Mengenal Goprec, Platform yang Hadirkan Sistem Organisasi dengan Konsep Online Karya Sigit Prabowo

Goprec-Sistem-Organisasi-Sigit-Prabowo

Merasa sudah sangat sehati dan memiliki passion dengan dunia #startup, Sigit Prabowo dengan begitu serius dan tekunnya kemudian menciptakan sebuah startup yeng diberi nama Goprec. Goprec sendiri merupakan sebuah platform rekrutmen online yang kini terbilang sukses. Sebab, platform yang merupakan impian Sigit sejak awal masuk kuliah ini berhasil meraih penghargaan Lenovo Inspiration Hunt.

Lenovo Inspiration sendiri adalah rangkaian dari agenda Lenovo SIAP MAJU Youth Festival. Dari penghargaan ini sendiri, Sigit kemudian akan diikutkan dalam sesi mentoring khusus bersama entrepreneur muda ternama yaitu Billy Boen. Lalu seperti apakah kisah startup Goprec kreasi Sigit Prabowo tersebut? Berikut ulasannya.

Berawal Dari Project Kuliah

Bisa dikatakan startup Goprec ini lahir dari sebuah project kuliah. Saat itu Sigit ditugaskan oleh dosen untuk membuat sebuah platform. Karena Sigit sangat suka organisasi dan membentuk kepanitian, Sigit kemudian terpikir untuk membuat sebuah platform yang bisa memudahkan proses administratif dan rekrutmen kepanitiaan.

Hal yang juga membuat Sigit menciptakan Goprec adalah karena dirinya ingin mengubah konsep kepanitiaan konvensional yang bersifat offline dan berkarakter administratif, manual dan mahal. Konsep organisasi yang offline ini sendiri ingin diubah oleh Sigit menjadi administrasi yang bersifat online.

Jadi, nantinya dari konsep organisasi online ini maka semua hal yang berhubungan dengan proses administrasi seperti cetak foto, print, menulis formulir, bisa dibuat secara digital dan bersifat online. Goprec yang dikembangkan Sigit dan dan teman-temannya dari UI (Universitas Indonesia) ini akhirnya lahir dan berdiri pada bulan Desember 2015 lalu.

Artikel lain: Startup DANAdidik ~ Pelopor Crowdfunding Pendidikan untuk Siswa dan Mahasiswa




Mentarget Mahasiswa Sebagai Pengguna Goprec

Setelah resmi lahir dan berdiri, tim Goprec kemudian melakukan marketing untuk mempromosikan Goprec. Dalam hal ini, tim Goprec menargetkan dan memfokuskan penggunaan platform organisasi online ini pada kalangan mahasiswa. Dipilihnya kalangan mahasiswa sebagai target pasar Goprec adalah karena menurut Sigit mahasiswa adalah mereka yang sudah berada dalam tahap siap dan matang untuk melakukan manajemen sebuah organisasi  atau kepanitiaan.

Perkembangan Goprec Saat Ini dan Nanti

Untuk tahap awal sendiri, tim Goprec masih menyasarkan promosinya pada kalangan internal dulu yaitu mahasiswa IPB. Nah, jika sudah sukses di IPB, maka Sigit selaku founder berjanji akan menghadirkan Goprec ke semua kampus yang tersebar di seluruh di Indonesia. Untuk sekarang memang Sigit masih menyatakan Goprec dalam tahap pertumbuhan user. Meski demikian, pria yang sebelum masuk kampus juga pernah membuat organisasi kecil ini menyatakan timnya selalu bekerja keras agar Goprec cepat tumbuh dan berkembang untuk bisa dinikmati oleh banyak pengguna.

Kendala dan Tantangan dalam Pengembangan Goprec

Saat ini Goprec memang telah mampu meraih penghargaan, tapi Sigit mengaku bahwa pada awal mula pengembangan ia mendapat tantangan besar berupa hujatan dan kritikan dari banyak pihak. Bahkan sindiran dan sentimen yang pesimistis ini datang dari rekan-rekan kuliahnya sendiri. Menurut rekan-rekan kuliahnya platform Goprec yang menghadirkan konsep digital dan online dalam sebuah bidang administrasi adalah sesuatu yang berlebihan dan tak masuk akal. Pasalnya cara administrasi di Indonesia kebanyakan masih menerapkan konsep yang bersifat offline dan konvensional.

Walaupun banyak yang menanggapi dengan nada negatif, Sigit tak mau menyerah dan berputus asa. Pria yang merupakan salah satu dari sepuluh finalis muda berbakat dalam ajang Lenovo Inspiration Hunt ini merespon komentar negatif tersebut sebagai pemicu untuk bisa membuat Goprec lebih baik. Maka dari itu kemudian, Sigit dan tim, memberikan sosialisasi dan tutorial soal open recruitment via Goprec agar para user bisa terbiasa dalam menggunakannya.

Tips Suskes Kembangkan Startup dari Sigit Prabowo

Sigit Prabowo yang sukses menjuarai gelaran Lenovo Inspiration Hunt dengan karyanya berupa platform Goprec memiliki sejumlah tips untuk siapa saja terutama kaum muda yang ingin sukses di dunia startup. Dalam merintis bisnis startup, pria yang juga sedang mengembangkan komunitas yang bergerak di bidang sosial dan #pendidikan ini berpesan pada generasi muda agar terus berinovasi.




Hal lain yang juga harus selalu diingat adalah anak muda tak boleh cepat menyerah menghadapi kendala dan tantangan yang ada. Tetaplah untuk selalu berusaha, dan cobalah untuk membuat konsep startup yang menawarkan problem solving agar bisnis startup bisa terus konsisten dalam jangka panjang.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud