Mengatur Sendiri Pin BlackBerry Dgn Fitur “PIN BBM Pilihanmu”

Mengatur Sendiri Pin BlackBerry Dgn Fitur “PIN BBM Pilihanmu”

Pin-BlackBerry-Dengan-Fitur-BBM-Pilihanmu-01

Semua pengguna smartphone pasti sudah kenal BlackBerry Messenger. Sebuah platform instant messaging yang sangat populer pada periode millenium kedua ini terus bergerak dengan mengeluarkan berbagai pembaharuan dan inovasi. Meski kini sudah membiarkan aplikasinya mucul diberbagai platform smartphone, namun ternyata mereka masih saja terus berusaha mengembangkan produknya.

Setelah sebelumnya mereka mengeluarkan fitur untuk dukungan Android Wear, password protection dan fitur berlangganan tanpa iklan, kini aplikasi yang bermarkas di Waterloo, Kanada ini kembali mengeluarkan fitur terbarunya. Fitur yang kemudian diberi nama “PIN BBM Pilihanmu” ini akan membuat penggunanya mampu memilih dan mengatur pin #BlackBerry miliknya dengan sesuka hati.

Lalu sepertia apakah dan bagaimanakah fitur terbaru yang bernama “PIN BBM Pilihanmu ini”? Berikut ulasannya.

Apa Yang Didapat Dari Fitur “PIN BBM Pilihanmu”?

Seperti disinggung sedikit sebelumnya bahwa dengan fitur “BBM Pilihanmu” ini pengguna akan dapat dengan leluasa melakukan kostumisasi atau pengaturan bebas terhadap pin yang akan digunakannya. Pin Blackberry Messenger yang bisa diatur ini sendiri terdiri dari 6-8 digit alfanumerik. Dengan Pembaruan fitur  ini pengguna akan memiliki kontrol lebih luas untuk melakukan personalisasi dan menikmati pengalaman lain menggunakan BBM.

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Aplikasi BBM untuk Keperluan Bisnis Anda

Berbayar dan Upaya Monetisasi

Sayangnya untuk menikmati layanan dari fitur “BBM Pilihanmu” ini pengguna harus siap mengeluarkan dana sebesar US$1,99  atau sekitar Rp25 ribu per bulannya. Layanan berbayar ini masih akan diselingi iklan pada setiap waktunya. Jika Anda tidak ingin ‘terusik’ dengan iklan maka pengguna diharuskan menambah biaya US$0.99 atau sekitar Rp 7 ribu per bulannya. Jika Anda tertarik, fitur “BBM Pilihanmu” ini bisa dibeli langsung dari BBM Shop.

Harus diakui bahwa kehadiran “BBM Pilihanmu” ini adalah upaya monetisasi (mendapatakan penghasilan) yang dilakukan pihak BlackBerry. Setelah gagal dalam memonetisasi sticker, pihak BlackBerry memang terus mencari cara agar ia bisa mendapatkan pemasukan. Maka tercetusah ide menjual kode pin yang bisa dikostumisasi sendiri oleh penggunanya. Pin Blackberry yang terdiri dari berbagai angka dan huruf ini memang menjadi keunikan tersendiri yang membedakannya dengan instan messaging lainnya.

Dengan mengutak-atik pin ini, pengguna bisa mendapatkan pin cantik yang mudah dihafal dan diingat saat bertukar kode pin dengan sesama. Inilah keutamaan dan kelebihan dari BlackBerry yang kemudian dimonetisasi atau diperjualbelikan oleh pihak BalckBerry untuk memperoleh pendapatan.

Menyasar Semua Kalangan

Sebelum pin BBM ini dimonetisasi dalam bentuk fitur “BBM Pilihanmu”, pihak BlackBerry menjual pin secara khusus kepada siapa saja yang mau membelinya dengan harga yang berlipat-lipat, bahkan melebihi harga dari perangkat smartphone-nya sendiri.

Dengan metode ini yang mampu membeli hanyalah kalangan eksklusif. Seiring diluncurkannya fitur “PIN BBM Pilihanmu”, maka saat ini semua kalangan bisa menikmati layanan kostumisasi pin BBM dengan harga yang cukup terjangkau.

Artikel lain: Untung Rugi Jualan Online Via BBM (BlackBerry Messenger)

Cara Mendapatkan Layanan Fitur “BBM Pilihanmu”

Lalu bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan layanan fitur “BBM Pilihanmu” ini? Jika Anda benar-benar tertarik, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memperoleh layanan fitur tersebut.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan upgradeBBM ke versi terbaru. Update atau upgrade software ini bisa Anda lakukan di App Store, Play Store, maupun Blackberry World, sesuai platform smartphone Anda.
  1. Sesudah Anda melakukan upgrade BBM ke versi yang terbaru, langka berikutnya yang harus dilakukan pengguna adalah membeli fitursubscription di BBM Shop. BBM shop ini umumnya ada di bagian bawah menu BBM. Dengan satu catatan yang telah disebutkan sebelumnya bahwa layanan dalam fitur ini tidak gratis alias berbayar dengan nominal US$1,99  atau sekitar Rp25 ribu per bulannya.
  1. Setelah pengguna berlangganansubscription lewat BBM shop, pengguna dapat memilih menu custom PIN yang ada di tab subscription.
  1. Dengan melakukan ketiga hal diatas, pengguna sudah bisa mengatur PIN BBM-nya sesuka hati lewat menu custom PIN tersebut. PIN BBM sendiri terdiri dari enam sampai delapan karakter yang terdiri dari angka dan huruf. Satu catatan saat menyusun PIN, pengguna tidak bisa memakai simbol sebagai bagian dari PIN tersebut.

1 KOMENTAR

  1. Makasih gan, pin BB ane sekarang sama dengan nama website ane gan, terimakasih ya

Tinggalkan Balasan