Mengenal Dampak Negatif yang Kerap Muncul Pada Sosok Entrepreneur

Mengenal Dampak Negatif yang Kerap Muncul Pada Sosok Entrepreneur

dampak negatif menjadi entrepreneur
Image dari Mentalhealthy.co.uk

Selama ini kebanyakan kita disuguhi dengan cerita bahagia dari banyak entrepreneur yang sudah sukses. Mulai dari gelimang materi dan juga kehormatan seakan membius kita untuk segera mengikuti jejak mereka yang sudah sukses. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya dibalik kesuksesan mereka ada banyak sekali yang dikorbankan. Dan tak jarang pengorbanan mereka menimbulkan dampak negatif (meskipun tidak semua) pada dirinya yang suatu saat bisa berakibat fatal.

Di bawah ini adalah beberapa dampak negatif yang sering melanda seorang pengusaha dalam proses pengembangan diri mereka untuk mencapai kesuksesan. Bukan bermaksud untuk menghalangi Anda menjadi seorang pengusaha, namun lebih kepada memberikan gambaran pada Anda pada kemungkinan negatif yang bisa terjadi. Jadi ketika Anda sudah mengetahui sebelumnya, maka Anda bisa mengantisipasinya atau paling tidak meminimalisir hal itu.

1. Mudah Frustasi Dengan Keadaan

Tak bisa dipungkiri bahwa rasa frustasi sering melanda sebagian dari pengusaha. Ketika semua strategi dan rencana sudah dijalankan dengan maksimal namun belum bisa menghasilkan apa yang ditargetkan, maka seringkali frustasi akan melanda. Rasa frustasi adalah manusiawi, namun demikian Anda harus pandai mengelolanya agar jangan sampai berpengaruh terhadap kebijakan atau kinerja Anda.

Frustasi memang sulit sekali dihindari, namun setidaknya Anda bisa belajar dari berbagai keadaan sulit yang pernah dialami. Maka dari itu, ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha harus menyiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi keadaan sesulit apapun.

Artikel lain: Hati-hati! Hal Ini Sering Berpotensi Menjadi Masalah Kesehatan Bagi Pebisnis Online

2. Sering Merasa Kurang Percaya Diri

Percaya atau tidak, rasa tidak percaya diri ini selalu menghinggapi kepada setiap orang, meski pun mereka termasuk orang yang sudah sukses. seorang entrepreneur sering merasa kurang percaya diri ketika dihadapkan pada suatu keadaan yang mengharuskan untuk segera mengambil keputusan. Bagaimanapun juga Anda harus mampu mengambil keputusan secara mandiri, sekali waktu Anda boleh minta saran dan nasehat dari senior.

Namun itu tidak boleh Anda lakukan terus menerus, Anda harus percaya pada diri Anda sendiri. Perlu latihan memang, jika tidak segera Anda latih, maka Anda akan mengalami krisis kepercayaan diri yang justru akan menenggelamkan Anda sendiri suatu saat nanti.

3. Hilangnya Kebanggaan Pada Diri Sendiri

Keadaan ini terkait erat dengan poin nomor dua. Ketika Anda mulai meragukan kemampuan diri sendiri karena banyaknya kegagalan yang Anda buat, maka lambat laun Anda akan semakin kehilangan kebanggaan pada diri sendiri. Dan jika dibiarkan, maka perasaan itu akan semakin menggerus ide kreatif dan inovasi Anda dengan keraguan yang semakin mencengkram.

Untuk bisa membebaskan Anda atau meminimalisir rasa tersebut, dibutuhkan tenaga dan energi yang besar. Keteguhan hati dan ketahanan Anda dalam menghadapi kegagalan akan bisa memulihkan perasaan Anda ketika Anda bisa menjalankan bisnis sampai berhasil dan sukses.

4. Kecanduan Pada Pekerjaan yang Sulit Dihindarkan

Karena Anda menjalankan bisnis sendiri, maka kesuksesan semua yang Anda kerjakan juga tergantung pada kerja keras Anda. Inilah yang membuat seorang pengusaha seakan tak pernah ingin berhenti dalam bekerja. Lambat laun hal ini akan membuat Anda menjadi seorang workaholic yang sulit untuk meluangkan waktu untuk tidak bekerja.

Ini semakin berbahaya ketika seorang pengusaha tidak mampu mengatasi masalah ini dan kemudian merasa semakin tertekan sehingga menimbulkan stres. Dan semakin bertambah berbahaya ketika mereka mulai mencoba hal-hal negatif untuk menghilangkan stres seperti rokok, alkohol dan juga narkoba.

Baca juga: Anda Termasuk Pebisnis Pemula? Simak 5 Hal yang Menyebabkan Kegagalan Berikut Ini

5. Kesulitan Mendapatkan Waktu Istirahat yang Berkualitas

Mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas adalah masalah yang krusial bagi kebanyakan pengusaha. Mereka terlalu disibukkan dengan pekerjaan yang seperti tidak ada habisnya. Sering kerja lembur sampai larut malam meski sedang di rumah, sering pulang telat, jarang menghabiskan waktu untuk rekreasi, ini membuat waktu istirahat tentu akan semakin tersita. Dan ketika waktu istirahat tersita, maka dengan sendirinya akan berakibat kepada berbagai macam penyakit baik fisik maupun psikis. Hubungan dengan keluarga pun juga akan sering terganggu.

Itulah beberapa sifat atau akibat negatif yang sering menjangkiti para pengusaha. Namun tidak semua pengusaha seperti itu, masih ada banyak pengusaha sukses yang memperhatikan dengan serius hal-hal negatif yang bisa mengancam kesehatan fisik dan jiwa mereka. Intinya adalah bagaimana kita sendiri pandai-pandai membagi waktu dan tenaga agar semuanya bisa seimbang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan