Beranda General Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19)

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19)

Lakukan 5 hal ini mencegah virus corona

Seperti kita ketahui, pandemi Virus Corona Covid-19 telah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Ketika artikel ini dibuat (2 April 2020), total pasien yang terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.667 orang.

Dari total angka tersebut, 103 pasien dinyatakan telah sembuh dan 157 orang pasien meninggal dunia. Angka tersebut menunjukkan bahwa penyebaran virus ini di Indonesia sangat cepat dengan angka kematian yang cukup tinggi.

Lalu, bagaimana cara mencegah penyebaran Covid-19?

Sebelumnya World Health Organization (WHO) telah memberikan himbauan dan informasi cara mencegah penyebaran virus Corona (Covid-10). Dan hari ini Google mengingatkan kita kembali melalui halaman utamanya tentang beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

5 Tips Mencegah Penyebaran Covid-19

Virus Corona Covid-19 dapat menyebar dengan cepat melalui cairan yang keluar dari tubuh seseorang, misalnya ketika batuk dan bersin. Berikut ini adalah 5 hal yang harus kita lakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus tersebut:

1. Mencuci Tangan Lebih Sering

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol disebutkan dapat membunuh virus yang menempel pada telapak tangan.

Pastikan kamu mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan durasi setidaknya 20 detik agar lebih bersih.

2. Physical Distancing

Physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain merupakan cara yang sangat efektif untuk mencegah tertular Covid-19. Jarak dengan orang lain setidaknya 1 meter atau lebih untuk mencegah terjadi kontak tubuh tak disengaja atau terpercik cairan dari orang lain ketika mereka bersin atau batuk.

3. Hindari Menyentuh Mulut, Hidung, dan Mata

Virus dapat berpindah ketika kita menyentuh benda tertentu, misalnya ketika seseorang yang terjangkit virus bersin dan mengenai dinding atau handle pintu.

Tangan kita bisa saja menyentuh permukaan benda yang terdapat virus. Ketika tangan telah terkontaminasi, secara tidak disengaja virus berpindah ke mata, mulut, atau hidung, ketika kita mengusapnya.

Virus dapat masuk ketubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Jadi, sebaiknya hindari untuk menyentuh bagian tubuh tersebut sebelum mencuci tangan kamu.

4. Etika Ketika Batuk dan Bersin

Biasanya seseorang menggunakan tangannya untuk menutup mulut ketika batuk atau bersin. Di masa sekarang ini, sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan dengan tangan tanpa tisu.

Sebaiknya gunakan siku tangan untuk menutup mulut atau hidung ketika batuk atau bersin. Atau jika menggunakan telapak tangan, pastikan menggunakan tisu dan langsung dibuang setelah selesai digunakan.

Penyebaran virus dapat terjadi dengan cepat melalui tetesan bersin atau batuk. Jadi, dengan melakukan tips ini maka kita dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19.

5. Tetap di Rumah

Memang sebagian orang tidak bisa untuk tetap berada di rumah karena berbagai alasan. Namun, jika ingin memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, maka sangat penting bagi semua pihak untuk tetap berada di rumah.

Terutama bila kamu sedang kurang sehat. Dan jika mengalami gejala terinfeksi Covid-19, seperti batuk kering, demam, dan sulit bernafas, maka kamu wajib segera menghubungi pihak medis.

Penutup

Hingga hari ini, ada 937.170 orang di dunia yang telah terjangkit Covid-19. Amerika Serikat menjadi negara yang jumlah penduduknya paling banyak terjangkit virus Corona, yaitu 216.515.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, virus Corona Covid-19 dapat menyebar dengan cepat dari satu orang ke banyak orang lainnya melalui cairan yang keluar ketika batuk atau bersin.

Dengan melakukan 5 tips sederhana di atas, kita sudah membantu diri sendiri dan orang lain agar tidak terinfeksi Covid-19 atau virus-virus lainnya.

Ayo cegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan beberapa tips sederhana di atas!

Baca juga: Dampak Virus Corona Covid-19 Terhadap Ekonomi

2 KOMENTAR

  1. Makasih informasinya Kak, sangat membantu dan bermanfaat buat kami masyarakat yang suka keluyuran ini..

Tinggalkan Balasan