Beranda Social Media Ini Dia Media Sosial dari Indonesia, Layak Untuk Dicoba?

Ini Dia Media Sosial dari Indonesia, Layak Untuk Dicoba?

Media Sosial Indonesia

Media sosial Indonesia – Siapa bilang Indonesia tidak punya jejaring sosial buatan sendiri? Bahkan tahukah Anda bahwa ada yang sempat populer? Memang perlu diakui bahwa #media sosial dari negeri lain lebih populer di tanah air ketimbang buatan Indonesia sendiri.

Padahal sebenarnya, bukan Indonesia tidak bisa membuat tetapi memang kita masih jarang memakai jejaring sosial buatan negeri sendiri.

Daftar Media Sosial Indonesia

Apa-apa saja situs yang didesain sebagai media sosial Indonesia tersebut? Berikut daftarnya:

1. Fupei (Sudah Tidak Aktif)

Fupei merupakan singkatan dari Friend Uniting Program Especially Indonesia bisa dikatakan salah satu jejaring sosial tertua di Indonesia. Situs ini merpakan website komunitas berisi jurnal kesehatan dan juga kreativitas. Terdapat beragam fasilitas yang beragam yang tidak kalah dari website-website luar. Fupei punya sekitar 80.000 pengguna.

2. Koprol (Sudah Tidak Aktif)

Koprol adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang cukup populer sebenarnya yang akhirnya diakuisisi oleh Yahoo!. Koprol.com adalah social media berbasis lokasi, dengan memberi tahu lokasi sesama user Koprol dan menghubungkan sesama user-nya. Terdapat beragam pilihan fitur termasuk fitur check-in dan melihat user lainya yang ada di lokasi yang sama.

Artikel lain: Pemasaran Melalui Media Sosial Jadi Lebih Efektif dengan Trik Ini

3. Indoface (indoface.com)

Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat.

Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.

4. Kombes (Sudah Tidak Aktif)

Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah dari Indonesia saja. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada.

5. Kwikku (www.kwikku.com)

Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing.

Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari Research Expo on Computing 2013.

Artikel lain: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

6. MindTalk (mindtalk.com)

MindTalk.com dipelopori oleh Robin Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran miat. Pengguna dapat mengiuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fesyen, bisnis, pemasaran dan otomotif.

Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India. Semoga berhasil!

7. Sebangsa (sebangsa.com)

Sebangsa.com adalah salah satu media sosial Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya.

Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.

Baca juga: Hati-hati Dgn Konten Seperti Ini di Facebook atau Twitter

Wah! Indonesia punya Media Sosial yang keren-keren ya! Kalau boleh sih sebenarnya mulailah untuk mencintai produk lokal. Bangsa kita adalah bangsa yang besar, hal inilah yang membuat banyak pengembang luar negeri menawarkan berbagai fasilitasnya kepada Indonesia.

Tetapi, kalau Indonesia bisa memfasilitasi negerinya sendiri terlebih dahulu, mengapa tidak? Fakta membuktikan kita punya anak bangsa yang kreatif!

31 KOMENTAR

  1. Globhy.com sosial media baru buatan Indonesia

  2. Satu lagi gan sekarang ada social media terbaru asal Indonesia yang berpusat di Batam, situsnya http://www.EnterMea.com , situs jejaring sosial yang menghubungkan semua perusahaan di Asia Tenggara. Ditujukan khusus untuk para UKM Indonesia yang ingin merajai Pasar Bebas Asean. EnterMea berasal dari kata Enter=masuk dan MEA= Masyarakat Ekonomi Asea. Semoga makin berkembang dan tetap bertahan di Indonesia.

  3. Menurut saya kenapa sosmed Indonesia kurang berkembang. Karena kurangnya promosi. Setidaknya harus ditayangkan di tv selama jam orang istirahat biar tahu semua. Setahu saya selama ini orang ndak tahu sosmed Indonesia kalau saya tanya, padahal ada banyak.

    • Itu baru dari sisi promosi. Selain itu, pengembang media sosial lokal memang kurang serius menggarap situs media sosialnya. Mungkin terbentur di masalah ide atau biaya, kurang tahu juga ya.

    • Iya mas, banyak sosmed yang mati di tengah jalan. Saya lihat sebangsa pun begitu-begitu saja, tidak ada sebuah gebrakan yang membuat sosial media ini menjadi menarik

  4. Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan sosmed,, IT di indonesia juga cukup handal,, bagi teman2 semuanya mohon dukungannya agar sosial media indonesia ruame.com bisa berkelanjutan sampai anak cucu,, ruame.com baru berjalan sekitar 8 bln dan pengguna baru sekitar 2.000 orang,, fitur2nya cukup keren dan unik,, hampir sama dgn facebook tapi ruame.com memiliki kelebihan dan keuikan yg tdk ada di fb,, contoh lok kita mau berbagi tautan bisa ke 18 medsos lainnya,, sedangkan fb hanya bisa berbagi antar sesama fb,, ayoookkk teman2 semua dukung sosmed karya anak bangsa,, ownernya A. M. Nafisuddin dari Solo,, ITnya Bang Zainuddin,, beliau2 sangat amanah dan bertekad/berniat memperjuangkan sosmed ini sampai anak cucu kita bisa menggunakannya,, salam persahabatan semuanya,,, let’s connected ruame.com

  5. mas… ini data sdh tak update… banyak web yang sudah hilang… tolong di perbarui dong… seperti web sosmed indonesia ‘ fingerge.com ‘ aja gak ada..

  6. Saya coba dulu nih, jejaring sosial di Indonesia

  7. ternyata indonesia juga mempunyai Media sosial .. saya baru tau ni

  8. Kenapa forlic.com ngk masuk dalam daftr???, sosial media dari sumatera utara, dibuat sma anak kampung sigura gura. Kerennya lg walaupun dibuka pakai browser hape tp responsivitasnya tinggi. Imbangnya forlic.com cma sma sebangaa.com lah.

    • Wah forlic keren ya bg? Siapa yg buat itu?

  9. Ada lagi yang baru nih, gan. Boleh di jajal juga. Namanya Pupunawac, hasil kreasi dari Bandung.
    Belum lama ini soft launching. Silahkan cek di play store deh.

  10. Kwikku.com juga keren :) bisa atur tema profil sesuka hati, ada radio nya jg :D

    • Di follmy.com juga sama gan , bisa ngatur background profilnya . Keren . Hihihi

  11. Udah tau gak gan , Friendster.id ? Seru lo Banyak konten2 terbaru , lebih dari asik gan , buruan kunjungi friendster.id

  12. kenapa kwiku susah sangat daftarnya yah? apa karena emailku bukan gmail, msn atau yahoo, (aq pakai easy)

  13. Ini ada lagi gan. Situs sosial media buatan indo juga, situs ini belum lama, penghuninya juga masih fresh gan. Alias masih sedikit. Tapi lumayanlah gan, ini situs memang dikhususkan untuk kaum komunitas hijaber. Namanya berpedia.com gan. Yang
    mau nyoba lirik dateng aja gan ke situsnya berpedia.com
    Makasih gan nice infony.

  14. Ya kita harus mendukung bangsa sendiri biar maju tidak tertinggal cintailah produk dalam negeri. ada satu lagi nih aplikasi di android namanya buddymeet

  15. Wah, aku baru tahu ada beberapa sosial media di Indonesia. Saya akan coba menggunakannya. Saya berharap, di Indonesia juga ada media sosial yang besar sehingga kita tak perlu ke media sosial asing. Kecuali untuk komunikasi dengan member luar negeri. Kalau hanya bisa tetang soal-soal lokal, ya gunakan saja media sosial dalam negeri. Sukses.

  16. ternyata banyak juga ya sosial media buatan anak bangsa..

  17. memang susah mempertahankan sosmed khususnya sosmed baru buatan bangsa ini tetep ga bisa merrubah paradigma orarng indonesia tentang kecanduan sosmed populer

  18. mantaf.. jangan mau kalah sama yang lain

    indonesia harus punya sosial media yang mendunia juga lahh

  19. Saya asli anak bangsa Indonesia ,untuk pembahasan ini ,kadang saya berfikir

    untuk MedSos anak bangsa mudah goyah ,benar yang dikatakan sodara kita

    Zainul Hal ,seharus nya Indonesia Mandiri.

    Banyak IT indonesia yang berpengaruh kuat di Negara Negara Luar .

    Untuk membahas MedSos saya sedikit kecewa ,dengan Koprol dan MedSos

    asal negara Indonesia yang tidak bisa mempertahankan karya sendiri.

    Benar yang dikatakan oleh sodara Beraqiqah dan itu fakta .

    Ayo bangkit Garuda mandirilah Indonesia semangatlah IT Indonesia.

    “we are anonymous, we are legion, we do not forgive, we do not forget, expect us.”

  20. gabung juga di catchfriend.com ya ini medsos anak bangsa juga

  21. Koprol mantap tuu… Harusnya dipertahankan, jangan lantas, minta diakuisisi, terus tergiur iming-iming besar, jadi ngga’ terdengar lagi deh… Harusnya dikembangin mandiri aja dulu. Kalau begini-begini terus, mengikuti arus monopoly perusahaan besar, kapan negeri ini punya sesuatu yang dianggap “sesuatu” bgt oleh masyarakat di bidang IT. Pemerintah juga harusnya mendukung kuat. Lihat China..!!

  22. Kereen , semoga maju buat dunia internet di indonesia dan orang orang di dalamnya

  23. maya ismay silaban

    Saya mau nanya mas, apakah Jejaring Sosial ini berbahaya bagi yang ada Adsense nya?
    makasih ya mas

  24. Entah kenapa ane males buat nyobanya sob, lagipula ane juga kurang terakhir sama sosial media :D

  25. Biasanya kalo salah satu udah mulai besar, dibeli sama perusahaan asing untuk dihancurkan dari dalam.

    Jadi inget sama urbanesia :(

Tinggalkan Balasan