Mengenal Batu Akik Kalimaya (Black Opal), Kilau Indah Dari Banten

Batu-Akik-Kalimaya-Black-Opal

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya #batu akik jenis kalimaya merupakan jenis batu akik yang sangat populer dan juga mempunyai harga yang mahal. Batu Akik Kalimaya memiliki aneka warna yang sangat indah dan begitu digemari oleh pehobi batu mulia. Tak hanya dari dalam negeri, batu akik kalimaya juga diburu oleh banyak kolektor dari mancanegara.

Batu Akik jenis Kalimaya (Black Opal) memiliki struktur dan keindahan yang pantas dihargai mahal. Batu Akik Kalimaya termasuk dalam jajaran batu akik dengan harga termahal di Indonesia. Batu akik ini harganya bisa mencapai 2500 USD per karat. Dengan harga setinggi itu, Pemerintahan Provinsi Banten yang merupakan asal dari batu akik jenis kalimaya ini bertekad akan menggarap dengan serius guna meningkatkan taraf ekonomi penduduknya.

1. Asal Usul Batu Akik Kalimaya

Di Indonesia, batu akik opal Kalimaya bisa di dapatkan di daerah Provinsi Banten yang tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja. Selain itu, batu ini juga bisa ditemukan di sekitar Kalimantan. Untuk kualitas batu akik kalimaya dari Banten ini hampir menyamai kualitas dari batu akik opal dari Australia. Sejauh ini Australia masih menjadi pemasok terbesar batu kalimaya di dunia, hampir 97%.

Selain di Australia, Kalimaya juga bisa ditemukan di Meksiko dengan jenis batu kalimaya api. Sampai saat ini masih ada perbedaan terkait asal usul nama opal pada batu Kalimaya. Sementara kalangan pecinta batu mulia menyebut bahwa Opal berasal dari bahasa Romawi, Opalus. Pendapat yang lain menyebutkan bahwa Opal berasal dari bahasa Yunani Opillos.



Artikel lain: 7 Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Dicari Pecinta Batu Mulia

2. Karakteristik Struktur Batu Akik Kalimaya

Batu akik Kalimaya atau batu Black Opal merupakan bentuk amorfis dari silika dengan kandungan 3% sampai 21% merupakan air. Struktur dari batu opal kalimaya mampu memancarkan dan menyebarkan cahaya dengan berbagai warna tergantung tempat dimana batu akik tersebut berasal.

Batu ini memiliki kekerasan mencapai 5.5 – 5.6 pada skala Mohs yang menempatkannya pada urutan ke delapan. Keunggulan yang ditawarkan oleh batu Kalimaya adalah kemampuannya dalam merefleksikan beberapa warna dalam satu batu. Jadi batu jenis ini satu batu bisa memunculkan beragam warna tergantung dari jenisnya.

3. Jenis – Jenis Batu Akik Kalimaya

Ada banyak jenis batu akik kalimaya yang beredar di pasaran. Ada sekitar tujuh jenis batu akik kalimaya yang bisa Anda eksploitasi keeksotisan nya. Berikut jenis-jenis batu akik kalimaya.

  • Batu Kalimaya Kristal
  • Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa
  • Batu Kalimaya Kristal The
  • Batu Kalimaya Kristal Lukut atau Kalimaya Kristal Kopi
  • Batu Kalimaya Kristal Susu
  • Batu Kalimaya Black Opal
  • Batu Kalimaya Black Opal Solid

4. Sifat – Sifat Batu Akik Kalimaya Asli

Untuk mengetahui kualitas keaslian dari batu Kalimaya, ada beberapa tips dan cara untuk mengetahui sifat-sifat asli batu mulia tersebut yang harus Anda ketahui.

  • Pembakaran, batu akik jenis kalimaya akan tahan api dan panas dan jika dibakar dengan api akan segera dingin dalam waktu yang singkat.
  • Kotoran, batu akik kalimaya jika terkena kotoran terutama dari bahan kimia akan mudah dihilangkan. Coba saja dengan menempelkan cat atau pewarna sejenisnya, lalu usap dengan lap jika hilang tanpa bekas berarti itu adalah kalimaya yang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Serat batu, pada batu akik jenis ini memiliki serat yang tampak meskipun tidak kuat. Namun untuk batu yang tidak asli akan tampak bening tanpa adanya serat sedikitpun. Anda bisa melihatnya dengan bantuan kaca pembesar.
  • Berat batu, batu jenis kalimaya yang asli tentu memiliki berat lebih jika dibanding dengan batu akik buatan atau sintetis.

Baca juga: 5 Jenis Potongan Batu Permata Akik, Maksimalkan Keindahan Batu Akik

5. Harga Batu Akik Kalimaya

Dengan kualitas yang ditawarkan serta tingginya permintaan dari luar negeri, membuat harga batu akik kalimaya semakin meningkat. Konsumen dari berbagai negara seperti Malaysia, Korea, Jepang dan Amerika juga banyak berburu batu akik kalimaya tersebut. Sampai saat ini harga untuk batu akik kalimaya asli super dengan warna yang sudah berkembang bisa mencapai kisaran paling rendah Rp 300 ribu sampai dengan Rp 50 juta.





2 total comments on this postSubmit yours
  1. monggoh silahkan hub saya ke 087803636746 apabila berminat batu akik raflesia bengkulu serat kura jumbo dan serat junjung drajat . saya jual Rp 1.500.000,- sajh

  2. Klo ad yg nyari bahan black opal jarong silahkn hub:089652522319
    Dan juga batu yaman mekah,pirus persia,hijau garut,cat eyes chrysoberill,tiger eyes,dll

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud