Mengintip Persiapan WWDC 2016, Apa yang Akan Dihadirkan Apple?

WWDC 2016

Image dari Gospelherald.com

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2016 ini #Apple pun juga kembali menghadirkan agenda tahunan WWDC (Worldwide Developer Conference). WWDC sendiri memang selalu dijadikan agenda Apple sebagai ajang paling bergengsi bagi pengembang perangkat lunak di ekosistem Apple. Pada acara yang dihadirkan setiap tahunnya ini Apple selalu mengumumkan beberapa inovasi dan fitur terbaru yang dimiliki pada bidang sistem operasi dan perangkat lunak.

Untuk tahun ini sendiri Apple mengagendakan acara WWDC 2016 di San Francisco pada tanggal 13-17 Juni 2016 mendatang. Lalu bagaimanakah acara WWDC 2016 ini nantinya? Dan apakah akan ada kejutan yang dihadirkan Apple pada helatan WWDC ke-27 ini? Berikut ulasannya.

Diawali Konferensi Pers Di Bill Graham Civic Auditorium

Acara WWDC tahun 2016 ini sendiri nantinya akan dimulai dengan sebuah konferensi pers di Bill Graham Civic Auditorium. Nantinya pada acara yang ini para pengembang yang telah mendaftar akan bisa mengikuti beragam kelas atau sesi konferensi. Kelas atau sesi konferensi ini sendiri nantinya akan memperoleh pengetahuan lebih dalam dari inovasi dan fitur yang dijelaskan di Apple Keynote. Siaran Apple Keynote sendiri nantinya juga bisa ditonton secara Live Streaming bagi siapapun yang tidak bisa hadir di tempat tersebut.

Pada tanggal 19 April 2016 saat berbicara soal WWDC 2016 Senior Vice President of Worldwide Marketing, Apple, Philip Schiller menyatakan bahwa WWDC 2016 akan menjadi sebuah acara penting bagi para developer yang menggunakan bahasa pemrograman Swift dan mengembangkan #aplikasi dan produk untuk iOS, OS X, watchOS dan tvOS.

Artikel lain: Bidik Industri Otomotif, Apple Lepas Modal US$1 Miliar Ke Tiongkok

Tapi meski sudah menyatakan WWDC 2016 ini akan menjadi agenda penting untuk pengembangan produk Apple, namun menjelang pelaksanaannya muncul isu bahwa Apple tak akan mengumumkan produk terbarunya. Benarkah demikian?

Apple Tak Akan Luncurkan Produk Terbaru di WWDC 2016?

Dari sumber yang terpercaya dari dalam perusahaan sendiri didapatkan sebuah berita bahwa gelaran WWDC tahun 2016 ini ternyata hanya berfokus pada perangkat lunak (software) bukan hardware. Maka dari itulah kemudian berkembang isu dan gosip yang menyatakan bahwa pada gelaran WWDC tahun 2016 ini tidak akan membawa produk terbaru seperti #iPhone, MacBook Pro atau yang lainnya.

Namun meski tanpa produk yang akan diluncurkan, bukan berarti gelaran WWDC tahun 2016 akan tidak menarik. Pasalnya, diprediksi dan diyakini WWDC 2016 akan mengumumkan hal baru yaitu sistem operasi iOS 10. Sistem operasi iOS 10 ini sendiri nantinya akan menjanjikan berbagai fitur baru dan redesain UI termasuk Apple Music.

Selain sistem operasi terbaru iOS 10, pada gelaran WWDC 2016, diyakini Apple juga akan mengumumkan Apple Pay yang mendukung browser web. Dengan adanya fitur Apple Pay yang mendukung browser web maka penggunaan produk Apple bisa melakukan pembelian barang-barang dari browser Safari ditambah integrasi iMessage untuk transfer uang. Tidak hanya iOS 10 dan Apple Pay yang mendukung #browser web, gelaran WWDC 2016 juga diyakini akan mengumumkan SDK baru untuk Siri yang bisa dibuka dan terintegrasi ke dalam aplikasi yang dibuat pihak ketiga.

Selain terintegrasi ke aplikasi pihak ketiga, Siri ini sendiri juga bisa kompatibel ke PC yang memakai OSX 10.12. Hal ini sendiri nantinya akan seperti Cortana yang ada di Windows 10. OSX 10.12 ini sendiri nantinya juga disebut-sebut juga akan berubah nama menjadi MacOS, mengikuti analogi nama OS lain seperti iOS, tvOS dan watchOS.




Baca juga: Inilah 5 Budaya Internal Perusahaan Apple yang Penuh dengan Rahasia

Akan Ada Kemungkinan Update Apple Watch, Apple TV dan Mac

Meski tradisi WWDC yang memang tidak memperkenalkan produk hardware dan adanya berita dari dalam perusahaan yang menyatakan bahwa WWDC hanya akan mengeluarkan pembaruan perangkat lunak saja tapi juga akan membawa update pada produk hardware. Setidaknya hal ini yang diungkapkan oleh CNET yang memperkirakan bahwa Apple juga akan memberikan pembaharuan update tentang Apple Watch, Apple TV dan Mac.

Menurut CNET dalam acara yang diselenggaakan pada tanggal 13-17 Juni 2016 nanti akan ada Mac baru yang diperkenalkan Apple. Namun untuk perangkat hardware yang lain seperti iPhone 7 dan Apple Watch 2 menurut CNET tidak akan dipamerkan pada WWDC 2016 tapi akan diumumkan pada acara tahunan Apple di bulan September mendatang.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud