Mengintip Rahasia Sukses Elon Musk Kembangkan Bisnis Inovatif

elon musk

Image dari Digitaltrends.com

Dijuluki sebagai sosok Tony Stark (Iron Man) di dunia nyata tentu bukan tanpa alasan, ialah Elon Musk pengusaha muda sukses yang popular dengan beberapa bisnis bertema #teknologi futuristik mulai dari bisnis otomotif ramah lingkungan hingga proyek perjalanan lintas angkasa.

Pria kelahiran Afrika Selatan ini mungkin satu dari sedikit pengusaha top dunia yang berhasil membawa mimpi-mimpinya menjadi sebuah kenyataan. Hal tersebut dibuktikan dengan kesuksesan Elon membangun beberapa perusahaan besar seperti Paypal, Tesla Motors, SpaceX hingga SolarCity yang merupakan perusahaan pengembang tenaga matahari.

Dalam beberapa kesempatan sempat disinggung, salah satu rahasia di balik kesuksesan Elon Musk adalah ia selalu member batasan yang jelas tentang mimpi mimpi yang ia miliki. Dari batasan tersebut akhirnya mimpi Elon berubah menjadi target yang terukur dan pada akhirnya berakhir sebagai sebuah pencapaian usaha.

Artikel lain: Elon Musk ~ Pendiri Paypal, Layanan Transaksi Online No. 1 Di Dunia

Lebih dalam, berikut ini beberapa rahasia kesuksesan seorang Elon Musk yang tentunya bisa menjadi inspirasi untuk kita semua.

1. Think Outside the Box

Umumnya memang setiap pengusaha pasti mempunyai karakter yang satu ini yakni mampu berfikir di luar kebiasaan. Namun yang unik dari seorang Elon Musk adalah batasan yang ingin ditembus oleh dirinya adalah yang banyak dianggap mustahil oleh orang lain.

Disampaikan oleh salah satu tandem bisnisnya di perusahaan pembayaran online, Paypal, Max Levchin, ia mengatakan bahwa Elon adalah orang yang akan mengatakan mungkin ia bisa, ketika yang lain berkata ini tidak mungkin dilakukan. Semangat besar tersebut jugalah yang membuat seorang Elon menjadi sosok yang amat visioner dengan karya  luar biasa.

Ketika mencipatakan atau mengerjakan sesuatu, dalam benak Elon yang terfikir adalah tidak hanya membuat karyanya sukses yang lebih jauh lagi, ia ingin mencetak sejarah dengan hasil usahanya tersebut.

2. Menanamkan Visi Ekspansi Bisnis

Rahasia di balik kesuksesan Elon Musk mengembangkan beberapa bisnis sekaligus adalah visi ekspansi bisnis yang selalu ia pegang. Hal tersebut akan sangat nampak jika kita kembali melihat rekam jejak karirnya.

Di tahun 1998, kala itu Elon dengan kejeliannya melihat #peluang bisnis berbasis online dan lantas mengembangkan Zip2 yang merupakan layanan panduan perkotaan secara online. Setelah beberapa waktu digarap, prediksi Elon tepat dan layanan Zip2 berhasil menjadi bisnis yang menjanjikan hingga dibeli perusahaan Compaq dengan mahar $22 juta dollar.




Tak ingin berhenti, lantas Elon kembali mendirikan perusahaan digital yakni bank berkonsep online dengan domain X.com, layanan inilah yang kemudian menjadi batu pijakan lahirnya salah satu platform #online payment terbesar di dunia, Paypal.com. Dan ternyata hal yang sama ia lakukan lagi dengan melego Paypal pada Ebay dengan total keuntungan $165 juta dollar.

Dalam pandangan orang awam, menikmati posisi di Paypal dengan kekayaan melimpah tentu sudah sangat luar biasa. Tapi tidak menurut pria keturunan Kanada-Amerika ini, dirinya kembali memutar modal, hingga namanya tercatat di beberapa proyek luar biasa seperti mobil sport listrik (Tesla), perjalanan luar angkasa (SpaceX) serta proyek sumber energi matahari (SolarCity).

3. Mampu Membuat Orang Lain Yakin

Untuk menjalankan semua proyek besar yang pernah diampu, sudah barang pasti Elon membutuhkan orang-orang lain yang ikut bekerja bersamanya. Dan untuk bisa merangkul kepercayaan semua orang dalam timnya tentu bukan perkara mudah. Namun, Elon berhasil menjalankannya dengan sangat baik.

Rahasianya adalah ia selalu menjaga agar harapan orang lain tetap ada. Mengulik kisahnya kembali, kala itu di tahun 2008, Elon sedang berada pada salah satu batas sukses dan gagal terbesar dalam hidupnya. Saat itu proyek SpaceX sedang menguji pesawat luar angkasa yang pertama yakni The Falcon 1 untuk mengudara menembus atmosfer. Hasilnya, ketakutan terbesar ratusan tim SpaceX benar-benar terjadi. Mesin pesawat mati sebelum mencapai target dan misi dinyatakan gagal.

Baca juga: Sukses Diranah Digital, Inilah yang Dilakukan Orang-orang Sukses Pada Masa Remajanya

Namun apa yang dilakukan Elon sangat luar biasa, tak berselang lama, ia berdiri di depan semua tim dan dengan lantang meyakinkan bahwa keberlangsungan proyek SpaceX telah ditanggung dari dana investasi dalam jumlah yang cukup. Tidak perlu ada kekawatiran dan semua akan baik-baik saja.

Pun nyatanya, berselang beberapa minggu pesawat kedua The Falcon 2 lepas landas dan berhasil menjadi pesawat luar angkasa buatan swasta pertama di dunia yang mampu menjalankan misi mencapai orbit bumi.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Inspirtions ! Orang hebat yg di cari adalah karyanya bukan materi. goodlike artikel yg menginspirasi saya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud