Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Memulai Bisnis Online dari Nol

Memulai bisnis online dari nol adalah sesuatu yang sangat menantang, terutama bagi para pemula. Pasalnya, sekarang ini ada banyak sekali orang yang sudah lebih dulu eksis menjalankan bisnis di internet. Mungkin banyak pemula yang merasa ragu, apa mungkin masih ada peluang yang bisa didapatkan oleh para pemula?

Selain persaingan di bisnis online yang sudah sangat ketat, kemudian timbul pertanyaan lain. Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol, kemana saya harus belajar tentang bisnis online, berapa modal yang harus saya siapkan, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Bagi seorang pemula, merintis Bisnis Online dari nol bisa ditempuh dengan dua cara:

  • Cara sulit dan penuh resiko, yaitu dengan belajar sendiri dengan banyak Googling sambil menjalankan bisnis
  • Cara lebih mudah, belajar dan dibimbing oleh seseorang yang sudah ahli dalam bisnis online

Saya pribadi lebih memilih untuk belajar bisnis internet dari seseorang yang sudah ahli, dalam artian orang tersebut adalah praktisi bisnis online yang mau berbagi ilmu pada orang lain, baik itu berbayar atau gratisan. Sebelum saya membahas lebih jauh, ada baiknya para pemula mengetahui kelebihan bisnis internet dibanding bisnis offline.



Mengenal Kelebihan Bisnis Online

Bukan rahasia lagi bahwa sekarang ini pebisnis online di Indonesia sudah semakin banyak jumlahnya. Jenis bisnis online pun sangat beragam, sehingga orang bisa memilih jenis bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan minat dan keahlian mereka masing-masing.

Belajar Bisnis Online dari Nol

Beberapa kelebihan bisnis internet yang saya rasakan:

  1. Tidak perlu modal besar: berkeliling kampung menjual sate ayam saja bisa memerlukan modal yang lebih besar daripada bisnis di internet.
  2. Tidak terikat dengan jam kerja: beberapa jenis bisnis online bahkan hanya butuh 4-5 jam seminggu untuk mengerjakannya, dan bisa dilakukan kapan saja. Keuntungan bisa mengalir masuk ke rekening kita kapan saja, bahkan ketika kita sedang tidur.
  3. Tidak terikat kepada tempat kerja: asalkan ada koneksi internet, di rumah kita sendiri, di kamar tidur, di ruang tamu, di teras rumah, di rumah teman dan bahkan di warnet juga bisa.
  4. Tidak terikat oleh batas-batas geografis: targetnya bukan hanya desa atau kota kita, seluruh dunia mungkin saja jadi target kita.
  5. Tidak terbatas macam usahanya: Google Adsense, jasa pasang iklan, menjual berbagai barang dan jasa, afiliasi, bisnis pulsa, informasi lowongan kerja, dan masih banyak yang lainnya.
  6. Tidak direpotkan dengan perintah atasan dan prosedur perusahaan: kita adalah pimpinan dan sekaligus pemilik usaha.

Itulah beberapa kelebihan dari bisnis online atau bisnis di internet. Sebenarnya masih ada banyak kelebihan lainnya dari bisnis online, tapi Anda tentunya harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai semua kemudahan itu.

Secara teori 6 kemudahan dan kelebihan yang disebutkan di atas bisa dirasakan pada saat seseorang sudah mengerti dan sudah punya bisnis online yang stabil. Namun, ketika Anda masih dalam tahap belajar, tentu saja Anda harus butuh waktu lebih lama dan butuh kerja keras. Tapi percayalah, semua itu sepadan, pada akhirnya.

Artikel lain: 10+ Peluang Bisnis Online Terpercaya dan Menjanjikan

Anda Bisa Memulai Bisnis Online dari Nol, Tapi Ini Syaratnya

Mungkin Anda pernah membaca iklan seperti ini di Internet

Bila Anda bisa mengetik dengan Komputer, maka Anda sudah memenuhi syarat untuk berbisnis online dan bisa meraih untung dalam waktu singkat

Iklan seperti ini adalah bahasa marketing dan bisa menjebak seseorang. Menjalankan bisnis online itu tidak sekedar mengerti mengetik, tapi jauh lebih rumit, dan tentu saja semua orang bisa mempelajarinya.

Sebagai gambaran awal, berikut ini adalah beberapa syarat agar Anda bisa memulai bisnis online dari nol:

1. Pengetahuan yang Memadai

Pengetahuan seseorang akan bisnis online akan berbanding lurus dengan peluang untuk bisa berhasil. Jika Anda memulai bisnis online dari nol, maka pengetahuan awal yang harus Anda miliki tentunya tentang komputer dan internet.

Selanjutnya, tentu Anda juga perlu pengetahuan lain yang berhubungan dengan bidang bisnis online yang akan dijalankan. Misalnya Anda ingin berjualan online, maka Anda perlu belajar tentang cara membuat toko online, cara membuat akun di marketplace, cara promosi di media sosial, optimasi website, dan lain sebagainya.

Tentunya pengetahuan ini tidak bisa kita miliki dalam waktu singkat. Ada proses yang harus dilalui, mulai dari tidak mengerti sama sekali hingga akhirnya paham masing-masing ilmu yang Anda butuhkan.

Seperti yang saya sebutkan di atas, belajar langsung dari orang yang sudah punya pengalaman dalam bisnis internet akan jauh lebih baik ketimbang Anda belajar sendiri (otodidak). Alasannya, kita bisa langsung fokus pada topik bisnis online yang akan dikerjakan dan langsung belajar bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut.

Mereka yang belajar secara otodidak seringkali menjadi tidak fokus jenis bisnis online apa yang akan dikerjakan. Selain itu, banyak ilmu yang dibagikan di internet tidak sesuai dengan semua orang. Selain Anda akan menghabiskan waktu untuk trial and error, kemungkinan untuk mencapai target Anda akan jauh lebih lama ketimbang belajar langsung dari orang yang sudah berpengalaman.

2. Sarana dan Prasarana

Tidak sedikit orang yang mengaggap bahwa bisnis online bisa berjalan tanpa modal sama sekali. Faktanya, ketika Anda memulai bisnis online dari nol pasti butuh sarana dan prasarana.

Memang bisnis online modalnya tidak besar, tapi ada sarana dan prasarana yang wajib Anda miliki dan ini menjadi pengeluaran bagi Anda. Beberapa sarana dan prasarana tersebut diantaranya: perangkat komputer, koneksi internet, perangkat mobile. Mungkin Anda juga akan butuh perlengkapan lainnya, misalnya meja dan kursi kerja.

Namun, bila saat ini situasi Anda tidak memungkinkan untuk memiliki sarana pendukung tersebut, tidak ada salahnya memanfaatkan warung internet. Sebagai informasi, dulu ketika saya mulai belajar bisnis internet, saya tidak punya semua perangkat di atas, dan lebih sering di warnet setiap harinya untuk belajar dan praktek.

3. Fokus Pada Satu Jenis Bisnis Online

Tidak fokus adalah kunci kehancuran semua jenis bisnis. Ini masalah yang sering terjadi pada para pemula, dan saya dulu pernah mengalaminya juga. Itu sebabnya pada poin #1 saya mengatakan sebaiknya mempelajari model bisnis online yang Anda sukai dan sesuai dengan keahlian Anda.

Fakta, banyak pemula yang berganti-ganti model bisnis online. Alasannya bermacam-macam, bisnis online A katanya kurang menguntungkan, Bisnis internet B katanya cepat menghasilkan uang, dan berbagai alasan lainnya. Mereka tidak sadar bahwa proses berganti-ganti model bisnis online ini menghabiskan banyak waktu, dan akhirnya tidak ada satupun bisnis online yang berhasil dijalankan.

Jika nanti hal ini terjadi pada Anda, atau sedang terjadi pada Anda, ingatlah bahwa semua pebisnis online yang sukses itu fokus pada satu model bisnis online. Ketika mereka sudah berhasil pada satu model bisnis, baru mereka mencoba model bisnis lain.

4. Belajar Disiplin

Masih sangat berhubungan dengan poin #3, hanya mereka yang disiplin belajar dan praktek lah yang bisa sukses di dunia usaha, termasuk bisnis internet. Suka menunda-nunda pekerjaan dan tidak bekerja secara maksimal masih menjadi masalah besar di kalangan para pemula.

Belajar dan praktek bisnis online memang butuh waktu, itulah sebabnya Anda harus disiplin sejak memulainya. Walaupun ada mentor yang membimbing Anda, bukan berarti proses belajar bisa dilakukan sesukanya.

Bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah bukan alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Justru kebanyakan para pebisnis online yang bekerja dari rumah, pada saat memulai usahanya mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja agar bisnisnya bisa berhasil.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui

5. Membangun Reputasi di Internet

Dalam semua bisnis pasti butuh reputasi agar bisa bertahan dan langgeng, begitupun dengan bisnis di internet. Walaupun banyak yang menganggap bisnis online tidak punya wujud, faktanya hanya bisnis internet yang punya reputasi baik yang bisa bertahan dan tetap dipercaya oleh konsumen.

Apapun jenis bisnis online yang akan dikerjakan, membangun reputasi baik sejak memulai bisnis adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi perjalanan bisnis Anda di masa depan. Jangan karena ingin mendapatu uang besar dalam waktu cepat lalu kemudian Anda mengecewakan konsumen, jangan pernah lakukan itu. Akibatnya akan buruk pada bisnis Anda, kecuali Anda tidak ingin memiliki usaha online yang bisa bertahan lama.

PENUTUP

Banyak orang mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik”. Anda bisa belajar bisnis online dari pengalaman orang lain dan juga dari pengalaman sendiri. Ada banyak pendahulu yang babak belur dalam menjalankan bisnis online, belajarlah dari mereka untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Ketimbang Anda babak belur memulai bisnis online dari nol tanpa ilmu dasar, ada cara belajar bisnis online yang lebih mudah dan terarah. Belajarlah dari seseorang yang ahli dan berpengalaman. Salah satu tempat belajar yang bisa Anda coba adalah melalui WEBSITE INI.





3 total comments on this postSubmit yours
  1. Sekarang ini bisnis online menjadi sangat penting, terlihat simpel tapi dalam kenyataanya untuk memulai bisnis online perlu bimbingan dari orang yang berpengalaman karena sekarang banyak pesaingnya. Thanks… artikelnya sangat bagus bisa menambah ilmu bisnis saya

  2. bisnis online terdengar mudah dijalankan, tapi nyatanya perlu banyak perjuangan dan kerja keras. Belajar.. belajar dan terus belajar tanpa kenal putus asa dan selalu mengikuti blog ini buat motivasi. thanks kang…

  3. Seperti biasanya, artikelnya panjang dan berbobot. Saya baca artikelnya sampai habis mas Max. Tidak mendetail tapi secara prinsip sangat berisi artikelnya.

    Menurut saya menjalankan bisnis online itu tidak bisa sesuai text book. Seringkali pengalaman orang lain berbeda dengan situasi kita. Tapi memang pengalaman orang itu bisa jadi bermanfaat.

    Saya juga setuju bahwa belajar bisnis online yg serius itu harus punya mentor atau guru. Belajar sendiri memang bs tapi ya siap2 aja prosesnya lama sekali.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud