Mengulik 10 Langkah Sederhana Untuk Mengembalikan Konsentrasi Otak Anda

Mengulik 10 Langkah Sederhana Untuk Mengembalikan Konsentrasi Otak Anda

mengembalikan konsentrasi
Image dari Perfectogift.com

Sebagai seorang pebisnis atau entrepreneur, kita akan sangat sering dihadapkan pada berbagai tantangan dan juga permasalahan bisnis setiap saat. Mulai dari mengambil keputusan penting hingga harus selalu fokus mengawasi berjalannya bisnis tak jarang bakal menguras tenaga dan juga pikiran kita.

Ketika kondisi ini berangsur-angsur terus terjadi maka terkadang tubuh kita juga tidak akan kuat menahan. Oleh karena itu kita harus menjalankan beberapa tips agar kita tetap bisa fokus meski sedang menjalankan bisnis dan harus menyelesaikan beragam masalah. Salah satunya yakni dengan cara “mengisi ulang” tenaga dalam tubuh maupun pikiran kita.

Untuk bisa menjalankan hal, berikut ini ada 10 hal kecil yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan kondisi fokus dan konsentrasi.

1. Jalan kaki

Ketika kita sedang mengalami masalah dan harus berfikir sangat keras untuk memecahkan masalah tersebut, hanya dengan berjalan kaki saja kita sudah bisa sedikit membantu. Setidaknya untuk mengembalikan kondisi otak yang tegang, menggerakkan kaki dan badan bisa menjadi alternatif relaksasi yang baik. Terlebih jika kita bisa mengambil rute di kawasan alam terbuka, tentu akan lebih baik lagi efeknya.

Artikel lain: Lelah Bekerja Keras, Mungkin Anda Perlu Melakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

2. Menggambar

Memang cukup unik saran yang satu ini, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang memerlukan penyaluran salah satunya yakni dengan menggambar. Bagi tipe yang memang suka menggambar, tak jarang bisa mendapatkan inspirasi dan juga ide untuk mengembangkan bisnis lebih baik.

3. Melatih Pernafasan

Ketika kita sedang memaksa otak kita bekerja keras, latihan pernapasan adalah cara yang paling mudah untuk merelaksasikanya kembali. Coba hirup napas dalam-dalam dan keluarkan secara teratur dalam beberapa hitungan. Niscaya konsentrasi Anda akan kembali dengan sendirinya.

4. Menjauhi Perangkat Elektronik

Tips berikutnya adalah dengan cara menjauhkan diri dari perangkat elektronik. Seperti diketahui bahwa perangkat elektronik mengeluarkan sinyal tertentu yang terkadang bisa membuat tubuh kita bereaksi seperti timbulnya rasa stres. Oleh karena itu lebih baik kita meninggalkan sejenak semua perangkat teknologi setidaknya selama 1 jam.

5. Mandi

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dengan mandi kita bisa sedikit menghilangkan penat dalam diri. Mandi juga bisa dilakukan air dingin maupun air hangat, disesuaikan dengan selera maupun kebiasaan saja. Setidaknya pasti dengan mandi tubuh akan jadi lebih bersih dan segar sehingga siap untuk kembali beraktivitas.

6. Berpikir Positif

Cara untuk mengembalikan konsentrasi kembali, bisa dicoba dengan cara berpikir positif atau mengingat kembali banyak hal positif yang pernah terjadi dalam hidup kita. Dengan memikirkan hal positif yang pernah terjadi, bisa menjadi semangat dan juga motivasi untuk kembali bangkit dari masalah yang sedang dihadapi. Selain itu berpikir positif juga bisa membuka potensi lain dalam diri kita.

7. Melihat Foto Lucu

Dengan fasilitas internet, kapan saja kita bisa mengakses beragam konten seperti salah satunya foto-foto lucu. Foto lucu yang berasal dari bayi ataupun hewan kesukaan, nyatanya juga bisa menjadi obat stres untuk mengembalikan tenaga fisik maupun pikiran. Cobalah tips ini terutama ketika kamu punya waktu luang istirahat kerja.

8. Memandang Tanaman Hijau

Seperti yang telah disampaikan sebelum bahwa manusia merupakan makhluk visual yang memerlukan penyaluran dalam bentuk gambar atau objek yang bisa dilihat. Dan tanaman hijau yang rimbun merupakan salah satu objek terbaik untuk merelaksasikan mata dan pikiran. Bahkan dalam sebuah studi mengatakan bahwa memandang tanaman hijau selama 40 detik bisa meningkatkan konsentrasi pekerja.

9. Membuat Daftar Pencapaian

Ketika kita sedang suntuk memikirkan sebuah masalah bisnis, kita bisa mengulang kembali pencapaian apa yang ingin kita raih. Teknik seperti ini secara sederhana dijalankan dengan cara mengalihkan perhatian otak menuju sesuatu yang bersifat menyenangkan. Pencapaian tersebut bisa Anda tulis tidak hanya berkaitan dengan dunia kerja namun bisa juga untuk kehidupan pribadi Anda.

Bac juga: Mau Bebas Dari Kerja Lembur? Konsistenlah Lakukan 5 Hal Dibawah Ini

10. Bersih-Bersih

Dan tips terakhir untuk mengembalikan tenaga fisik maupun pikiran yakni dengan membersihkan ruang kerja ataupun rumah. Melakukan pembersihan baik itu menyapu atau menata kembali hal yang berantakan, bisa menjadi kegiatan sederhana di waktu sela pekerjaan. Melihat sesuatu yang tertata rapi, nyatanya juga bisa menjadi obat bagi otak untuk merasa lebih rileks.

1 KOMENTAR

  1. Buku bagus mengenai konsentrasi salah satunya karya Daniel Goleman, judulnya Focus.

Tinggalkan Balasan