Mendulang Dollar dari Google Adsense, Terlihat Menggiurkan Tapi

Mendulang Dollar dari Google Adsense

Sekarang ini ada banyak sekali cara berbisnis online, bahkan ada bisnis internet yang nyaris tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Salah satu metode make money online yang saat ini sangat populer di kalangan blogger dan pebisnis online lainnya adalah Google Adsense.

Bagi rekan-rekan yang masih asing dengan model bisnis online yang satu ini, mungkin Anda bingung dari mana uangnya. Kebingungan Anda adalah hal yang wajar karena belum tahu sama sekali tentang bisnis ini. Ada beberapa teman saya yang juga seperti Anda beberapa kali bertanya, “Duitnya dapat dari mana sih, siapa yang ngasih duitnya? Masa nulis-nulis gitu doang bisa dapet uang. Kalau nulis artikel gitu, Gue juga bisa keles”

Menghasilkan uang dari internet itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi juga tidak sesulit membuat pesawat jet. Sama halnya dengan bisnis lainnya, bisnis online juga butuh proses yang tidak sebentar. Walaupun menghasilkan uang dari Google Adsense terlihat sangat menggiurkan, para pemula harus tahu bahwa dibutuhkan ketekunan untuk belajar dan praktek secara terus-menerus agar bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

Artikel ini adalah respon kepada beberapa pembaca Maxmanroe.com yang bertanya via email tentang Google Adsense.

Berikut ulasan singkatnya

Apa Itu Google Adsense?

Tak kenal maka tak tahu hehehe.

Pertama, kita harus tahu dulu apa itu Google Adsense. Bagi mereka yang bergelut di dunia internet marketing pasti tidak asing dengan Google Adsense. Tapi untuk para pemula pasti masih belum mengerti tentang program penghasil uang secara online yang satu ini.




Google Adsense merupakan jaringan periklanan yang dimiliki oleh perusahaan raksasa, Google. Untuk bisa bergabung menjadi publisher Google Adsense, kita harus punya blog/ website atau video di YouTube. Lalu kita mendaftarkan blog/ website ke Google Adsense, bila disetujui maka Anda bisa menerapkan iklan Google di blog/ website Anda.

Baca: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube, Baca Bila Perlu

Kita memasang sebuah script iklan Google Adsense di sebuah blog/ website yang kita kelola. Setiap kali ada klik pada iklan tersebut, maka kita akan mendapatkan bayaran atau komisi.

Besarnya pendapatan publisher berdasarkan jumlah klik iklan dan juga berdasarkan budget si pengiklan yang masuk dalam jaringan periklanan Google. Jadi Anda akan dibayar dari banyaknya klik iklan yang masuk ke website Anda. Tapi Anda DILARANG melakukan klik sendiri pada iklan di blog Anda. Selain penghasilan dari klik, jumlah tayangan iklan juga akan menyumbang penghasilan tapi biasanya kecil.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa untuk mendapatkan uang dari Google Adsense ini adalah hal mudah. Tapi kenyataannya cukup sulit lho, terutama jika Anda memulai dari nol. Anda harus membangun website, menciptakan konten yang menarik dan tidak melanggar TOS Google, mempromosikan blog tersebut hingga memiliki trafik yang tinggi. Prosesnya cukup panjang.

Semakin banyak trafik blog Anda, maka akan semakin besar potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari Google Adsense. Jadi, ini permainan yang cukup sulit, apalagi jika Anda bekerja membangun blog seorang diri dan kurang pengalaman.

Memulai Bisnis dan Mendulang $ dari Google Adsense

Mempelajari tentang Google Adsense bisa dilakukan secara otodidak atau belajar ke para praktisi yang sudah berpengalaman. Untuk memulai bisnis ini, tentunya Anda harus paham tentang Google Adsense. Anda harus tahu bagaimana membuat blog, bagaimana cara agar website Anda banyak visitor dan mendapatkan klik iklan oleh pengunjung.




Untuk memulai bisnis ini yang paling penting adalah fokus, fokus, fokus, fokus, dan fokus. Pertama kali membangun bisnis ini PASTI akan terasa sulit, belum ada penghasilan yang Anda dapatkan selama berbulan-bulan. Apalagi jika blog Anda masih sepi pengunjung.

#1. Membangun blog/ website

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun blog/ website terlebih dahulu. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat blog, tapi kebanyakan publisher Google Adsense menggunakan platform WordPress dan Blogger untuk membuat blog/ website.

Ciptakanlan banyak artikel yang menarik dan bermanfaat secara rutin, sehingga blog Anda memiliki konten yang nantinya dibaca oleh visitor. Blog yang banyak konten biasanya akan lebih menghasilkan ketimbang dengan blog yang sedikit konten.

Konten adalah ‘nyawa’ dari sebuah blog/ website yang dimonetize dengan Google Adsense. Ini harus Anda ketahui sejak awal.

#2. Meningkatkan trafik blog

Ada banyak cara untuk mendapatkan trafik, dan bagi para pemain Google Adsense, trafik terbaik itu menurut saya adalah dari Search Engine. Mau tidak mau Anda harus belajar SEO (Search Engine Optimization) agar konten Anda bisa berada pada halaman utama pencarian Google sehingga mendapatkan banyak trafik.

Kenapa harus SEO?

Saya tidak anti dengan sumber trafik lain, itu sebabnya saya juga mencari trafik dari media sosial (Facebook, Twitter, Google+). Tapi biasanya trafik dari search engine itu nilai KLIK iklannya dihargai lebih mahal ketimbang klik iklan dari trafik media sosial. Ini sudah sering saya lakukan uji coba.

Akan lebih baik lagi bila Anda ingin menggunakan kedua sumber trafik tersebut, hasilnya akan lebih bagus.

#3. Mendaftarkan blog ke Google Adsense

Ketika website sudah mulai banyak pengunjung, barulah didaftarkan Google Adsense. Pada saat mendaftar pun belum tentu langsung di terima, biasanya karena konten tidak memadai atau melanggar TOS Google Adsense. Ada banyak orang yang berkali-kali melakukan pendaftaran, tapi tidak diterima dan akhirnya frustasi.

Ketika Anda sudah berhasil diterima menjadi publisher Google Adsense pun, belum tentu bisa langsung mendapatkan uang. Anda harus meningkatkan pengunjung website. Akan lebih bagus, jika ada orang yang pasang iklan di website anda. ini akan membantu mendapatkan penghasilan tambahan yang lebih besar.

Jadi kalau mau mendapatkan uang dari Google Adsense, Anda tidak bisa setengah-setengah. Harus dilakukan sepenuh hati dan telaten. Jika pengunjung blog Anda sudah stabil, Anda tinggal menikmati hasilnya saja dan lebih mudah mengatur bisnis atau melakukan berbagai optimasi lainnya.

Tips Blogging untuk Mendapatkan $$$$ dari Google Adsense

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk memulai bisnis google adsense, Anda harus membangun website terlebih dahulu. Lakukan berbagai upaya agar blog/ website tersebut memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Bagaimana caranya?

Cara yang rutin saya lakukan untuk mendapatkan trafik adalah dengan memakai teknik SEO (search engine optimazion), dan juga promosi di media sosial, khususnya Facebook Ads. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara meningkatkan trafik website yang bisa dilakukan

  • Ciptakan artikel yang enak dibaca dan SEO friendly

Anda harus rutin membuat artikel yang enak dibaca dan memperhatikan sisi SEO. Tanpa adanya artikel atau sedikit konten maka website Anda akan sia-sia, tidak akan ada pengunjung yang betah.

Sebelum membuat website, tentunya Anda harus menentukan tema apa yang akan Anda buat. Bisa website fashion, motivasi, kedokteran dan lainnya. Dengan menentukan tema sejak awal akan memudahkan proses pembuatan artikel.

Setiap kali membuat artikel, sangat disarankan untuk memperhatikan kata kunci yang ingin diangkat di dalam artikel tersebut. Kata kunci inilah yang nantinya bisa mendatangkan trafik berulang dari mesin pencari. Untuk topik tentang SEO, Anda harus membaca artikel lain yang lebih lengkap.

  • Promosi di Media Sosial

Percaya atau tidak, media sosial sekarang ini sudah menjadi sumber trafik yang sangat potensial. Kebanyakan orang yang tidak mengerti tentang SEO akan memanfaatkan media sosial sebagai sumber trafik mereka, khususnya trafik dari Facebook.

Selain itu, ada banyak topik yang memang tidak cocok atau kurang efektif menggunakan SEO sehingga akan lebih baik menggunakan media sosial. Untuk mendapatkan trafik dari media sosial pun ada cara tersendiri, baik itu cara gratisan ataupun cara berbayar. Tapi kebanyakan pemain Adsense yang menggunakan media sosial sebagai sumber trafik biasanya akan memakai cara berbayar, istilah bekennya Facebook to Adsense.

Cara ini sebenarnya bagus, tapi ada kekurangannya. Ketika kita sudah tidak beriklan di Facebook, maka trafik akan menurun drastis. Tidak seperti cara SEO, topik umum yang evergreen akan terus mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari Google.

Kalau Anda punya resource yang memadai, maka Anda bisa kombinasikan cara SEO dan Media Sosial sebagai sumber trafik. Tujuannya agar blog Anda mendapat trafik cepat dari media sosial dan juga mendapat trafik long term dari search engine.

  • Kecepatan Loading Blog

Kecepatan loading juga salah satu faktor penentu kesuksesan bermain Google Adsense. Blog yang loadingnya lambat cenderung ditinggalkan oleh visitor sebelum kontennya dimuat sempurna. Anda rugi dong kalo hal ini sering terjadi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan loading lambat, tapi yang paling sering adalah karena kualitas hosting blog yang jelek dan template blog yang berat. Bila Anda menggunakan platform Blogger, maka Anda cukup fokus memperhatikan kualitas theme blog Anda. Tapi bila Anda pengguna WordPress self hosting, maka Anda harus memperhatikan kualitas hosting, theme, dan juga plugin di WordPress Anda.

Gunakan template blog yang loadingnya ringan dan strukturnya SEO friendly dengan tampilan yang sederhana dan bisa dibuka via mobile. Tak perlu memakai template blog yang terlalu ramai dan menu navigasi yang rumit karena akan membuat visitor terganggu.

  • Pilih Domain TLD (Top Level Domain)

Sebenarnya kita boleh saja menggunakan subdomain Blogger, misalnya Gooads.blogspot.com. Tapi ini ada kekurangannya lho. Sekarang ini blog yang menggunakan subdomain kurang dipercaya oleh pengguna internet. Alasannya karena belakangan ini banyak situs berita HOAX juga penipuan online memanfaatkan platform Blogger.

Menurut informasi dari beberapa teman blogger, KATANYA klik iklan pada blog yang menggunakan subdomain blogger nilainya lebih kecil ketimbang klik di blog dengan menggunakan Top Level Domain, misalnya Gooads.com. Untuk informasi ini sebenarnya belum bisa saya konfirmasi karena belum pernah menggunakan subdomain Blogger untuk blog saya. Tapi ini bisa jadi bahan pertimbangan ya.

Selain itu, kelebihan menggunakan TLD untuk blog adalah kemudahan untuk branding. Apa tujuan branding? Sederhananya branding bertujuan agar visitor mudah mengingat blog Anda. Bila visitor sudah familiar dengan blog Anda, mereka tidak perlu lagi searching di Google untuk topik yang Anda bahas. Cukup mengetikkan nama domain Anda di browser mereka.

Lagian, harga domain sekarang ini tidak mahal lho. Bila Anda membelinya dari registrar lokal, biasanya harga domain berada di kisaran Rp100 ribu – Rp130ribu per tahun. Bila tidak ingin pengeluaran untuk hosting, maka Anda bisa memakai Blogger dan meng-custom subdomain Anda menggunakan TLD (topik ini akan dibahas lain waktu)

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet yang Terbukti Menghasilkan

Kesimpulan:

Berbisnis online menjadi publisher Google Adsense memang terlihat menggiurkan. Terkesan mudah, murah, dan untungnya berlipat-lipat. Faktanya, menjadi publisher Google Adsense yang sukses itu butuh proses yang panjang dan tidak mudah mas bro sis. Bahkan untuk topik tertentu yang ingin Anda jadikan topik utama blog Anda bisa jadi sudah dikuasai oleh para blogger kelas kakap atau hiu.

Jadi, sekarang apakah Anda masih tergiur ingin menjadi publisher Google Adsense?



10 total comments on this postSubmit yours
  1. Om Max…
    Butuh pencerahan nih. Traffik blog saya udah stabil antara 2000-2600 perhari.

    Tapi kenapa ya penghasilan adsense saya masi kecil antara 1rb-2rb.
    paling tinggi 5ribuan aja. atau ada beberapa hal yang belum saya pahami mengenai adsense?

    • Mas Aang perlu mengetahui beberapa hal:

      1. Perhatikan CPC klik iklan di blog mu
      2. Perhatikan CTR iklan

      Trafik tidak selalu menghasilkan earning yang diharapkan. Sabar, tetap aja menambah jumlah artikelnya

  2. Om Max, Butuh pencerahan dari Om Max.

    Kemaren saya tanya sama om Max tentang blog design grafis saya. Dan sekarang alhamdulillah sekarang traffik udah 1000/hari +

    Kira2 pengunjung 1000/hari+ sudah bisa belum daftar adsense? Butuh pencerahan om Max

  3. Terkadang hasil yang kita peroleh belum maksimal sebelum pengunjungnya maksimal om yaaa. Hal ini khusus dirasakan oleh pemain blog adsense.

    • Ga ada rahasia untuk dapat penghasilan yang lebih besar, faktor penentunya;
      1. Konten yang berkualitas dan jumlahnya banyak
      2. Topik yang dibahas di blog banyak dicari orang di internet
      3. Punya banyak trafik dari berbagai sumber

      Sebenarnya berhasil menerapkan 3 hal itu aja udah bisa dapat banyak $ dari Google Adsense.

  4. Tapi kalau misalnya kita mendatangkan traffic dari facebook. Itu tidak akan berpengaruh ke adsensenya?? Misalnya invalid clik

    • Invalid click itu kan klik karena accident, misalnya orang baru buka web langsung ada klik. Itu dianggap invalid. Trafik dari Facebook itu ngga melulu bikin invalid klik, tapi karena memang kebiasaan para pemain PPC yang memasang iklan LEBAY di blog mereka.

      Contohnya, saya pernah buka halaman web via smartphone…eh tau-tau ada muncul iklan Adsense melayang di tampilan pertama. Orang yang tidak ngerti pasti langsung klik iklannya, nah ini yang disebut invalid klik.

      Kalau mau main Facebook ads to Adsense, sebaiknya iklan yang dipasang jangan berlebihan. Pasang sewajarnya saja.

  5. Masih harus belajar banyak tentang Google Adsense, belum berani daftar karena blog masih minim konten dan pengunjung nih…tengah berusaha hehehe…semoga accepted. Makasih infonya gan…sangat membantu ni..

    • Perasaan blognya abang muh-amin.com udah lama deh, saya dulu pernah beberapa kali buka blog itu. Kalo ga salah tahun 2011an lah. Masalahnya mungkin di trafik yang masih kurang bang, mesti ada konten-konten yang topiknya banyak dicari orang di Google.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud