Mengandung Resiko Berbahaya, Hindari 6 Pose Anak Berikut Ini untuk Diunggah ke Media Sosial

bahaya media sosial pada anak

Image dari Thechildwhisperer.com

Saat ini media sosial memang sudah menjadi fenomena luar bisa yang sangat mewabah dan menjangkini semua lini kehidupan manusia. Dengan segala fitur yang ditawarkan setiap manusia seperti tersihir dengan apa yang ada pada media sosial. Efek media sosial yang semakin tahun semakin nyata ini ternyata telah mendapatkan perhatian yang serius dari para ahli sosial.

Menurut mereka selain membawa kebermanfaatan, namun dibeberapa sisi media sosial ternyata juga dianggap bisa membawa kemalangan. Memang apa bentuk kemalangan yang bisa muncul dari media sosial tersebut? Tentu saja sudah banyak bentuk dari kemalangan tersebut. Dan salah satu wujud kemalangan yang bisa muncul pada media sosial itu adalah penculikan atau tidak kekerasan pada anak yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Artikel lain: 5 Tips Aman Akses Internet Dan Media Sosial Bagi Anak

Saat ini memang para orang tua sudah sangat akrab dengan kegiatan memfoto anak dan mengupload-nya ke media sosial. Padahal jika mereka tahu, sebenarnya kegiatan ini sangatlah berbahaya untuk dilakukan. Apa lagi jika mereka tidak mengetahui bahwa pose dari foto anak yang diunggahnya menyimpan potensi yang sangat berbahaya. Lalu apa saja pose dari foto anak yang sebenarnya berbahaya dan sebaiknya tidak diunggah ke media sosial ini? Berikut ulasannya.

1. Pose Foto Bersama Anak Orang Lain

Pose anak yang pertama yang sebaiknya dihindari untuk diunggah ke media sosial adalah pose foto bersama anak orang lain. Memang dimomen-momen tertentu Anda sebagai orang tua akan sangat suka untuk memfoto anak Anda yang sedang bermain-main dengan teman-teman sebayanya. Anda sebenarnya sah-sah saja untuk memfoto mereka.




Namun alangkah baiknya foto ini Anda jadikan koleksi pribadi saja dan tidak menggunggahnya ke media sosial. Mengapa demikian? Sebab tidak semua orang tua bisa menerima kalau foto anaknya diunggah ke media sosial. Sebab kejahatan penculikan anak ini bisa saja terjadi akibat foto bersama ini. Penculik yang sebelumnya tidak mengetahui identitas anak yang ditarget jadi mengetahui setelah mengetahui dari teman-temannya.

Maka dari itu sebelum mengupoad foto anak Anda dengan pose bersama temannya alangkah baiknya Anda meminta izin terelebih dahulu pada orang tua anak yang berfoto dengan anak Anda.

2. Pose Foto Seragam dengan Lokasi Sekolah

Penculikan anak yang seringkali terjadi di halaman sekolah memang harus menjadi pemahaman bagi semua orang tua. Maka dari itu Anda para orangtua yang memiliki foto anak Anda dengan seragam sekolah sebaiknya hindari untuk menguplaod-nya ke media sosial. Jadikan saja koleksi pribadi tanpa harus diposting ke media sosial.

Potensi kejahatan penculikan dengan pose foto seragam sekolah apalagi deengan menyebut lokasi sekolah dan detil lainnya akan semakin membuat para penculik makin mudah menemukan keberadaan anak Anda.

3. Pose Foto Waktu Bepergian

Saat bepergian bersama seluruh keluarga memang akan menjadi salah satu momen terindah bagi Anda dan keluarga. Pada saat itu biasanya orang tua akan sangat gatal untuk mendokumentasikan kegiatan dan juga membaginya ke #media sosial. Memang dengan aktivitas ini keluarga Anda akan jadi eksis dan populer dimata teman-teman media sosial Anda.




Namun tahukah Anda bahwa peluang kejahatan penculikan anak juga bisa muncul dari sini. Mereka (para penculik) ini bisa jadi mengikuti kegiatan bepergian Anda dan mengawasi kegiatan anak Anda dan ketika Anda lengah bisa jadi anak Anda jadi korbannya. Maka dari itu berhati-hatilah saat akan mengupload foto kegiatan bepergian keluarga Anda apalagi dengan menuliskan lokasinya.

4. Pose Foto Waktu Mandi

Seperti kita tahu bahwa saat ini predator anak berkeliaran disekitar kita. Nah dari sinilah Anda jangan sekali-kali memancing diair yang keruh. Jika isu predator anak ini masih sangat gencar dan terus terjadi, maka Anda jangan sampai coba membuat kesempatan bagi mereka dengan memposting foto anak Anda sewaktu mandi. Dalam pose apapun meski itu keadaan semi telanjang, sesekali janan coba-coba melakukannya supaya anak Anda terhidar dari kejahatan predator anak.

Baca juga: Sering Lakukan Aktivitas Selfie? Waspadai 6 Bahayanya Berikut Ini

5. Pose Foto Momen Memalukan

Terakhir, pose foto anak yang seharusnya tidak diposting ke media sosial adalah foto dengan pose memalukan.Mengapa demikian? Sebab foto-foto dengan pose memalukan ini bisa membuat anak-anak Anda akan mengalami tindakan buly oleh teman-temannya sewaktu ia beranjak dewasa.

Maka daripada menggunggah foto-foto memalukan yang sebenarnya dan seharusnya juga memalukan Anda sebagai orang tua, sebaiknya Anda simpan saja sebagai koleksi pribadi di album foto Anda tanpa harus dibagi ke media sosial.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Ok, ini buat peringatan untuk yang suka unggah fofonya di medsos secara sembarangan. #berhati_hatilah

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud