Menerapkan Bunga Terlalu Berat, Startup UangTeman Berbahaya?

Image dari Uangteman.com

Image dari Uangteman.com

Perkembangan bisnis berbasis #startup teknologi saat ini memang berlangsung secara cepat. Dengan perkembangan tersebut, berbelanja online atau melakukan aktivitas lainnya jadi semakin mudah melalui internet. Bukan hanya memenuhi kebutuhan konsumsi, meminjam uang pun kini jadi makin mudah dengan kehadiran startup keuangan berbasis teknologi.

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai startup Uangteman. Kehadiran startup yang memfasilitasi keuangan tersebut nampaknya membuat kita jadi tak perlu kerepotan saat ingin meminjam uang. Kini tak hanya bisa meminjam uang dari teman atau kerabat, meminjam uang tanpa barang jaminan juga bisa dilakukan melalui startup seperti UangTeman.

Namun belum lama ini, kami mendapatkan masukan dari salah satu pembaca. Ia memberikan pandangan lain terhadap startup berkonsep pinjam online tersebut. Menurutnya biaya serta bunga pinjaman yang diterapkan Uangteman dirasa tidak wajar dan berlebihan.

Artikel lain: UangTeman.com ~ Platform Online Solusi Pinjaman Tanpa Agunan

Pun demikian dengan beberapa sumber media yang menyatakan adanya ketidak seimbangan prosentase bunga pinjaman yang diterapkan oleh Uangteman. Oleh karena itu kali ini mari kita ulik secara umum permasalahan tersebut.

Sekilas Tentang UangTeman

Baik UangTeman merupakan startup baru di bidang #keuangan yang menyediakan jasa peminjaman uang tanpa jaminan. Tak butuh waktu lama untuk meminjam uang startup ini. Cukup mengisi identitas diri secara lengkap pada situsnya, maka selanjutnya kita bisa segera menerima transferan dana yang kita pinjam.

Prosesnya yang sangat cepat dan praktis tentu saja membuat kita yang sibuk dan sedang butuh dana pinjaman jadi tertarik untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan startup tersebut. Tetapi ada hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk meminjam uang dari startup tersebut, yaitu kesanggupan kita untuk membayar pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang sudah kita buat sendiri.

Sebab jika kita lalai dalam mengembalikan pinjaman, akan ada denda dan biaya tambahan lainnya yang harus kita lunasi bersama dengan nilai pinjaman pokok.

Benarkah Uangteman, termasuk “Lintah Darat”?

Penetapan suku bunga yang relatif besar serta ketentuan waktu peminjaman yang cukup singkat membuat proses meminjam uang dari startup malah bisa menyulitkan kita. Salah satu contoh yang bisa kita amati adalah ketentuan peminjaman uang di UangTeman. Dengan nilai pinjaman maksimal 2 juta rupiah, batas waktu pengembalian berkisar antara 10 hingga 3 hari.

UangTeman menetapkan bunga sebesar 1% per hari sampai pada batas waktu pinjaman yang sudah ditentukan. Jadi andaikan kita meminjam uang sebesar 1 juta rupiah selama 30 hari, maka pada hari ketigapuluh kita harus mengembalikan uang sebesar Rp 1.333.333. Nilai ini bisa bertambah jika kita terlambat mengembalikan pinjaman hingga lewat dari batas waktu yang ditentukan.




Contoh lainnya juga bisa kita temukan pada prosedur peminjaman uang di startup lain yakni Tunaiku Amarbank. Startup yang tadinya bernama Tunaiku ini juga menetapkan prosedur pengembalian pinjaman uang yang tak kalah beratnya dengan UangTeman.com. Dengan penawaran suku bunga flat 3% setiap bulan, ada biaya lain yang akan dibebankan oleh pihak peminjam. Biaya tersebut antara lain adalah biaya administrasi sebesar Rp 540.000, biaya keterlambatan Rp 100.000, dan bunga keterlambatan sebesar 0.16 % per hari.

Menyikapi Kehadiran Startup Utang Online

Proses yang cepat dan praktis pasti membuat banyak orang menjadi tergugah untuk meminjam uang dari startup keuangan tersebut. Namun meskipun kecanggihan teknologi ini memudahkan kita dalam meminjam uang, mungkin sebaiknya kita memikirkan solusi lain sebelum menjatuhkan pilihan untuk meminjam uang pada layanan tersebut.

Bukannya kita tidak mendukung perkembangan startup tersebut di Indonesia, namun ketika ada kelalaian yang secara tak sengaja kita lakukan ketika meminjam uang, bukan tak mungkin kita bisa terkena masalah baru berupa nilai utang yang membengkak dan makin menyulitkan kita.

Tak perlu mengecam keberadaan startup keuangan, karena masing-masing orang bisa memutuskan sendiri manakah pilihan yang terbaik untuk kestabilan finansialnya. Yang harus kita lakukan adalah mengelola keuangan pribadi sebaik mungkin supaya nantinya kita tak perlu kerepotan mencari pinjaman uang ke sana kemari.

Baca juga: Pinjam.co.id ~ Solusi Kebutuhan Finansial Lewat Gadai Online

Namun di luar itu semua, tidak menutupi bahwa startup Uangteman memang mematok biaya yang terbilang tinggi secara kumulatif. Jadi sekarang pilihan ada di tangan rekan-rekan sendiri. Paling tidak semuanya telah dibuka secara terang-terangan.

Inovasi di bidang teknologi dan keuangan memang menjadi sesuatu yang amat baik. Tetapi hendaknya kita selalu bijaksana dalam menyikapi inovasi tersebut. Bila inovasi baru itu bisa membantu mempermudah kehidupan dan memenuhi kebutuhan kita, maka kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Untuk mendukung hal tersebut, mencermati prosedur yang ditetapkan oleh startup harus selalu kita lakukan dengan seksama agar tak merasa rugi di kemudian hari.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau ada yang mau benar membantu, bisa dibuat web ponjaman bantuan yg spt ini dgn syarat spt dibawah ini
    1. Nominal 2 jt dan 5 jt
    2. Waktu pemgembalian 1 bulan
    3. Nilai pengembalian minimal sebesar nominal pinjaman, Bila berkenan boleh dilebihkan berapa saja sesuai dengan keikhlasan dan keinginan (tidak wajib)
    4. Bila tidak dikembalikan dalam waktu 2 bulan, bersedia untuk nama, alamat, no rekening peminjam dipublikasikan di forum diini dan dimasukkan dalam daftar personal yang tidak kredibel.
    5. Peminjam harus mengirimkan scan ktp dan scan buku rekening bank yang kerahasiaannya dijamin oleh admin web

  2. CEO nya muslim, tapi tidak paham akan aqidah Islam.
    Jika Anda ingin mengajukan kredit hendaklah yang bersifat syariah dan sesuai dgn ketentuan UU yg berlaku, Insya Allah berkah. karena di “Uangteman” ini sangat jelas merupakan perusahaan renten yang melanggar peraturan baik secara hukum maupun agama, perusahaan ini juga tidak memiliki izin dari OJK serta berkedok teknologi. Semua berkas/bukti sudah ada di OJK, Polda, beberapa LSM serta instansi terkait, setelah ini siap untuk diproses pembekuan operasional dan dicekal CEO nya! Mohon support / bantuan dari segala aspek masyarakat untuk membersihkan segala praktek riba seperti ini.

    Banyak pihak, baik individu maupun LSM yang sudah mengecam melalui medsos maupun langsung di fanspagenya. Namun langsung di blok akunnya dan di delete postingannya oleh para rentenir berdasi tersebut.

    http://howmoneyindonesia.com/2015/07/25/ojk-uangteman-com-itu-tidak-berizin/

    http://u.msn.com/id-id/ekonomi/ekonomi/ojk-hati-hati-tawaran-utang-dari-uangtemancom/ar-AAdrgHD

    http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/07/25/150509/ojk-uangteman-com-rentenir-berkedok-teknologi

    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/07/24/205124426/OJK.Minta.Masyarakat.Tak.Tergiur.Uangteman.com

    http://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-minta-waspadai-tawaran-uangteman

    http://www.mediajurnal.com/ojk-sebut-uangteman-com-adalah-rentenir-yang-mamakai-teknologi-6526/

    http://bisnis.liputan6.com/read/2278996/ojk-hati-hati-tawaran-utang-dari-uangtemancom#_=_

    http://selular.id/news/startup/2015/07/patok-suku-bunga-tinggi-uangteman-ogah-dicap-rentenir/

    • Terimakasih atas informasi tambahannya pak Michael. Semoga praktek rentenir dan merugikan masyarakat bisa segera ditindak. Tapi yang saya bingung, kenapa baru sekarang yang terekspos? Pasti sebelum-sebelumnya sudah pernah ada orang yang menggunakan jasa mereka, dan merasa dirugikan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud