Mengenal 6 Produsen Pembuat SoC (System on Chip)

Produsen-Pembuat-SoC-System-on-Chip

Jika Anda pengguna #smartphone atau tablet, tahukah Anda ada komponen bernama SoC dalam perangkat Anda tersebut? Smartphone dan tablet yang bekerja sangat pintar ini tentu saja memilki sebuah komponen yang menjalankannya. Dan komponen yang menjalankan seluruh fitur yang ada pada smartphone dan tablet adalah SoC (System on Chip).

SoC adalah sebuah integrated circuit (IC) yang mengintegrasikan semua komponen dari #komputer atau sistem elektronik lainnya seperti CPU, GPU, memori, hingga modem dan lainnya dalam satu kesatuan chip. Lalu seperti apakah teknologi mutakhir ini dibuat oleh para produsen? Dan siapa-siapa saja produsen pembuat SoC tersebut? Berikut ulasannya.

Daftar Isi

1. Qualcomm

Siapakah produsen terbesar SoC pada perangkat Android saat ini? Jawabannya adalah Qualcomm. Bagaimana tidak, hampir seluruh produk berplatform #Android memiliki SoC buatannya. Chip grafis Qualcomm sendiri kebanyakan menggunakan chip grafis Adreno dan prosesor Cortex. Sedangkan untuk basis SoC menggunakan Krait dan arsitektur ARM.

SoC Snapdragon yang menjadi andalan Qualcomm saat ini telah dilengkapi dengan arsitektur 64-bit yang bisa digunakan di berbagai perangkat mobile premium, seperti LG G Flex 2 dan kemungkinan juga HTC M9. SoC Snapdragon ini sekarang juga telah hadir dalam berbagai varian, mulai dari yang low-end hingga high-end.

2. Apple

Selain memproduksi iPhone dan iPad ternyata #Apple juga membuat komponen-komponen lain secara mandiri, seperti salah satunya SoC. Karena diproduksi sendiri maka mereka jarang sekali mengunggul-unggulkan teknologi SoC mereka.

Mereka hanya ingin fokus pada kepuasan konsumen pada perangkat-perangkatnya secara langsung dan keseluruhan. SoC terbaru Apple adalah A8X yang dipakai pada iPad Air 2. Dan Sejak tahun lalu, Apple juga telah memproduksi SoC S1 untuk perangkat wearable Apple Watch.




2. Samsung

Selain Apple, Samsung juga melakukan produksi sendiri untuk perangkat-perangkat mobile-nya. Namun entah kenapa untuk beberapa kasus, Samsung ternyata masih menggunakan produk Qualcomm untuk beberapa produk yang dipasarkan di negara-negara tertentu, terutama negara yang sudah memiliki jaringan 4G LTE.  Untuk SoC andalan Samsung kini ada sudah terpasang pada Galaxy Note 4 yaitu SoC Exynos7 Octa.

3. NVidia

Dengan Geoforce yang dimiliki, Nvidia adalah salah satu produsen pembuat kartu grafis PC yang banyak digunakan para gamer di dunia, termasuk superkomputer. Maka dengan pengalamannya dibidang grafis ini maka tak mengherankan bila kemudian SoC buatan Nvidia memiliki kekuatan disisi grafis.

SoC Andalan Nvidia sendiri telah dirilis pada bulan Januari 2015 yaitu Tegra X1. Tegra X1 ini memiliki 8 inti prosesor dengan arsitektur ARM 64-bit dan juga telah dilengkapi dengan chip grafis 256 inti pada Nvidia Maxwell.

4. Intel

Seperti kita tahu sejak dahulu kala Intel adalah produsen processor kelas wahid pada kelas PC. Meski agak sedikit terlambat dalam pengembangan SoC, namun Intel kemudian mengejar ketertinggalannya itu dengan membuat SoC terbarunya yaitu cherry Trail yang berarsitektur 14nm yang berbeda dengan produsen lain yang masih menggunakan arsitektur 20nm. Intel Atom adalah nama SoC yang kini mendominasi perangkat mobile dengan versi terakhirnya yaitu Bay Trail.

5. MediaTek

MediaTek merupakan produsen SoC yang bergerak pada kelas menangah kebawah dengan arsitektur ARM. Dan untuk inovasi terbarunya adalah SoC dengan prosesor Cortex-A7 yang memiliki pilihan empat, enam, dan delapan inti.




SoC terbaru ini sendiri telah ditenagai oleh chip grafis Mali 400 atau Mali 450. Meski banyak mendominasi kelas menengah kebawah, MediaTek juga punya produk dikelas high-end yaitu MT6595 yang menggunakan desain big.LITTLE dengan kombinasi prosesor Cortex-A7 dan A17.

6. Allwinner

Produsen SoC dikelas menengah kebawah lain adalah Allwinner. A83T adaah SoC keluaran teranyar dari produsen SoC asal Tiongkok ini. SoC A83T ini sendiri telah menggunakan desain big.LITTLE yang dilengkapi dengan delapan inti prosesor Cortex-A7 serta ditenagai dengan chip grafis PowerVR.

Produk lain dari Allwinner adalah SoC seri A, dengan nama A33. A33 sendiri mempunyai sebuah chip grafis Male 400MP2 dan dilengkapi empat inti prosesor Cortex-A7. Harga A33 yang berkisar antara USD30 hingga USD60 ini merupakan SoC yang sangat terjangkau yang kini banyak digunakan pada perangkat tablet.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud