Cara Menghemat Uang Saku yang Efektif, Terapkan 6 Tips Berikut Ini

Cara Menghemat Uang Saku yang Efektif, Terapkan 6 Tips Berikut Ini

Cara Menghemat Uang Saku
Image dari Financialfitnesswindsor.ca

Menghemat uang saku memang sesuatu yang sangat penting bagi siapapun yang belum memiliki penghasilan sendiri. Uang saku yang diberikan orang tua atau kakak ini biasanya akan didapatkan seseorang dalam periode waktu tertentu, entah itu harian, mingguan atau mungkin bulanan.

Nah bagi orang-orang yang masih saja menggantungkan hidup dompetnya pada uang saku dari orang lain maka sudah selayaknyalah Anda bisa melakukan penghematan atas uang saku ini.

Mengapa harus melakukan penghematan? Sebab dengan penghematan Anda akan membuat keadaan finansial Anda tetap sehat. Dengan kondisi keuangan yang sehat maka kehidupan Anda pun akan berjalan dengan baik dan menggembirakan.

Namun bagaimanakah cara untuk bisa menghemat uang saku ini? Berikut ulasannya.

1. Cara Menghemat Uang Saku dengan Sarapan di Rumah

Tips pertama untuk bisa lakukan penghematan atas uang saku adalah dengan mengusahakan sarapan di rumah sebelum melakukan aktivitas. Ya, seringkali keluarnya uang saku ini disebabkan oleh hasrat dan kebutuhan makan di resto atau di tempat makan dimana sebelumnya perut belum terisi dengan sarapan dari rumah.

Maka dari itu jika Anda ingin menghindari diri dari hasrat makan di luar yang membuat Anda harus mengeluarkan uang saku maka usahakan untuk sarapan terlebih dahulu di rumah. Dengan sarapan di rumah maka Anda Anda akan terhindar atau meminimalisir keinginan dan hasrat untuk makan di resto atau tempat makan lainnya. Dari sinilah maka uang saku Anda bisa terhemat.

Artikel lain: Dimulai Sebelum Berkeluarga, Atur Keuangan Anda Agar Tak Berantakan

2. Cara Menghemat Uang Saku dengan Membawa Bekal

Selanjutnya tips untuk menghemat uang saku adalah dengan membawa bekal ke tempat aktivitas. Jangan malu dan ragu untuk membawa bekal ini, sebab saat ini banyak orang yang gengsi dan malu membawa bekal. Padahal jika Anda tahu para pekerja yang ada dan sudah mendapatkan penghasilan banyak yang membawa bekal ke tempat kerjanya.

Menurut para pekerja ini membawa bekal ke tempat kerja akan membuat dirinya mampu mendapatkan asupan gizi yang baik daripada harus membeli makanan dari  luar. Maka jika para pekerja saja tidak malu membawa bekal, kenapa Anda musti malu? Benar kan. Selain untuk menjaga kebersihan makanan, Anda juga bisa menghemat uang saku Anda.

3. Pilih Barang Murah tapi Berkualitas

Meski Anda sudah sangat serius ingin menghemat uang saku, namun tetap saja keinginan untuk membeli kebutuhan tak bisa dilewatkan begitu saja. Nah ketika kebutuhan (bukan keinginan) ini sudah menghinggapi Anda maka sudah seharusnya uang saku Anda harus tersisihkan. Namun dalam pengeluaran ini, Anda bisa melakukan penghematan dengan membeli barang kebutuhan yang berharga murah.

Ya, Anda tak perlu membeli barang yang mahal karena Anda sudah berniat untuk menghemat uang saku. Dengan fungsi dan kegunaan yang sama maka kebutuhan Anda pun bisa tercukupi dengan tanpa harus mengeluarkan jumlah uang saku yang besar.

4. Cara Menghemat Uang Saku dengan Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Saat ini memang banyak hal yang bisa kita dapatkan secara gratis jika kita mau berusaha mencarinya. Tidak hanya biaya #pendidikan atau kesehatan gratis, namun kebutuhan Anda akan jaringan internet pun bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma.

Ya, dengan memanfaatkan fasilitas wifi gratis yang sudah marak ada di berbagai tempat ini maka uang saku Anda pun akan bisa dihemat karena tidak harus membeli paket kuota internet di counter.

5. Menabung

Metode menabung memang masih saja dinilai tetap efektif sejak dulu kala untuk bisa menghemat #keuangan termasuk uang saku. Ya, sekecil apapun uang saku yang Anda dapat, dengan niat dan keseriusan yang muncul dari diri Anda  maka Anda bisa melakukannya.

Namun jika Anda tidak memiliki niat dan keseriusan maka sebesar apapun uang saku yang Anda dapat maka menabung adalah hal yang akan sulit untuk dilakukan.

Baca juga: Inilah 8 Tips Mengatur Keuangan yang Harus Anda Pelajari Ala Adele

6. Menghemat Uang Saku dengan Kerja Paruh Waktu

Terakhir, tips untuk menghemat uang saku adalah dengan bekerja paruh waktu. Ya, dengan bekerja paruh waktu (part time) maka bukan hanya akan membuat uang saku terhemat, namun bisa jadi uang saku Anda akan bertambah.

Saat ini dengan munculnya teknologi internet yang makin canggih kerja part time sangat mudah untuk didapat. Jadi cari saja kerja paruh waktu yang sesuai dengan waktu dan kemampuan Anda disana.

1 KOMENTAR

  1. Poin 1, 3 dan 4 sudah dilakukan selama ini. Hasilnya walau pemasukan sedikit, cukup untuk hidup sehari2 :)

Tinggalkan Balasan