Memimpikan Jadi Pengusaha Sukses? Kenali 9 Karakter Wajibnya Berikut Ini

karakter pengusaha sukses

Image dari Theodysseyonline.com

Siapa sih orang yang tidak mau menjadi sukses, karena sebuah kesuksesan merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Segala hal yang diinginkan dan dicita-citakan dapat diraih dengan mudah. Jika ada dua pilihan, Anda akan menjadi seorang pengusaha sukses, atau menjadi pegawai yang baik dan selalu mendapatkan gaji ? pastinya Anda dan kebanyakan orang lebih memilih untuk menjadi pengusaha sukses.

Jika Anda menginginkan jadi pengusaha yang sukses memang tidak ada cara dan rumus jitu. Dalam banyak penelitian mengenai pengusaha sukses seperti juga yang terdapat di powerhomebiz, diungkapkan bahwa untuk bisa menjadi pengusaha sukses ada sembilan karakteristik yang wajib dimiliki oleh setiap individu pengusaha.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi, pada kesempatan ini akan dibahas 9 karakter yang wajib ada di setiap orang pengusaha yang ingin meraih kesuksesan. Maka dari itu mari kita simak penjelasannya di bawah ini :

1. Selalu Berfikir Ingin Menjadi Sukses

Seorang pengusaha harus mempunyai mimpi yang besar untuk menjadi sukses. Setiap kisah kesuksesan itu bermula dari mimpi-mimpi yang besar. Anda harus mempunyai visi dan misi yang jelas tentang apa yang ingin dicapai. Tetapi tidak berhenti dimimpi saja, Anda harus mempunyai keinginan yang kuat untuk memvisualisasikan sukses itu dalam pikiran Anda bayangkan bahwa kesusksesan itu ada di depan mata Anda dan hampir merasakannya. Karena tanpa niat dan kemauan untuk menjadi lebih maju akan sulit untuk merealisasikan semuanya.

Contoh kongkritnya saja dalam kekuatan memvisualisasikan tujuan adalah jika Anda ingin menjadi penulis sukses atau yang lainnya, bayangkan oleh diri sendiri mendatangangi buku buku dalam kerumunan yang ingin meminta tanda tangan Anda. Cara ini mungkin terlihat sepele akan tetapi pengaruhnya sangat besar ketika Anda ingin meraih sebuah kesuksesan. Dan akan memperkuat tujuan dan tetap segar dalam kesadaran Anda.




Artikel lain: Prinsip Sederhana Ini Bisa Membawa Anda Pada Kesuksesan Finansial Maupun Karir Di Usia Muda

2. Mempunyai Semangat Lebih Dengan Apa yang Dilakukan

Anda terjun ke dunia bisnis mungkin ingin merubah seluruh atau sebagian kehidupan yang sedang dijalani. Perlu diketahui juga sebuah kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya. Sebaliknya jika Anda mencintai dengan apa yang sedang Anda lakukan, tetapi akan berbanding terbalik jika segala aktifitas yang dikerjakan ttidak di dasari dengan kecinaan kita terhadap pekerjaan tersebut. Atau malah Anda bahkan tidak bergairah dan membencinya, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa meraih impian itu.

Umumnya seorang pengusaha sukses tidak akan merasa keberatan jika mereka diharuskan untuk bekerja 15 hingga 18 jam sehari atau malah mungkin tidak tidur sama sekali. Itu karena mereka berfikiran kenapa tidak berkorban lebih untuk bisa mendapatkan hasil yang besar. Karena pengorbanan yang mereka lakukan tidak akan sia-sia pada akhirnya apabila usaha yang mereka jalani bisa berkembang dengan pesat dan bisa meraih titel dari sebuah kesuksesan.

Itu didasari karena mereka mencintai apa yang tengah dilakukan, seorang pengusaha bisa dikatakan telah mencapai sukses apabila tantangan yang ada didepan mereka bisa terselesaikan dengan baik. Semua itu bisa di dapatkan dengan semangat dan pantang menyerah.

3. Fokuskan Pada Kekuatan yang Anda Punya

Setiap pribadi seseorang pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Agar lebih meyakinkan pada diri Anda perlu dilakukan identifikasi kekuatan atau kelebihan yang dipunyai terletak dimana dan tetap usahakan harus selalu berkonsentrasi.




Misalnya saja contoh kasusnya ialah dalam berbisnis, jika keunggulan yang dimiliki terletak pada insting marketing yang kuat maka manfaatkanlah kekuatan itu. Dan apabila diperlukan untuk terus mengasah kemampuan yang dimiliki ikutilah pelatihan formal sebagai modal dasar untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

4. Bekerja Keras Terhadap Apapun yang Tengah Dikerjakan

Seorang pengusaha yang telah meraih kesuksesannya itu selalu dituntut untuk bekerja keras dan sungguh-sungguh dengan apa yang dilakukannya. Tidak mungkin untuk mencapai sebuah kesuksesan hanya semudah membalikan telapak tangan. Karena seseorang yang ingin meraih hasil besar merekapun harus bersiap untuk memberikan yang lebih pada setiap pekerjaannya. Anda harus mempunyai visi dan tujuan yang jelas dan yang paling penting bersemangat dengan apa yang dilakukan.

5. Ada Kemauan Untuk Terus Belajar

Anda tidak harus mempunyai gelar yang banyak jika ingin menjadi seorang yang sukses dalam hal berbisnis. Bahkan ada juga orang yang tidak menyelesaikan sekolahnya tetapi dia bisa menjadi pengusaha besar. Yang terpenting dari semuanya adalah keinginan yang kuat untuk terus belajar dan belajar.

Elemen penting yang harus ada dalam setiap pembelajaran ialah selalu ingin tahu dengan hal-hal yang baru, tertarik untuk mencoba sesuatu diluar bidang yang dikuasai, selalu bertanya jika Anda tidak mengerti karena ada peribahasa mengatakan ‘Malu Bertanya Sesat Di Jalan’ dan kemauan untuk belajar menjadi faktor penting mengingat perubahan teknologi yang kian cepat sehingga pengetahuan akan bisnispun tidak akan ketinggalan.

6. Mulailah Untuk Mendisiplinkan Diri Anda

Disiplin diri merupakan kunci untuk menuju sebuah kesuksesan. Dengan disiplin pula telah banyak pengusaha sukses yang telah meraih impiannya. Terapkanlah itu dikehidupan sehari-hari Anda untuk terbiasa berdisiplin dalam berbagai hal baik itu disiplin waktu maupun disiplin manajemen. Sehingga tidak akan sulit apabila nanti Anda dituntut untuk patuh dan taat pada pekerjaan yang tengah dijalaniDengan begitu secara para pelaku usaha dituntut supaya berusaha lebih keras lagi dan selalu mempunyai keinginan untuk memenangkan pertempuran dalam berbisnis.

7. Terus Perluas Jaringan Kerja Anda

Dalam hal berbisnis perlu adanya bantuan apalagi apabila bisnis itu masih terbilang kecil. Dengan begitu pelaku bisnis dituntut supaya bisa memperluas jaringannya dengan cara melakukan pertemuan atau berkumpul dengan pebisnis lain untuk membicarakan menjalin kerjasama.

Itu bertujuan agar lebih memperkokoh usaha yang Anda jalani atau dengan cara mengajak rekan bisnis lain untuk mau melakukan investasi terhadap usaha yang Anda jalani. Dan pada tahap ini pula seorang pelaku bisnis wajib memiliki keahlian networking yang baik dan selalu jeli untuk bisa membaca keadaan peluang yang ditawarkan kepada Anda.

Baca juga: Inilah 5 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Usia 20 Tahunan

8. Lakukan Sesuai Dengan Rencana yang Telah Disusun

Pengusaha sukses pasti harus mempunyai visi dan misi yang jelas untuk kedepannya. Agar rencana yang telah tersusun rapi bisa dijalankan dengan baik dan disesuaikan setiap harinya agar Anda selalu tetap fokus. Strategi ini akan hancur dengan sendirinya apabila Anda tidak konsisten dalam menjalankannya. Maka dari itu diperlukan keahlian dan keterampilan agar bisnis yang tengah Anda tekuni bisa berhasil sesuai dengan rencana Anda sebelumnya.

9. Mempunyai Daya Tahan yang Kuat Dalam Berbisnis

Tidak ada seorang pun yang mengatakan bahwa jalan menuju kesuksesan itu mudah. Meskipun telah dibarengi niat yang baik dan kerja keras, kadang-kadang Anda akan gagal dengan sendirinya. Bahkan tidak sedikit pengusaha yang mengalami kemunduran dan sampai gulung tikar. Namun tidak sedikit pula pengusaha yang bangkit dan bertahan dalam bisnisnya walaupun hampir mengalami kemunduran.

Kunci sukses dalam berbisnis ialah keyakinan yang kuat. Ingat jika Anda tekun dan gigih dalam memperjuangkan hal apapun maka hasil yang diterima pun tidak akan membohongi diri Anda sendiri.   



7 total comments on this postSubmit yours
  1. kerja keras dan kerja cerdas memang syarat utama dan yang tidak kalah pentingnya adalah selalu berdoa.. mantapz gan artikelnya

  2. harus dengan kerja keras dan kerja cerdas

  3. menyiapkan mental untuk menjadi sukses adalah kunci utamanya
    disiplin, kerja keras dan fokus pada apa yang di impikan

  4. Mimpi dapat tercapai bila rencana dapat dikombinasikan dgn tindakan nyata, bukan begitu kata para pengusaha. Mainstream bgt sih….tp kenyataan spt itu juga sih

  5. Nice topic mas.
    {ask}

    1. lebih baik yang mana, menjalani hidup dengan penuh target, atau mengalir apa adanya ?
    kadang saya masih suka binngung, karena kalau kita kebanyakan target gitu, kesannya kayaa apa gitu, sama Allah.

  6. Mntp artikelnya, tpi bsakah mnjdi seorng pngusha tnpa mngeluarkan rupiah ? :D

  7. Membangun suatu kesuksesan bukanlah hal mudah. Tapi hal yang lebih sulit adalah mempertahankan kesuksesan… Artikelnya inspiratif sekali….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud