Mengulas Trend Baru Belanja Online, Live Shopping ala CliponYu Lazada

Live Shopping

Image dari Pricebook.co.id

Saat ini sudah semakin banyak alternatif pilihan cara bagi kita untuk mendapat barang yang ingin kita beli. Selain membeli secara offline, fasilitas online lewat adanya situs belanja maupun toko online, juga tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Namun yang terbaru, ada tren #belanja online yang berbeda dengan belanja online kebanyakan. Mengambil nama Live Shopping, ini merupakan penggabungan dari belanja online dengan siaran live streaming di internet.

Melalui cara ini, kabarnya proses belanja online bisa berjalan jauh lebih atraktif. Ketika sebelumnya pembeli akan bersifat pasif, namun karena proses penawaran barang dilakukan secara langsung alias live (meski tidak bertatap muka), hasilnya adalah percakapan langsung dua arah antara pembeli dan penjual.

Konsep Live Shopping

Mengenai konsep dasar dari live shopping adalah penggabungan dari proses belanja online melakui tayangan streaming live menggunakan fasilitas internet.

Rekan-rekan tentu sudah pernah melihat seperti apa layanan live streaming. Umumnya bisa dilihat YouTube atau mungkin menggunakan layanan media sosial Facebook.

Artikel lain: Godaan Belanja Online Sering Menghantui Anda? Terapkan 3 Trik Jitunya Berikut Ini

Bisa dibayangkan, nantinya siaran live streaming tersebut akan menawarkan sejumlah produk yang dapat dibeli saat itu juga. Proses bertanya terkait dengan produk, hingga pembelian semuanya bisa dilakukan secara langsung.

Keunggulan dibanding online shopping, live shopping menawarkan komunikasi dua arah sepanjang siaran di situs live streaming internet. Ini memungkinkan calon konsumen berinteraksi langsung dengan penyiar melalui komentar atau chatting. Cara ini akan mengubah kebiasaan konsumen ketika belanja online dari pasif menjadi reaktif.

Live Shopping Ala Adidas

Mengambil contoh nyatanya, perusahaan perangkat olahraga Adidas, telah mencoba untuk menerapkan konsep like shopping untuk memasarkan beragam produknya. Merek ini menggunakan live streaming untuk melakukan live shopping dan berdampak sangat besar ketika penandatanganan James Rodriguez ke Real Madrid.

Waktu terjadi kesepakatan transfer pemain sepak bola muda tersebut, Adidas yang mempunyai channel live streaming, juga menawarkan berbagai produk yang berkaitan atau menggunakan jasa James Rodriguez sebagai brand ambassador.




Prosesnya juga cukup unik, konsumen yang sedang menyaksikan live streaming bisa langsung memberikan sejumlah pertanyaan kepada customer service ketika siaran berlangsung.

Pembicaraan ini, mungkin mirip dengan konsep berbelanja secara offline. Namun tanpa mengharuskan setiap pesertanya bertemu secara langsung, tentu menjadi keuntungan tersendiri disamping ada tambahan unsur hiburan di dalamnya.

Inilah hebatnya live shopping, menawarkan cara interaksi baru dengan menghadirkan suasana belanja di depan mata Anda. Biasanya ketika datang ke sebuah toko atau supermarket, konsumen ditawari usher secara langsung kebutuhan yang diinginkan. Di situ biasanya ada proses interaksi, bertanya tentang spesifikasi produk, harga, juga tak luput dari proses tawar-menawar.

Live Shopping Ala CliponYu Lazada

Contoh lainnya yakni seperti yang diterapkan oleh layanan streaming CliponYu yang belum lama ini bekerjasama dengan e-commerce Lazada. Ken Tao, Project Director CliponYu, menyatakan bahwa, ini merupakan langkah kerjasama yang saling menguntungkan yang bisa dibilang sukses.

“Kini, suasana tersebut sangat nyata di depan mata konsumen. Interaksi seperti itu merupakan kebiasaan konsumen di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Untuk itu, CliponYu menawarkan cara belanja baru dengan layanan live shopping. Program yang digagas dengan Lazada beberapa waktu lalu menuai sukses. Kami memutuskan untuk melanjutkan program live shopping dengan Lazada,” ujar Ken.

Kesuksesan live shopping CliponYu yang digelar bersama Lazada, menurut Ken Tao, salah satunya karena CliponYu memiliki jumlah pelanggan yang terbilang besar, yaitu 4,6 juta.

Dengan basis pengguna yang sangat besar, CliponYu tentunya mampu menjadi lumbung calon konsumen potensial bagi Lazada. Selain itu, adanya hubungan antar pengguna CliponYu baik itu yang berstatus sebagai kreator maupun penonton, tentu semakin menambah potensi terjadinya pembelian.

Baca juga: Inilah 5 Ritual Penting yang Seharusnya Dilakukan Seseorang Sebelum Belanja Online

Ken mengatakan, kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mendorong laju tren live shopping di Indonesia. Para clippers akan disuguhi tontonan interaktif video live streaming, sekaligus belanja secara live.

“Ini menjadi momen penting live shopping. Mereka biasanya akan belanja gila-gilaan menjelang Natal dan tahun baru,” ungkap Ken.

Dalam beberapa waktu ke depan, mungkin cara pembelian seperti ini dapat semakin terkenal  nanti adaptasi oleh lebih banyak pelaku bisnis online di Indonesia.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wahh…semakin seru nih belanja di lazada

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud