Mengintip Rahasia Sukses Talenta India di Industri Teknologi Level Dunia

Image dari Jod.uk.com

Image dari Jod.uk.com

Meneruskan artikel sebelumnya tentang beberapa warga berdarah India yang sukses memimpin banyak perusahaan teknologi besar di dunia, lalu pertanyaan bagaimana sih mereka bisa mencapai semua itu. Bagaimana warga keturunan India seakan mampu membangun jalannya menuju tingkat eksekutif perusahaan top tersebut?

Sekarang kita melihat contoh dari sosok CEO #Microsoft Satya Nadella. Pada artikel sebelumnya, disampaikan bahwa Nadella bukankan kelompok dari founding father atau mereka yang awal mendirikan perusahaan Microsoft. Melainkan dia masuk ke perusahaan setahap demi setahap hingga setelah 20 tahun bekerja baru ia berhasil ditunjuk menjadi pemimpin perusahaan tersebut.

Apa jawabnya karena orang India selain bertalenta namun juga pekerja keras? Nampaknya tidak sesederhana itu. Pasalnya, orang Indonesia pun banyak yang bertalenta dan pekerja keras namun mengapa tidak bisa menembus persaingan perusahaan besar di kawasan Amerika?

Artikel lain: Kenapa Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Sukses? Ini Rahasianya

Nah, sebenarnya ada beberapa alasan yang lebih spesifik mengapa akses dan perkembangan orang India bisa selangkah lebih maju jika dibandingkan beberapa negara berkembang atau  bahkan negara maju di Asia seperti Jepang dan Cina.

1. Faktor Penguasaan Bahasa

Alasan yang pertama adalah faktor penguasaan bahasa. Seperti kita tahu bahwa India adalah salah satu negara bekas jajahan Inggris yang boleh dibilang cukup lama. Dan berbeda dengan negera bekas jajahan lain seperti Indonesia atau yang lain, secara historis India nampak lebih “menyatu” salah satunya dalam hal bahasa. Dari situ semakin banyak orang yang mempelajari bahasa Inggris, bahkan menjelang era kemerdekaannya, India menetapkan  bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa utama.

Tak heran ketika talenta India datang ke negeri barat, mereka lebih mudah beradaptasi dengan kondisi. Mengingat bahasa adalah media terbaik dalam menyampaikan pesan, praktis tenaga India bisa lebih cepat menyatu dengan lingkungan berbahasa Inggris. Hal itu bisa dibandingkan dengan negara maju lain seperti Cina, Jepang atau Korea yang rata-rata pengusaan bahasa Inggrisnya masih di bawah India.

2. Faktor Karakter

Yang menjadi alasan kedua adalah faktor karakter. Meski karakter penuh semangat dan pantang menyerah bisa dimiliki oleh orang dari bangsa manapun, namun untuk orang India sendiri hal tersebut sudah menjadi layaknya budaya untuk mempunyai karakter keras dan ambisius dalam mengejer impian. Dalam hal ini, kita bisa melihat beberapa contoh pemimpin perusahaan #teknologi berdarah India, kebanyakan dari mereka awalnya memulai dengan melanjutkan studi di Amerika. Dari situ, mereka mulai mencari celah dan terus meningkatkan kualitas dengan melanjutkan studi serta bekerja di berbagai perusahaan yang ada di sana.

Tentu hal ini nampak juga pada talenta di bidang teknologi yang berasal dari negera lain. Namun yang membedakan, karena alasan satu dan yang lain, sebagai contoh banyak ahli teknologi asal Jepang atau Cina yang tidak terlalu mengejar karir di Amerika. Alasannya banyak dari mereka yang lebih memilih berkarir di negeri sendiri.

3. Faktor Pemahaman Terkait Potensi Negara Berkembang

Faktor yang ketiga ini juga menjadi salah satu keunggulan orang India dalam industri teknologi. Mengapa? Alasannya  adalah pada dasarnya negera berkembang seperti India sendiri dan banyak negara lain sebenarnya adalah pasar yang paling potensial dalam bisnis teknologi. Selain memiliki potensi minat yang besar, menjalankan startegi bisnis dengan target negara berkembang bisa disebut layaknya investasi masa depan untuk perusahana tersebut.




Dan hal tersebut sangat difahami oleh orang India, mereka tahu rasanya seperti apa menjadi warga di negara berkembang. Mereka bisa merasakan akan yang sebenarnya dibutuhkan dan mana yang akan menjadi tren di masa mendatang. Pengetahuan dan juga pengalaman tersebut nyatanya banyak diterapkan oleh para petinggi perusahaan teknologi berdarah India seperti Satya Nadella, Sundar Pichai, eksekutif Skype Gurdeep Singh Pall.

Baca juga: Inilah Resep Rahasia Di Balik Kesuksesan Orang Jepang

4. Faktor Pendidikan IT

Dan yang terakhir adalah faktor pesatnya perkembangan #pendidikan IT. Tidak hanya pemerintah India yang memang memandang bidang teknologi adalah hal yang harus diajarkan sejak dini, namun dari diri warga India sendiri pada dasarnya banyak yang mempunyai ketertarik besar pada bidang teknologi. Inilah yang menyebabkan India mempunyai banyak sekali tenaga ahli di bidang IT yang mempunyai kemampuan mumpuni.

Dan hal ini seakan menjadi terbukti, karena rata-rata mereka yang kini sukses di banyak perusahaan teknologi top, berawal dari statusnya yang merupakan ahli IT, bukan management, bukan bisnis atau bidang yang lain.

Melihat beberapa hal di atas, saya berfikir bahwa talenta asal Indonesia sebenarnya juga mempunyai kesempatan yang sama besar. Meski ada beberapa hal yang masih perlu lebih ditingkatkan, yang pasti diperlukan kerja keras dan keyakinan untuk tidak merasa rendah diri dalam bersaing di tingkat global.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud