Ini Dia Media Sosial dari Indonesia, Layak Untuk Dicoba?

Ini Dia Media Sosial dari Indonesia, Layak Untuk Dicoba?

Media Sosial Indonesia

Media sosial Indonesia – Siapa bilang Indonesia tidak punya jejaring sosial buatan sendiri? Bahkan tahukah Anda bahwa ada yang sempat populer? Memang perlu diakui bahwa #media sosial dari negeri lain lebih populer di tanah air ketimbang buatan Indonesia sendiri.

Padahal sebenarnya, bukan Indonesia tidak bisa membuat tetapi memang kita masih jarang memakai jejaring sosial buatan negeri sendiri.

Daftar Media Sosial Indonesia

Apa-apa saja situs yang didesain sebagai media sosial Indonesia tersebut? Berikut daftarnya:

1. Fupei (Sudah Tidak Aktif)

Fupei merupakan singkatan dari Friend Uniting Program Especially Indonesia bisa dikatakan salah satu jejaring sosial tertua di Indonesia. Situs ini merpakan website komunitas berisi jurnal kesehatan dan juga kreativitas. Terdapat beragam fasilitas yang beragam yang tidak kalah dari website-website luar. Fupei punya sekitar 80.000 pengguna.

2. Koprol (Sudah Tidak Aktif)

Koprol adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang cukup populer sebenarnya yang akhirnya diakuisisi oleh Yahoo!. Koprol.com adalah social media berbasis lokasi, dengan memberi tahu lokasi sesama user Koprol dan menghubungkan sesama user-nya. Terdapat beragam pilihan fitur termasuk fitur check-in dan melihat user lainya yang ada di lokasi yang sama.

Artikel lain: Pemasaran Melalui Media Sosial Jadi Lebih Efektif dengan Trik Ini

3. Indoface (indoface.com)

Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat.

Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.

4. Kombes (Sudah Tidak Aktif)

Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah dari Indonesia saja. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada.

5. Kwikku (www.kwikku.com)

Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing.

Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari Research Expo on Computing 2013.

Artikel lain: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

6. MindTalk (mindtalk.com)

MindTalk.com dipelopori oleh Robin Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran miat. Pengguna dapat mengiuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fesyen, bisnis, pemasaran dan otomotif.

Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India. Semoga berhasil!

7. Sebangsa (sebangsa.com)

Sebangsa.com adalah salah satu media sosial Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya.

Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.

Baca juga: Hati-hati Dgn Konten Seperti Ini di Facebook atau Twitter

Wah! Indonesia punya Media Sosial yang keren-keren ya! Kalau boleh sih sebenarnya mulailah untuk mencintai produk lokal. Bangsa kita adalah bangsa yang besar, hal inilah yang membuat banyak pengembang luar negeri menawarkan berbagai fasilitasnya kepada Indonesia.

Tetapi, kalau Indonesia bisa memfasilitasi negerinya sendiri terlebih dahulu, mengapa tidak? Fakta membuktikan kita punya anak bangsa yang kreatif!

31 KOMENTAR

  1. Globhy.com sosial media baru buatan Indonesia

Tinggalkan Balasan