5 Kesempatan Membangun Koneksi di Sekitar Anda yang Jarang Terpikirkan

Membangun koneksi atau networking adalah salah satu hal paling penting untuk menunjang kesuksesan perjalanan karir seseorang. Dengan memiliki koneksi yang bagus, maka akan bisa mempercepat perjalanan karir Anda menuju puncak.

Mungkin Anda memiliki skill dan talenta yang mumpuni, tapi jika koneksi Anda tidak mendukung, maka karir Anda pun bisa jadi tidak akan cepat berkembang. Maka dari itu, memiliki koneksi yang bagus tetap menjadi penunjang seseorang dalam meniti karir untuk mencapai kesuksesan.

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana kita sebagai karyawan bisa menjalin koneksi yang luas. Sebenarnya ada beberapa kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk menjalin koneksi, dan ini jarang terpikirkan oleh kita.

Coba perhatikan beberapa poin di bawah ini.

  1. Memanfaatkan Hobi Anda

Apapun hobi Anda, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjalin networking. Siapapun yang Anda kenal melalui hobi, entah hobi badminton, hobi ngegym, atau hobi yang lainnya, pandanglah sebagai calon koneksi Anda yang berharga.




Dari persamaan hobi ini, Anda bisa membangun percakapan yang luas. Oke, Anda bisa mengawali dengan membicarakan hobi, setelah Anda rasa cukup dekat, Anda bisa memperluas topik pembicaraan seperti membicarakan seputar karir.

Atau bisa jadi Anda bisa mengembangkan pembicaraan ke seputar peluang bisnis ataupun peluang usaha. Membicarakan hal penting seperti itu akan sangat bagus untuk membangun sebuah komunikasi yang berhubungan dengan karir Anda.

Artikel lain: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil

  1. Saling Berbagi Pengetahuan

Jangan pelit berbagi ilmu. Apapun yang Anda kuasai, atau Anda mengerti tentang suatu pengetahuan khusus, jangan sungkan untuk berbagi dengan yang lain.

Anda bisa berbagi melalui forum online, workshop, ataupun di mana saja yang memungkinkan untuk berbagi. Dengan berbagi pengetahuan, maka secara tidak langsung Anda sudah membangun sebuah networking dengan orang-orang tertentu yang memiliki ketertarikan tentang hal itu.

Nah, secara tidak langsung Anda akan diketahui sebagi orang yang memiliki pengetahuan lebih di bidang itu, dan ini sangat bagus untuk diri Anda. Bahkan saat ini, tak sedikit partner kerja maupun pegawai yang direkrut sebuah perusahaan dengan model seperti ini.




Jadi, mulai saat ini, jangan ragu lagi berbagi pengetahuan kepada orang lain, karena itu sangat bagus untuk menjalin networking yang bermanfaat.

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Tentu Anda sudah akrab dengan berbagai macam media sosial. Jangan lewatkan kesempatan membangun koneksi melalui media sosial. Karena saat ini orang bisa bebas menghubungkan diri dengan siapapun yang ia inginkan.

Maka dari itu, media sosial adalah tempat yang sangat terbuka untuk membangun sebuah koneksi. Cara sederhana untuk memulainya adalah, jika ada seseorang di Instagram atau di Facebook, atau media sosial lainnya yang berbicara mengenai industri yang relevan dengan karir Anda, cobalah untuk menanggapi.

Ikutlah berkomentar dan ciptakan percakapan yang nyaman, komunikasi yang baik akan menentukan percakapan Anda selanjutnya.

  1. Aktif Mengikuti Organisasi

Dengan mengikuti organisasi, maka kesempatan Anda untuk bertemu banyak orang akan sangat terbuka lebar. Tentunya organisasi yang tidak dilarang, Anda aktif di dalamnya dan cobalah membuka komunikasi dengan siapa saja yang ada di dalamnya.

Organisasi sukarelawan juga sangat bagus untuk mengembangkan koneksi Anda. Coba sisihkan sedikit waktu luang Anda, sembari tetap membangun karir dari dalam. Orang-orang yang berada di dalam organisasi, maupun orang di luar organisasi yang sering berinteraksi, tentu bukan orang biasa.

Mereka adalah orang-orang pilihan dengan dedikasi dan integritas yang tidak diragukan lagi. Apalagi jika di dalam organisasi kerja sukarela, beruntunglah Anda karena Anda bersama dengan orang-orang baik.

Untuk itu, Anda harus bisa menjalin komunikasi yang bagus agar bisa menambah koneksi dan networking Anda.

Baca juga: Daftar Situs Lowongan Kerja Terpopuler di Indonesia

  1. Ikut Kegiatan Reuni

Coba sesekali datanglah ke acara reuni. Bukan hanya reuni sekolah, Anda bisa datang ke acara reuni keluarga, baik keluarga Anda sendiri maupun keluarga pasangan Anda.

Anda boleh mencoba membangun networking di acara reuni, tapi jangan juga terlalu agresif karena takut merusak suasana. Cobalah dengan berbicara pada satu atau dua orang teman atau keluarga, bicarakan hal-hal yang ringan saja.

Setelah dirasa pembicaraan berjalan lebih gayeng, Anda bisa memperlebar topik pembicaraan. Jangan malu, meski saat ini Anda belum sesukses mereka. Mungkin dengan berbincang dengan mereka menjadi pembuka pintu kesuksesan Anda di masa datang.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud