Beranda Bisnis Kemudahan Membuat PT Secara Online di Era Digital dan Komputerisasi

Kemudahan Membuat PT Secara Online di Era Digital dan Komputerisasi

Membuat PT Secara Online

Saat artikel ini dibuat, pemerintah tengah menggodok Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law, di mana beberapa poinnya akan mengatur kemudahan suatu pihak untuk membuat Perseroan Terbatas (PT). Saya sendiri meyakini, dengan segala kemudahan ini maka pembuatan PT secara online ke depannya akan semakin marak.

Pemerintah memang tengah mendorong sebanyak mungkin masyarakat yang selama ini menyimpan uang dalam jumlah yang besar di Bank, untuk berani menjadi pengusaha baru yang bisa memenuhi pasar dalam negeri demi menekan impor.

Lalu mengapa harus memilih pembuatan pt online? Karena dengan membuat PT secara Online, maka kita akan mendapatkan berbagai kemudahan yang sebelumnya tidak pernah ada pada saat PT dibuat dan didaftarkan secara manual.

Jauh dari bayangan banyak orang yang berpikir bahwa sistematisasi lewat komputer itu rumit, sistem komputerisasi itu ibarat input-input data dengan proses yang lama seperti di era 70-80 –an.

Misalnya seorang pesuruh kantor yang harus menunggu di meja kerja kasir, sementara kasir mengetik lewat mesin ketik di hadapannya, tidak memudahkan urusan karena kasir tidak punya kuasa apa-apa. Perlu ditegaskan kembali bahwa segala bayangan itu salah besar.

Memilih Penyedia Layanan Membuat PT Secara Online

Di era digital saat ini, komputer artinya kemudahan, sementara beralih ke online artinya kecepatan lebih baik. Sehingga siapapun yang menginginkan kemajuan pada perusahaannya akan memilih opsi memulai segalanya lewat sistem yang online.

Menurut saya, sebenarnya tidak ada istilah njlimet atau memusingkan jika pengetahuan komputer dasar sudah diketahui. Oleh karena itulah demi kemudahan yang kelak dialami oleh perusahaan yang memilih untuk terdigital sejak dirumuskan, saya menganjurkan kepada Anda untuk membuat PT secara online.

Jika Anda masih bingung atau ragu, maka Anda bisa mencoba layanan pembuatan PT secara online di beberapa website di internet, salah satunya adalah Legistra.id.

Anda cukup duduk tenang di rumah, tidak perlu mengantri, tidak perlu dipusingkan dengan kemungkinan kelambanan dokumen pembuatan PT, karena di dalamnya sudah dijaminkan segala pengurusan lengkap, yang membuat perusahaan berdiri dalam hitungan yang lebih cepat.

Selain itu, Legistra memberikan paket lengkap, hingga pada merk dagang/HAKI, berikut dibangunnya sistem IT pada perusahaan baru Anda.

Mengapa Memilih Layanan Pembuatan PT Secara Online?

KEMUDAHAN, ini adalah alasan utama mengapa Anda harus memilih layanan pembuatan PT secara online. Sistem IT pada suatu perusahaan dapat terintegrasi dengan sistem IT yang saat ini ada di pemerintah sehingga memudahkan berbagai proses administrasi.

Setidaknya ada beberapa poin penting mengenai kemudahan pembuatan PT secara online yang harus Anda ketahui :

1. Tidak Perlu Mengantri di Kantor Pemerintahan

Salah satu kelambanan yang pada akhirnya menjadi cost bagi setiap calon pengusaha adalah pengurusan izin. Izin tidak mudah didapatkan, juga lama diproses karena harus mengantri dari ratusan pelamar yang ingin mengajukan izin baru atau sedang mengurus izin lama yang diperbarui.

Dengan memanfaatkan layanan dari Legistra.id antrian akan dipangkas menjadi nol, di mana kelak Anda cukup datang ke kantor pemerintahan sekedar piknik atau dalam rangka urusan di luar perusahaan.

3. Meminimalisir Kesalahan

Sistem komputer dibuat untuk mencegah adanya kesalahan imput. Sebagai contoh sistem kependudukan di mana kode NIK, wilayah, no telepon, SIUPP, sudah tidak bisa diubah, serta saling silang informasi dengan data di kementerian lainnya, sehingga sistem bisa mendeteksi jika ada kesalahan input.

Umumnya jika terjadi kesalahan input maka sistem menolak dilanjutkannya proses sebelum kesalahan itu diperbaiki.

4. Mengurangi Kesalahan Pengambilan Keputusan

Berdasarkan poin nomer tiga, kesalahan pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan juga akan berkurang, karena sistem akan memproteksi segala bahan-bahan yang dirapatkan.

Jika ada bawahan yang melakukan fraud atau membuat laporan palsu, melebih-lebihkan atau mengurangi data yang sebenarnya demi menutupi pencapaian, akan mudah cepat di kroscek kebenarannya saat sistem sudah terintegrasi dengan IT.

Artinya pelaporan yang dahulu didasarkan kerja manual yang penuh kesalahan akan mudah dikoreksi dengan saling silang pemeriksaan.

5. Terintegrasi Dengan Big Data

Tuntutan bahwa semua lini produksi nasional harus terintegrasi dengan big data. Pemerintah sedang menggodok upaya intregasi nasional untuk big data yang akan memudahkan semua pihak untuk bisa melangkah lebih maju.

Artinya data produksi semua perusahaan yang ada di Indonesia akan tercatatkan dan diinput secara online ke dalam big data tersebut. Hal ini akan memudahkan suatu perusahaan untuk mencari bahan baku murah, atau menentukan pasar mana yang membutuhkan produk mereka, lebih dari itu, big data memudahkan kebutuhan untuk menyaring tingkatan grade produk.

6. Kemudahan Dalam Proses Klasifikasi

Sistem online juga akan mudah mengklasifikasi banyak hal. Dalam hal ini jika perusahaan Anda memang membutuhkan suatu klasifikasi yang jelas dalam banyak hal, seperti tujuan produksi, kebutuhan akan ahli, hingga pengambilan keputusan akhir.

7. Mempercepat Pekerjaan

Sistem online akan mempercepat semua pekerjaan kantoran. Jika semua sudah tersusun online maka jumlah kebutuhan kertas pun akan berkurang, lemari arsip akan menipis hingga tidak butuh kantor dengan ruangan besar untuk mengontrol suatu pekerjaan perseroan.

Sistem ini juga mengurangi kebutuhan akan pegawai yang dahulu kewalahan mengurus dokumen. Dengan kecepatan dalam tugas kantor ini, fokus bisa beralih pada kecepatan produksi.

8. Dukungan Pada Proses Pemasaran

Era digital juga sangat mendukung departemen pemasaran. Jika perusahaan Anda tercatat secara online, para costumer akan melihat bahwa perusahaan Anda legit (sah), tercatat dalam database pemerintah, ikut membayar pajak, ikut dalam organisasi yang diawasi, seperti Depnaker, OJK, dan seterusnya.

Oleh karena itu produk yang Anda keluarkan akan digambarkan sama legitnya oleh para costumer, sehingga mereka akan merasa aman, nyaman, serta tidak khawatir akan kualitas produk Anda. Artinya lagi, pemasaran Anda akan berjalan lebih sukses lagi.

9. Branding Perusahaan

Perusahaan yang ramah dengan dunia online juga lebih mampu mengembangkan brand image nya, karena perusahaan tersebut akan berekspansi dari berbagai aplikasi hingga sosial media, memudahkan pasar untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa alasan mengapa saya menekankan pentingnya menguruskan izin usaha pada lembaga jasa yang menawarkan segala kemudahan dan kecepatan seperti yang disebutkan di atas, misalnya memilih layanan Legistra.id.

Paket lengkap dan murah yang diberikan, termasuk jasa website yang integrated, serta konsultasi pada perusahaan tersebut akan membantu Anda selain dalam urusan izin pembuatan PT, juga dalam masalah memahami keuntungan serba online dalam suatu perusahaan.

Selain itu, semakin terintegrasi ke dunia online akan semakin baik dalam mewujudkan visi misi perusahaan, integrasinya dalam teknologi informasi juga akan membuat perusahaan Anda lebih bonafide.

Sebagaimana apa yang saya sampaikan pada poin-poin di atas, ke depannya semakain banyak perusahaan yang mengurus segalanya secara online. Di artikel ini, saya baru memaparkan bagian permukaannya saja. Artinya, masih banyak potensi lain yang bisa digali oleh pengusaha untuk mendapatkan berbagai kemudahan di era digital dan komputerisasi ini.

So. Kembali saya menyarankan pembuatan PT atau perizinan usaha secara online pada penyedia layanan yang terpercaya, daripada Anda membayar lebih pada calo yang mengaku “orang dalam”.

Baca juga: Pengertian PT

2 KOMENTAR

  1. Yang harus disiapkan di dasarnya itu Modal uang dan Jago Pemograman

    Kalau gak ngerti Pemograman entar malah di bodohi bawahannya apalagi gak punya uang buat modal tetep aja susah,,

  2. Saya tadi ngantri di kantor pemerintahan, lalu pas nemuin petugas, disuruh download sebuah aplikasi untuk pendaftaran secara online, lalu saya download, ketika sudah diinstal dan saya buka, ternyata server error, bagaimana ya pemerintah mengelola aplikasinya? Karena beberapa aplikasi pemerintah yang saya gunakan sering sekali error.

Tinggalkan Balasan