Menelisik Konsep Rumah Pintar (Smart Home) ala Samsung, Seperti Apa Itu?

Smart Home Samsung

Image dari Thetimeahead.com

Bila Anda adalah orang yang suka mengikuti perkembangan teknologi, tentu Anda akan mengetahui bahwa kini ada teknologi rumah pintar (smart home). Ya, perkembangan teknologi saat ini memang begitu pesat. Bukan hanya berlaku pada bidang telekomunikasi saja sebab saat ini #teknologi juga merambah pada bidang-bidang lain termasuk bidang papan (tempat tinggal). Dengan teknologi maka kini lahirlah konsep rumah pintar (smart home).

Rumah pintar (smart home) sendiri terdiri dari beberapa perangkat multifungsi yang terkoneksi dengan pemilik rumah. Penggunaan rumah pintar sendiri saat ini sudah secara meluas secara global. Dan salah satu penyedia jasa rumah pintar adalah Samsung. Lalu seperti apakah konsep rumah pintar (smart home) dari Samsung ini? Berikut ulasannya.

Rumah Biasa dengan Perangkat Cerdas di Dalamnya

Menurut Director Smart Appliances, Digital Appliances Business Samsung Electronics, Yoon Ho Choi, konsep smart home dari Samsung pada dasarnya adalah rumah biasa. Tapi karena pada komponen rumah tersebut dilengkapi beberapa perangkat-perangkat teknologi yang cerdas dan terhubung menjadi satu maka rumah yang biasa ini bisa disebut rumah pintar.

Lebih lanjut Yoon Ho Choi menyatakan, keberadaan perangkat di dalam smart home tidak lain untuk menciptakan cara berkomunikasi yang baik guna saling mendekatkan para anggota keluarga yang bernaung di bawah satu atap.

Artikel lain: 5 Aplikasi Ini Pastikan Rumah Anda Tetap Aman Selama Mudik Lebaran

Seperti contoh Familiy Hub Refrigerator akan bisa memastikan buah-buahan dan sayuran di dalam kulkas tetap segar dengan hanya melakukan dan memantaunya lewat ponsel. Jika bisa membuat semboyan maka Smart home ini akan berslogan ‘travelling with your home’ yang akan membuat terkoneksi yang menyenangkan dengan rumah.

Memastikan Konektivitas dan Gaya Hidup Seseorang

Dalam Samsung Forum 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (2/2/2016) kemarin, Choi menyatakan bahwa setiap orang pastinya memiliki gaya hidup tersendiri dalam kehidupannya. Selain itu dalam kehidupannya ini mereka selalu ingin semua hal di dalamnya saling terhubung.

Nah dengan smart home Samsung inilah menurut Choi apa yang diinginkan oleh manusia untuk bisa saling terhubung (terkoneksi) untuk disesuaikannya dengan gaya hidup mereka. Dan dari sinilah maka smart home Samsung juga akan memastikan antara konektivitas dan gaya seseorang berjalan secara beriringan.

Smart Home Samsung Memiliki 4 Lapisan Keamanan 

Meski teknologi smart home masih tergolong baru, namun karena yang menjalankan komponen-komponen pintar rumah ini adalah sebuah sistem operasi maka hal ini membuat smart home tak  luput dari celah untuk diserang hacker. Menurut Choi rentannya komponen smart home terserang hacker makin beresiko karena adanya sistem berjejaring dari smart home yang terkoneksi satu dengan yang lainnya. Inilah yang kemudian menjadi fokus dari Samsung. Untuk mengatasi masalah ini pihak Samsung sangat memperhatikan betul antara privasi dan keamanan.

Menurut Choi dalam smart home ini setidaknya akan ada empat lapisan yang merupakan inti dari sistem keamanannya. Sayangnya empat lapisan keamanan ini enggan disebutkan Choi pada forum tersebut. Namun menurut Choi empat lapisan keamanan dalam teknologi smart home Samsung ini diklaim dapat terjamin keamanannya. Lebih lanjut Choi menyatakan bahwa di tahun 2016 ini memang makin banyak perangkat yang berbasis IoT (Internet of Things), namun di tahun sesudahnya ia yakin akan muncul banyak security solution di pasar.




Baca juga: 10 Gadget Canggih ini Mampu Meningkatkan Produktivitas Penggunanya

Perkembangan Smart Home di Indonesia

Dalam keterangan lebih lanjut, Choi menyatakan bahwa setiap negara termasuk Indonesia mempunyai kriteria tersendiri untuk smart home. Dan konsep terbaik smart home yang sebaiknya di terapkan untuk di Indonesia menurut Choi adalah yang menekankan pada aspek keluarga. Mengapa aspek keluarga? Sebab menurutnya Indonesia yang masih kuat adat dan norma kekeluargaannya akan membuat hubungan Anda dan keluarga akan selalu terkoneksi satu sama lain.

Meski sudah memiliki pandangan yang pas tentang konsep smart home di Indonesia, menurut Choi smart home di Indonesia masih memiliki beberapa hambatan. Sebut saja jaringan internet yang kuat. Nah dari sinilah Samsung menawarkan konsep smart home yang tidak hanya berbekal sebatas konektivitas jaringan belaka. Namun lebih dari itu smart home Samsung akan membuat teknologi koneksi keluarga menjadi lebih mudah.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah keren tuh, semoga konsep smart home ala samsung di indonesia bisa bener2 terwujud tanpa hambatan walau emang nggak bisa dipungkiri koneksi internet indo yang masih blum baik :( Infonya bermanfaat gan, thanks.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud