Mengintip Beberapa Fitur Baru Gmail di Android Lollipop

fitur-Baru-Gmail-di-Android-Lollipop

Gmail adalah layanan email besutan #Google yang banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Gmail banyak digunakan dengan alasan fitur yang lengkap, praktis dan bersifat user friendly bagi para penggunanya. Sebab Gmail tak hanya menyediakan layanan email, namun dapat diintegrasikan dengan fitur lain seperti Google Drive, akun Google plus serta layanan Google yang lain.

Besarnya animo masyarakat terhadap layanan Gmail dari Google terus memacu perusahaan teknologi tersebut untuk membuat invoasi-inovasi baru dari Gmail. Seperti yang dapat kita lihat pada #Android seri 5.0 alias  Lollipop yang menjadi versi Android terbaru di akhir tahun 2014, Google tak hanya melakukan perubahan tampilan Gmail, namun juga melengkapinya dengan beragam fitur baru. Berikut ini fitur baru Gmail di Android Lollipop:

1. Tampilan Desain yang Baru dan Fresh

Ada tampilan yang fresh dan baru pada Gmail di Android Lollipop. Dengan tambahn garis merah pada bagian atas Gmail, layanan email yang satu ini tampak lebih ok dan keren. Tak hanya itu saja, di bagian kiri Gmail juga menampilkan beberapa kategori seperti primary, social dan update.

Beberapa kategori versi baru ini ditampilkan dengan icon berbentuk bulat yang tampak lebih edgy dan ergonomis dari pada tampilan icon kotak sebelumnya. Tampilan baru yang sederhana namun ergonomis ini akan memudahkan para pengguna Gmail untuk menemukan email penting yang sedang dicari.

Tampilan dasar Gmail di Android Lollipop ini mengusung kesan yang simpel, minimalis dan mudah digunakan. Warna dasar putih juga memberikan kesan yang luas dan elegan.

Artikel lain: Cara Membuat Email Baru di Gmail

2. Bisa Membuka Banyak Akun

Pada versi Android sebelumnya, Google hanya memungkinkan para penggunanya untuk membuka dan menampilkan 1 akun Gmail saja. Hal ini tentu menyulitkan para pengguna yang memiliki akun lain. Namun kini tampaknya Google sudah memahami kesulitan tersebut dan akhirnya Google melakukan inovasi di Android Lollipop sehingga para pengguna dapat membuka akun email lainnya seperti Yahoo! Mail dan berbagai layanan email lain. Kini kita bisa menambahkan kontak dari berbagai kerabat dan kolega melalui perubahan fitur Gmail yang satu ini.

3. Mudahnya Berinteraksi Dengan Gmail di Android Lollipop

Google tampaknya menyadari bahwa sisi ergonomis menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh para penggunanya. Hal itulah yang nampaknya membuat Google mencantumkan icon untuk membuat pesan baru di bagian kanan bawah layar. Tak hanya itu, icon untuk membalas pesan juga ditampilkan di bagian kanan bawah layar sehingga pengguna Gmail langsung bisa membalas pesan setelah selesai membaca pesan tersebut.

Gmail di Android Lollipop juga menempatkan tombol untuk mengelompokkan email penting dalam 1 folder secara lebih praktis dan mudah ditemukan.

4. Fitur Swipe

Pada Gmail versi terdahulu, para pengguna Gmail hanya bisa melakukan swipe untuk menghapus email. Namun kini Google menambahkan fungsi swipe untuk melakukan archieve dan delete. Sungguh praktis dan lebih mudah digunakan bukan.

5. Fitur Kalender yang Lebih Interaktif

Fitur kalender yang disediakan di Gmail juga mengalami pembaharuan sehingga tampak lebih efektif dan interaktif. Kita bisa menambahkan fitur konfirmasi email untuk jadwal penerbangan atau jadwal kegiatan lainnya agar bisa segera dicantumkan pada kalender Gmail sehingga fitur email dan pengingat kalender bisa terintegrasi dan digunakan secara efektif untuk kepentingan penjadwalan setiap hari.




Secara umum keseluruhan pembaruan yang disuguhkan pada aplikasi Gmail di atas lebih berfokus pada kemudahan penggunaan serta penambahan fungsi. Namun untuk rekan-rekan yang sebelumnya telah memakai aplikasi ini dijamin tidak akan merasa asing, pasalnya user interfacenya tidak begitu berbeda dengan versi terdahulu.

Baca juga: Download Aplikasi Browser Google Chrome

Kita tentu sudah menyadari bahwa sesuatu yang besar dimulai dari beragam perbaikan kecil yang dilakukan secara berkesinambungan. Perusahaan sebesar dan sekuat Google saja masih setia melakukan perbaikan dan inovasi demi memenuhi kebutuhan para penggunanya. Hal tersebut tentu menjadi teladan yang baik bagi kita supaya tak mudah menyerah dan sering melakukan inovasi yang kreatif dan bersifat modern. Selamat berinovasi dan jadilah yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain!




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Aku mau buka fecebook tapi emailya ga tau dan kata sandi ya juga gatau

  2. Aku gak bisa nambah akun google gmanaa yah caranya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud