Mengenang Ray Tomlinson, Sang Pencipta Teknologi E-mail yang Telah Tutup Usia

Mengenang Ray Tomlinson, Sang Pencipta Teknologi E-mail yang Telah Tutup Usia

Ray Tomlinson
Image dari dw.com

Sebuah kabar berita haru telah menghampiri dunia #teknologi beberapa saat lalu, sang pencipta e-mail sekaligus orang yang memilih simbol @ atau kita kenal dengan “at” untuk sebuah alamat, yakni Ray Tomlinson telah tutup usia di usianya yang ke 74 tahun. Dilansir dari laman The Guardian, Senin (7/3/2016), juru bicara Reyton Mike Doble telah memastikan kebenaran meninggalnya pria asal New York itu pada Sabtu pagi waktu setempat. Sayangnya hingga detik ini belum diketahui apa yang menyebabkan meninggalnya Tomlinson.

Seorang ilmuan di bidang teknologi, yakni Ray Tomlinson adalah pria yang menciptakan dan juga memperkenalkan kita ke elektronik mail atau biasa kita sebut sehari-hari #e-mail. Dunia teknologi pun sangat kehilangan dengan sosok yang merupakan figur penemu program ARPANET pada tahun 1971. Program tersebut adalah pendahulu dari internet, yang berfungsi memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan dari orang per orang ke pengguna komputer yang menggunakan server yang berbeda.

Mengenang Sosok Ray Tomlinson

Reyton Mike Doble juga menuturkan bahwa dengan perubahan yang dibawa oleh Tomlinson di dunia teknologi, memiliki pengaruh besar karena mengubah cara manusia untuk saling berkomunikasi. Ia juga menyampaikan bahwa Tomlinson merupakan sosok yang di kenal rendah hati, baik, dan juga murah hati selama menjalani kehidupannya.

Tomlinson, awalnya berasal dari Amsterdam, New York, ia mengeyam pendidikan di Polythecnic Institute dan juga Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1960. Pria yang di lahirkan 23 April 1941 silam ini bekerja di perusahaan riset juga pengembangan Bolt Beranek dan Newman, yang kini menjadi  Reython BBN Technologies. Di saat masih aktif bekerja di perusahaan tersebut Tomlinson menciptakan teknologi e-mail. Saat yang bersamaan pula Tomlinson diketahui juga bekerja di perusahaan berbeda yang berada di Cambridge Massachusetss.

Artikel lain: Raymond Tomlinson ~ Ahli Komputer Penemu eMail

Kemudahan yang Dibawa Teknologi Email

Kini dengan hadirnya teknologi e-mail, telah banyak yang memanfaatkannya untuk kebutuhan dunia bisnis juga dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga yang tidak kalah penting dengan hadirnya e-mail juga telah mengubah bagaimana orang melakukan transaksi, serta bisa lebih dekat antara satu dengan yang lainnya tanpa harus terpisahkan oleh jarak.

E-mail yang diciptakannya tersebut setelah diselidiki bukan proyek di mana ia bekerja, melainkan awalnya dia hanya ingin mencoba hal baru dan mengerjakan segala sesuatunya dengan ARPANET, ujar juru bicara Reython Mike Doble, yang tengah membicarakan tentang penciptaan teknologi e-mail.

Fenomena Penggunaan Simbol @

Simbol @ yang sering kita lihat baik itu di alamat e-mail atau di #Twitter, merupakan simbol yang di pilih oleh Tomlinson sendiri untuk menjadi penghubung antara username juga alamat pengguna, juga telah tercatat menjadi bagian penting dari bahasa teknologi internasional. Doble juga menyampaikan bahwa awalnya Tomlinson menggunakan simbol @ setelah ia melihat ke keyboard saat ia tengah bekerja, dan ia pun menuturkan bahwa membutuhkan sesuatu yang logis dan jelas agar bisa digunakan pada e-mail.

Mungkin sekarang simbol @ temuannya tersebut akan kita lupakan apabila awalnya simbol tersebut tidak di gunakan pada e-mail. Kemudian setelah perubahan yang dibawanya ke dunia teknologi, Tomlinson pun akhirnya mendapatkan perhatian dari jutaan pasang mata di dunia atas ciptaannya tersebut.

Baca juga: 10 Orang Paling Berpengaruh di Apple Sepeninggal Steve Jobs

Kepergian Tomlinson pun mendapatkan ucapan bela sungkawa dari akun Twitter resmi Gmail. Kicauannya yang berisi ‘Thank You, Ray Tomlinson, for inventing e-mail and putting @ sign on the map. #RIP’, yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘Terima kasih Ray Tomlinson karena telah menciptakan e-mail dan juga menggunakan simbol @ pada peta #RIP’ demikian isi dari kicauan tim Gmail.

Selamat jalan Ray Tomlinson.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan