Mengulas Pentingnya Upaya Tracking Visitor Pada Bisnis Online

Image dari Techcricklets.com

Image dari Techcricklets.com

Dalam beberapa tahun terakhir bisa dibilang bisnis online menjadi salah satu lahan bisnis paling subur serta dengan perkembangan terbesar. Semakin banyak orang berbondong-bondong mempelajari bisnis online tentu bukan tanpa alasan. Kemungkinan pendapatan yang besar ditambah dengan kelebihan bisa dikerjakan dengan waktu yang tidak terikat, menjadikan bisnis online sebagai primadona bisnis baru termasuk juga di Indonesia.

Berbicara tentang bisnis online, jumlah kunjungan alias trafik menjadi salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan sukses tidaknya sebuah #bisnis online. Ketika sebuah situs bisnis, toko online atau blog mempunyai banyak pengunjung, praktis potensi mendapat penghasilanpun juga semakin tinggi.

Pada kondisi ini, upaya tracking visitor situs menjadi sangat penting. Upaya tracking atau penelusuran sendiri, nyatanya mempunyai fungsi lain yang sangat penting. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai pentingnya upaya tracking pada bisnis online.



Pentingnya Upaya Tracking Visitor

Secara umum saat ini kita bisa menemukan cukup banyak layanan tracking untuk situs bisnis, blog bahkan untuk akun media sosial bisnis kita. Nah layanan yang diberikan, selain menunjukkan jumlah pengunjung atau visitor umumnya fitur tracking juga menyuguhkan beberapa informasi yang lebih detail tentang asal visitor (apakah dari mesin pencari atau berasal dari tautan situs lain), lama akses visitor di situs kita, hingga detil halaman atau konten mana saja yang paling banyak diakses oleh visitor.

Artikel lain: 6 Tips Membuat Konten Blog Yang Ramai Dikunjungi Banyak Visitor

Terkait dengan bisnis online yang kita jalankan, sudah pasti informasi-informasi di atas bisa menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui pola kunjungan dan karakter visitor kita. Lebih lanjut ada empat fungsi mengapa upaya tracking visitor bisnis online wajib dilakukan.

1. Menemukan Fokus Pencarian

Fungsi yang pertama yakni untuk menemukan fokus pencarian visitor, apa maksudnya? Seperti kita tahu bahwa saat ini secara umum sumber trafik bisa dikelompokkan menjadi 3 yakni berasal dari #mesin pencari, dari tautan di situs lain dan dari pencarian organik dengan cara mengetik alamat situs kita di browser. Nah, fitur tracking akan memberikan informasi tentang asal mula pencarian visitor tersebut.

Ketika ketika kita sudah tahu, situs atau blog kita lebih banyak dikunjungi dari sumber mana, maka kita bisa lebih mengoptimalkan saluran tersebut. Sebagai contoh ketika kita tahu banyak visitor yang masuk pada situs kita lewat hasil pencarian dengan kata kunci tertentu, maka kita lebih baik fokus bagaimana meningkatkan atau mempertahankan rangking situs kita agar selalu tinggi di mesin pencari untuk kata kunci yang kita bidik tersebut.

2. Melihat Potensi Situs Bisnis atau Blog Kita

Menilik fungsi tracking visitor yang paling dasar yakni untuk mengetahui jumlah pengunjung, dengan cara ini saja sebenarnya ada fakta penting yang bisa kita amati. Pada dasarnya sama seperti bisnis lain, bisnis online juga memerlukan banyak pengunjung untuk bisa mengetahui apakah bisnis yang dijalankan tersebut potensial atau tidak.

Dan untuk mendatangkan banyak visitor secara konsisten tentu tidak bisa dalam waktu singkat. Ketika kita sudah mengetahui jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, maka perlahan kita bisa melihat apakah bisnis yang kita jalankan mempunyai potensi bagus di waktu mendatang.

Contoh nyata kasusnya bagaimana? Nah, umpamakan kita mempunyai 2 situs bisnis online, satu #bisnis fashion satu lagi bisnis kerajinan. Setelah beberapa waktu, kita amati visitor bisnis fashion terus tumbuh signifikan dan bisnis kerajinan cenderung stagnan. Ketika kita punya modal lebih untuk mengembangkand usaha, kita sudah tahu bukan bisnis mana yang akan mendapat kucuran dana tersebut, yup bisnis fashion karena bisnis tersebut di atas kertas mempunyai potensi yang lebih terlihat.

Baca juga: Mempelajari Perilaku Visitor saat Menjelajahi Website Anda

3. Membidik Minat Visitor

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu fungsi dari tracking visitor adalah mengetahui konten atau bagian mana dari situs kita yang banyak menyedot perhatian visitor. Dari sini praktis minat pengunjung situs atau blog bisnis kita sudah mulai tercium. Langkah selanjutnya yakni dengan cara menyesuaikan fokus kita pada tema atau konten seperti apa yang lebih banyak dicari atau dibutuhkan pengunjung.

Ketika kita berhasil memberikan apa yang dibutuhkan pengunjung, maka perkembangan situs bisnis kitapun akan ikut terdongkrak. Baik yang menjalankan bisnis seperti jual beli barang atau yang menjadi publisher (fokus pada layanan periklanan pihak ketiga), akan sangat terbantu dengan mengetahui informasi tersebut. Karena akan memberikan arahan yang lebih jelas, mau dibawa kemana situs atau blog kita nantinya.





1 comment on this postSubmit yours
  1. harus pandai mencari peluang bisnis ya,susah juga menarik visitor ke web kita

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud