9 Tips Memulai Bisnis Travel Online Yang Sukses Dengan Modal Kecil

Bisnis Travel Online

Bisnis travel online via Google

Sekarang jamannya digital, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah berkat bantuan internet, termasuk bisnis travel. Mungkin Anda adalah salah satu pecinta traveling, pernah berpikir untuk mencoba menjalankan bisnis travel online? Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mereka yang menggeluti dan mencintai dunia traveling.

Kalau kita perhatikan, pengguna media sosial saat ini sering memposting kegiatan traveling yang mereka lakukan, kapan pun dan dimana pun. Berbagi momen bahagia dengan berbagi foto di berbagai tempat wisata, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, menjadi sesuatu yang sangat lumrah dilakukan oleh para pengguna internet.

Melihat fenomena ini, tentunya merupakan peluang yang sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin memiliki bisnis travel. Bisnis ini ternyata punya potensi yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang, bahkan bisa dikerjakan dengan modal yang minim. Jika Anda tidak memiliki tempat khusus untuk menjalankan usaha ini, maka memilih bisnis travel secara online adalah pilihan terbaik buat Anda karena bisa dikerjakan dari rumah.




Bisnis travel online memang membutuhkan keahlian, tapi semua orang bisa mempelajarinya dan bisa sukses jika menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Dengan bantuan sistem online, kita bisa menjalankan bisnis ini dengan modal yang sangat terjangkau. Dan karena bisnis ini dijalankan secara online, maka Anda memerlukan beberapa perangkat elektronik seperti: komputer, printer, dan jaringan internet yang baik.

Lalu, bagaimana cara agar sukses dalam bisnis travel via internet? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bisa meraup keuntungan bisnis travel.

1. Siapkan Hardware & Software Utk Bisnis Travel Online

hardware software bisnis travel onlineTips pertama untuk membangun bisnis travel online yang sukses adalah mempersiapkan segal perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan yang paling penting di bisnis ini adalah komponen hardware dan software untuk menjalankan bisnis ini secara online.

Komponen hardware tersebut adalah perangkat komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Selain itu, komputer tersebut juga harus terhubung dengan jaringan internet yang baik agar bisa bekerja dengan baik. Kenapa komputer harus terhubung ke internet? Karena internet lah satu-satunya cara untuk terhubung dengan situs maskapai penerbangan.

Komponen software adalah program dan operating sistem yang akan membantu kita melakukan pemesanan tiket via online. Software ini juga akan membantu proses billing transaksi dan website yang berisi shop chart. Untuk mendapatkan software ini, kita bisa bekerja sama dengan master agen tiket online dengan menandatangi kesepakatan terlebih dahulu.

Catatan: poin pertama ini merupakan hal yang krusial dalam menjalankan bisnis travel online. Jangan dianggap sepele karena akan sangat berpengaruh pada proses menjalankan bisnis Anda nantinya.

  • Komputer dengan spesifikasi yang mumpuni
  • Jaringan internet yang baik
  • Saluran dan perangkat telepon
  • Software untuk menjalankan bisnis travel via internet

2. Menggeluti dan Mencitai Dunia Traveling

mencintai dunia travelingDi awal artikel saya sudah menyebutkan bahwa bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan oleh mereka yang menggeluti dan mencintai dunia traveling. Kenapa? Karena bisnis yang dibangun berdasarkan passion memiliki peluang sukses lebih besar karena rasa suka seseorang pada satu bidang bisnis akan membuat orang tersebut menjalankan bisnisnya dengan maksimal dan sepenuh hati.

Ini adalah salah satu kunci sukses berbisnis travel online. Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis yang berhubungan dengan dunia traveling (bepergian), maka Anda sendiri harus memiliki minat pada dunia traveling.

Konsumen yang membutuhkan jasa dari bisnis Anda tentunya adalah orang-orang yang menyukai dunia traveling, dan mereka akan sangat senang jika Anda juga punya minat yang sama. Berbeda jika Anda tidak punya minat pada bidang ini, tentunya akan sulit menemukan kecocokan dengan pelanggan Anda.

Biasanya para pecinta traveling memiliki pengetahuan yang luas mengenai tempat-tempat wisata yang menyenangkan, tempat kuliner yang unik dan enak, dan tempat penginapan yang terjangkau dan nyaman. Jika Anda ingin sukses di bisnis travel online, ada baiknya mengupdate pengetahuan mengenai objek-objek wisata dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia traveling.

3. Membangun Brand Bisnis Travel yang Menarik

Membangun brand bisnis travelBisnis yang sukses adalah bisnis dengan brand yang sudah dikenal masyarakat dengan baik. Itulah sebabnya, jika Anda ingin membangun bisnis jangka panjang maka bisnis travel online Anda membutuhkan nama atau brand yang menarik bagi konsumen.

Sebuah brand bisnis yang unik akan membantu menarik lebih banyak konsumen. Selain itu, brand bisnis travel Anda juga akan membantu memudahkan calon konsumen ketika mereka mencari website atau alamat bisnis Anda di internet. Menurut saya, membangun brand bisnis harus diperhatikan sejak awal karena akan sangat berguna untuk jangka panjang.

Brand atau nama bisnis yang baik adalah brand yang mudah dilafalkan (diucapkan) dan mudah diingat. Selain itu, pertimbangkan juga menggunakan brand/ nama bisnis yang unik. Nama bisnis yang mudah diucapkan, mudah diingat, dan unik, akan memiliki peluang sukses lebih besar ketimbang nama bisnis yang sulit pengucapannya dan sulit diingat.

4. Promo Bisnis Travel Kepada Konsumen

Promo bisnis travelSebagian besar konsumen di Indonesia biasanya berorientasi pada harga, termasuk di bisnis travel. Banyaknya pemain di bisnis ini membuat perang harga seringkali terjadi di dunia bisnis travel. Anda sebagai pemula di bisnis travel online harus punya strategi khusus untuk menghadapi para pebisnis yang ingin ‘perang’ harga.




Saya pribadi tidak menyarankan untuk ikut perang harga, tapi berikanlah penawaran promo yang menarik kepada konsumen Anda pada momen tertentu. Misalnya, konsumen mendapat merchandise cantik dari bisnis Anda ketika membeli tiket, konsumen mendapat potongan harga/ diskon pada momen tertentu dengan syarat khusus, dan lain-lain.

Dengan adanya penawaran promo seperti ini tentu akan menarik perhatian si konsumen. Memang perlu kreatifitas agar tetap menjadi pebisnis travel yang dipilih oleh konsumen, dan Anda akan terbiasa dengan semua itu jika sudah menjalaninya sendiri.

5. Memperluas Relasi dan Jaringan Bisnis Travel Anda

Seorang pebisnis tidak mungkin bisa sukses bila hanya berdiam diri mengharap keberhasilan datang. Kita harus terus belajar dan berinovasi untuk mengembangkan kemampuan berbisnis. Salah satu caranya adalah dengan memperluas relasi dan jaringan bisnis, karena semakin luas jaringan bisnis Anda maka peluang untuk sukses juga akan semakin besar.

Semua jenis bisnis pasti membutuhkan bisnis lain untuk bisa meraih sukses, termasuk bisnis travel online Anda. Selain karyawan Anda, pebisnis lain di bidang yang sama dengan bisnis Anda juga bisa menjadi faktor pendukung bisnis. Misalnya, bila Anda berbisnis travel dengan berjualan tiket maka Anda bisa bekerjasama dengan bisnis penyewaan mobil (rental) dan jasa tour guide.

Ini hanya contoh ya, Anda bisa bekerjasama dengan model bisnis lainnya. Kerjasama yang berkesinambungan akan membuat bisnis Anda dan partner menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Membangun jaringan bisnis dan relasi bisa dilakukan melalui banyak media. Bisa melalui media sosial, situs forum online, dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan bidang bisnis yang Anda geluti. Bergabung dengan komunitas yang berhubungan dengan bisnis travel Anda adalah cara lain untuk mengembangkan jaringan bisnis Anda. Melalui kegiatan di komunitas tersebut, bisnis Anda akan semakin dikenal dan berpeluang untuk sukses.

6. Lokasi Menentukan Prestasi Bisnis

Hal ini sudah sering kita dengar dan baca, sebuah bisnis punya peluang lebih besar untuk sukses bila berada di lokasi yang strategis. Mungkin Anda bertanya, bukankah kita ingin menjalankan bisnis travel online, jadi tidak perlu lokasi yang strategis dong?

Ok, saya setuju untuk itu. Tapi, sebenarnya banyak sekali lho konsumen yang ingin datang langsung ke tempat bisnis travel untuk membeli tiket atau sekedar bertanya. Dan tidak jarang calon konsumen tidak jadi membeli dari sebuah bisnis travel online karena tidak memiliki tempat usaha offline.

Jadi, jika Anda hanya ingin menjalankan bisnis ini secara online maka lupakan poin yang ini. Tapi, bila ingin memiliki bisnis travel online yang lebih sukses, sebaiknya pertimbangkan untuk memiliki tempat usaha offline untuk menjalankan bisnis ini.

Lokasi tempat usaha yang strategis dan ramai juga akan membuat peluang semakin besar untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Selain lokasi yang strategis dan ramai, perlu juga untuk membuat tempat usaha travel Anda nyaman untuk dikunjungi sehingga bisnis Anda terlihat profesional dan terpercaya.

7. Promosikan Bisnis Travel Anda

Semua bisnis membutuhkan promosi untuk bisa sukses, begitu juga dengan bisnis travel online. Promosi ini bisa dilakukan secara online maupun secara offline dengan berbagai media yang ada. Promosi offline bisa kita lakukan dengan cara beriklan di media massa (misalnya koran, majalah), menyebar brosur, dan memasang pamflet di tempat-tempat yang strategis.

Promosi online bisa menjangkau lebih banyak orang, medianya juga sangat banyak dan ada yang gratis. Pemasaran online bisa dilakukan dengan media website bisnis, melalui media sosial (Facebook, Twitter, BBM Messenger, Instagram, dan lainnya), melalui situs-situs forum, dan lain-lain.

Proses pemasaran ini memang tidak menjamin akan segera mendapatkan konsumen. Namun, dengan melakukan pemasaran dengan cara profesional dan secara berkala akan membuat brand bisnis Anda semakin populer di masyarakat. Tentunya popularitas tersebut akan membuat calon konsumen mempertimbangkan untuk menggunakan layanan dari bisnis Anda.

8. Memberikan Pelayanan Terbaik Pada Konsumen

Pelayanan yang baik kepada konsumen adalah salah satu cara terbaik untuk membawa bisnis travel Anda ke puncak kesuksesan. Konsumen sekarang ini sudah sangat memperhatikan pelayanan yang mereka dapatkan. Konsumen akan sangat terkesan dengan pelayanan dari bisnis yang memperhatikan kebutuhan mereka.

Jadi, untuk memberikan pelayanan terbaik maka Anda harus mengerti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Kalau memungkinkan, berikan pelayanan lebih dari yang mereka harapkan.

Di bisnis online ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Misalnya dengan memberikan penawaran harga yang tidak terlalu mahal, berkomunikasi dengan cara yang baik dan sopan, menjawab pertanyaan konsumen dengan baik, menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat, dan lain-lain.

Tidak jarang calon konsumen beralih ke bisnis lain karena kecewa dengan pelayanan yang kurang baik. Tempatkan diri Anda pada posisi seorang konsumen, konsumen butuh jawaban/ solusi segera dari Anda untuk pertanyaan atau permasalahan yang mereka miliki. Bila memungkinkan, berikan layanan customer service 24/ 7 di bisnis Anda. Layanan ini akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis travel Anda.

Baca juga: Bisnis Tiket Pesawat ~ Melesat Bersama Peluang Usaha yang Menjanjikan

9. Bekerja Keras dan Pantang Menyerah

Ini adalah tips terakhir dari saya. Anda pasti sudah sering mendengar dan membacanya, bahkan mungkin Anda sudah bosan dengan barisan kata tersebut. Tapi faktanya memang demikian, hanya orang-orang yang mau bekerja keras dan pantang menyerah lah yang bisa sukses dan menikmati hasil jerih payanya.

Memulai bisnis travel online mungkin terlihat sulit dan membingunkan bagi Anda pada awalnya. Itu biasa, karena semua pebisnis sukses juga pasti mengalami hal itu (merasa kesulitan dan bingung). Delapan tips di atas tidak akan ada gunanya bila kita tidak melakukan tips ke 9, yaitu bekerja keras dan pantang menyerah.

Nah, bila Anda sudah yakin bahwa bisnis travel online adalah usaha yang akan Anda jadikan bisnis jangka panjang, maka mulailah mencobanya sekarang juga. Ikuti tips di atas mulai dari tips 1 hingga tips 9. Lakukan dengan sungguh-sungguh, dan lihatlah hasilnya beberapa waktu ke depan.

Semoga bermanfaat.



7 total comments on this postSubmit yours
  1. Waduh banyak juga yang harus dikerjakan ya. Biasanya sih poin 8 dan 9 ini yang paling menentukan. Kenapa? Karena tanpa dua poin ini, maka poin lainnya akan gagal.

  2. wahh harus serinci ini mas yah
    sebelumnya saya kan pernah join sama salah satu teman yang kuliah di pariwisata

    sudah membuat plan, bikin brand..
    tapi waktu coba untuk ngajuin ke beberapa tempat-tempat banyak banget yang nolak dan mereka bilang sudah punya langganan,

    jadi saran aja sih lebih baik ke orang-orang yang dikenal dulu

  3. Wah kayaknya bisa dicoba nih tipsnya. Semoga saja sukse setelah saya mencobanya.

  4. Lagi cari penghasilan tambahan dengan sistem online neh..

    Terima kasih artikelnya sangat menginspirasi..

  5. Semangat pantang menyeraha. Semangat untuk para pembisnis traveling, ayo kita perkenalkan wista indonesia ke dunia

  6. Teman saya ada yg sukses di bisnis travel, jadi pengen nyoba bisnis ini setelah membaca postingan ini.

  7. Malam Pak/Bu, saya berjalan di bidang travel ..
    Saya sangat setuju di no. 8 dan 9 dan sangat suka bahasa Anda dalam menjabarkan tentang hal tersebut.
    Untuk nomor lainnya sepertinya saya harus belajar kepada Anda master bisnis online …

    Terima kasih, artikel inspirasinya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud