Mengenal 5 Tipe Orang yang Mudah Berhutang pada Orang Lain

berhutang

Semua orang pasti memiliki banyak kebutuhan dalam hidupnya. Meskipun tidak semua kebutuhan tersebut bisa dipenuhi secara bersamaan. Salah satu langkah positif yang bisa dijalankan untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan mencari penghasilan tambahan atau mencari pekerjaan yang menjanjikan masa depan yang lebih baik.

Ada banyak orang yang menempuh jalan pintas untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya yang berlebihan. Dengan cara meminjam uang atau berhutang pada orang lain, maka masalah untuk memenuhi kebutuhan atau gaya hidup dianggap sudah selesai. Orang-orang seperti ini seringkali membuat kita merasa terganggu ketika kita diminta untuk meminjamkan uang.

Secara garis besar, ada 5 tipe orang yang mudah berhutang pada orang lain:

1. Orang yang Tidak Mau Kalah dengan Orang Lain

Orang yang tidak mau kalah dengan orang lain adalah orang yang menganggap dirinya super dan tidak ingin dikalahkan dengan apa yang bisa dimiliki oleh orang lain. Misalnya saja, ketika si tetangga B membeli kulkas 2 pintu yang baru, maka si A yang sering iri hati merasa harus membeli kulkas yang sama. Padahal kulkas yang ada di rumahnya masih dalam kondisi baik dan layak pakai.

Akan selalu ada alasan bagi orang-orang yang iri hati untuk membandingkan miliknya dengan milik orang lain yang kemudian berujung pada upaya untuk bisa memiliki barang yang sama dengan orang lain.




Artikel lain: 4 Tips Mengatur Keuangan Yang Baik Bagi Seorang Freelancer

2. Orang yang Tidak Bisa Bersikap Realistis

Siapa sih orang yang tidak mau punya rumah mewah, berlibur keluar negeri dan memiliki mobil sport impian? Sikap realistis dan semangat kerja keras tentu membuat kita bisa mencapai impian tersebut.

Akan tetapi ada pula orang yang memilih jalan pintas untuk menikmati kehidupan mewah dengan cara yang instan. Meminjam uang dari orang lain sering menjadi solusi bagi orang-orang yang tidak realistis untuk hidup senang dan mewah di tengah keterbatasan pemasukan.

3. Senang Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Membeli barang-barang mewah yang kurang dibutuhkan memang bisa memanfaatkan penggunaan kartu kredit. Rasanya mungkin sah-sah saja bila kita selalu bisa melunasi tagihan kartu kredit setiap bulan. Akan tetapi kebiasaan membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan malah bisa membuat seseorang menjadi terbiasa berhutang bahkan terjerat dalam kondisi hutang yang tidak mampu dilunasi.

Oleh sebab itu, kebiasaan membeli barang yang tidak dibutuhkan harus mulai diminimalkan sehingga bisa terhindar dari gaya hidup hedonisme.




4. Tidak Memiliki Cadangan Tabungan

Orang yang tidak memiliki cadangan tabungan juga menjadi orang yang mudah berhutang pada orang lain. Dalam situasi darurat, setidaknya cadangan tabungan yang dimiliki bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup selama beberapa waktu. Selain bisa menjadi cadangan kebutuhan saat sedang mengalami kesulitan, sejumlah kondisi darurat lainnya seperti perawatan rumah sakit, kecelakaan atau musibah juga bisa ditangani bila memiliki cadangan tabungan.

Menyisihkan pendapatan secara rutin dan disiplin menjadi langkah yang tepat untuk tidak berhutang pada orang lain di kemudian hari.

Baca juga: Bermain Monopoli Ternyata Mengajarkan Banyak Hal Tentang Pengelolaan Keuangan

5. Tidak Memiliki Rincian Anggaran

Memiliki rincian anggaran pendapatan dan pengeluaran akan membantu kita memproyeksikan setiap kebutuhan dan kewajiban yang harus kita bayarkan setiap minggu atau setiap bulan. Dari hasil perincian tersebut, kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk membenahi kondisi keuangan dengan memangkas anggaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Menyusun rincian anggaran juga akan mendorong kita untuk lebih giat berhemat dan menyisihkan pendapatan untuk dialokasikan pada hal-hal penting lainnya. Jadi, dalam menjalankan kehidupan kita harus cermat mengatur pendapatan dan pengeluaran secara teratur.

Mengenal 5 tipe orang yang mudah berhutang tentu menjadi bahan pelajaran yang berharga bagi kehidupan kita. Jalani hidup secara bersahaja tanpa terpengaruh dengan gaya hidup mewah orang lain. Sehingga kita memiliki kesempatan untuk menabung dan memperbaiki taraf hidup di masa depan.

Apakah Anda punya kenalan yang suka meminjam uang dari Anda? Atau, mungkin Anda sendiri yang sering meminjam uang dari orang lain untuk memenuhi gaya hidup yang glamour? Berhati-hatilah karena masalah #keuangan sangat mungkin terjadi karena sering meminjamkan uang pada orang lain, dan masalah juga akan terjadi bila Anda sering meminjam uang pada orang lain.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud