yang melakukan privasi dengan mengunci akun Instagram-nya. Mengunci akun Instagram memang bisa menjadi pilihan pengguna untuk mengamankan akunnya dari tindakan orang-orang yang jahil. Seorang stalker, haters dan hacker memang bisa melakukan hal-hal yang merugikan bagi pemilik akun Instagram.

Karena dari hal inilah maka kemudian beberapa pengguna Instagram melakukan privasi (penguncian) akun Instagram. Tak disangka, aksi melakukan privasi dengan mengunci akun Instagram ini menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang, dan juga pebisnis.

Artikel lain: Intip 4 Resep Ledakkan Popularitas Akun Instagram Ala Entreprenuer Sukses Ini




Aksi Tanpa Esensi

Mengunci akun Instagram oleh beberapa orang termasuk para pebisnis ini sayangnya diketahui di antaranya dilakukan tanpa esensi atau tujuan. Banyak diantara mereka ini melakukan hal ini karena hanya ikut-ikutan tren saja.

Tentu saja jika Anda melakukan hal ini tanpa esensi dan karena hanya ikut-ikutan tren saja maka tentu kondisi ini akan merugikan diri Anda. Lho bukannya membuka akun yang akan merugikan dan mengunci akun akan menguntungkan tadi? Tentu saja rumus ini berlaku jika ada kasus yang sedang melanda Anda, seperti kejahilan dan peretasan dari orang lain pada akun Anda.

Meski memang masih ada satu keuntungan dari mengunci akun Instagram yang memungkinkan followers bertambah, namun percayalah bahwa melakukan penguncian akun Instagram tanpa alasan akan banyak merugikan diri Anda.

Akun Bisnis Lebih Baik Tidak Melakukan Hal Ini

Dalam kasus yang lebih khusus pada akun bisnis atau perusahaan, mengunci akun Instagram juga perlu Anda perhatikan dengan seksama. Dari pengalaman saya mengelola akun bisnis Instagram maka saya dapati beberapa hal. Pertama ketika saya melakukan penguncian akun maka tingkat penjualan jadi menurun. Kedua, jumlah followers setelah aksi privasi ini juga mengalami penurunan.

Dari kedua dampak ini maka bisa saya simpulkan bahwa melakukan penguncian akun bisnis Instagram adalah hal yang sangat merugikan pebisnis, apapun bidang bisnis yang diambil. Dari penurunan jumlah followers dan penurunan omset tentu saja hal ini akan merugikan bisnis Anda bukan?




Menurunnya omset penjualan karena aksi penguncian akun ini sendiri lebih disebabkan karena pembeli atau customer yang merasa malas. Ya, pembeli tentu saja akan merasa malas dan sebal untuk melakukan transaksi jika mereka diharuskan untuk memfollow dulu akun dan menunggu persetujuan guna melihat isi akun Instagram-nya.

Pembeli yang saat itu sudah tertarik dengan produk Anda dan akan segera membeli bisa jadi akan membatalkan pembeliannya jika mereka tak bisa mendapatkan apa-apa dari akun Instagram bisnis Anda. Dan alih-alih membeli, para customer ini akan merasa sebal dan benci pada akun Instagram Anda. Maka dari itu cobalah selalu membuka akun Instagram bisnis Anda jika Anda tak mau kehilangan konsumen dan uang Anda.

Baca juga: Ingin Tahu Performa Akun Instagram Anda? Cobalah 5 Layanan Statistik Berikut Ini

Cobalah Melakukan Hal Ini dengan Alasan

Sekali lagi saya ingatkan jika Anda ingin melakukan aksi penguncian akun Instagram Anda harus terlebih dahulu berpikir esensi dan sebuah alasan yang rasional. Tanyakan apakah dengan aksi yang Anda lakukan ini akan membuat akun Anda disukai atau malah dibenci.

Tidak hanya untuk akun Instagram bisnis, tapi untuk akun-akun pribadi sebaiknya Anda berpikir dulu tujuan Anda melakukan hal ini. Apakah Anda melakukannya dengan dasar yang kuat atau Anda hanya ikut-ikutan tren saja? Pertimbangkan hal ini dengan baik-baik jika Anda tak mau menyesal kemudian.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Makasih banyak nih infonya jadi saya ga perlu riset lagi efek memprivasi akun instagram terhadap penjualan. benar juga sih ibarat akun ig kita adalah sebagai toko fisik masa si pembeli mau lihat-lihat barang harus ketok-ketok pintunya dulu.

  2. mengunci memang lebih cocok untuk akun jualan, jadi calon pembeli bisa kita buat penasaran dan mengikuti kita

  3. betul sekali pak , dengan mengunci akun tingkat follower request menambah tapi mereka (red yang request follow) belum tentu hapal sama akun kita lantaran terlalu lama nunggu persetujuan , biasanya akun-akun yang ikutan SFS / PK Ig berkewajiban mengunci akun

  4. Alasan saya mengunci aquascape karena sering ada orang yang komen2 kurangajar. Ngeblock satu2 ribet mending tak buat private sekalian. Itu alasan saya buat instagram jadi private.

  5. Baru tau kalo ternyata opsi mengunci akun instagram tidak cocok digunakan para pebisnis. Padahal sering ane ketemu akun jualan yang akunnya suka digembok. Tapi kalo dipikir secara logika, bener juga. Umpama sebuah toko yang sebenernya buka cuma pintunya dikunci. Masa iya pembeli yang mau lihat barang2 dagangan kudu ketok pintu dulu?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud