Mau Wawancara Kerja? Yuk Pelajari 4 Pertanyaan Wawancara Umum yang Biasanya Muncul

Mau Wawancara Kerja? Yuk Pelajari 4 Pertanyaan Wawancara Umum yang Biasanya Muncul

Pertanyaan-Wawancara-Umum

Wawancara kerja adalah sesuatu yang umumnya harus dilewati para pekerja dalam sebuah rekrutmen yang diadakan perusahaan. Nah dalam sebuah wawancara kerja  ini pastinya akan ada sejumlah pertanyaan yang akan dihadapi dan dijawab oleh para pelamar kerja. Dan uniknya bagian tes wawancara ini selalu saja membuat para pekerja deg degan. Keadaan ini sepertinya berlaku untuk hampir para pekerja yang mengikutinya, termasuk mereka yang sudah sering menghadapi proses wawancara.

Adanya beberapa hal yang ditanya dan dinilai inilah yang biasanya menjadi kekhawatiran bagi para pekerja saat menghadapi bagian wawancara kerja . Maka dari itulah untuk Anda yang ingin sukses wawancara ada baiknya menguasai jenis pertanyaan umum yang bisanya muncul dalam proses wawancara. Dan berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering kali dimunculkan pewawancara beserta maknanya.

1. Jelaskan Tentang Diri Anda

Pertanyaan umum pertama yang seringkali muncul dalam sebuah wawancara kerja adalah Jelaskan tentang diri Anda? Meski sebenarnya Anda sudah menjelaskan hal ini panjang lebar pada CV (Curriculum Viate) atau daftar riwayat hidup yang ada, namun pertanyaan ini akan selalu muncul dalam hampir setiap wawancara.

Pertanyaan ini sendiri bukan berarti pewawancara malas melihat dan membaca CV Anda. Pewawancara mengajukan pertanyaan ini sendiri untuk menguji kebenaran dari CV Anda. Selain itu pertanyaan ini juga diajukan guna mengetahui tingkat kesungguhan dan kepercayaan diri seorang pelamar di hadapan HRD.

Artikel lain: 20 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

Untuk menghadapi pertanyaan ini maka Anda harus menjawabnya dengan penuh percaya diri. Jawablah dengan langsung berfokus pada pengalaman kerja yang sudah Anda jalani. Jika belum memiliki pengalaman kerja, maka bicara saja soal pendidikan, keahlian dan kegemaran Anda.

2. Mengapa Anda Tertarik Dengan Pekerjaan Ini

Berikutnya, pertanyaan umum yang seringkali muncul dalam sebuah wawancara kerja adalah mengapa tertarik dengan pekerjaan ini? Nah untuk bisa menjawab pertanyaan ini Anda harus menjawab dengan jawaban yang benar-benar menunjukkan ketertarikan Anda pada pekerjaan yang Anda lamar tersebut. Jawab bahwa pekerjaan yang Anda lamar memang sangat sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki.

Jika Anda memang memiliki passion di bidang pekerjaan yang Anda lamar tersebut maka katakan saja bahwa pekerjaan yang Anda lamar memang sesuai passion Anda. Ini akan menambah nilai Anda dihadapan HRD.

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda

Ini adalah pertanyaan yang umumnya paling sulit dijawab oleh pelamar kerja. Ya, pertanyaan untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan ini memang sesuatu yang bersifat menjebak. Terutama pada hal menjawab kekurangan diri. Untuk menjawab pertanyaan apa kekurangan diri yang Anda miliki ini, jangan menjawab terlalu vulgar seperti saya sering terlambat atau saya sering terbebani dengan pekerjaan yang banyak. Katakan saja perihal ini dengan kalimat lain seperti saya terlalu fokus dengan detail ataupun tidak suka konfrontasi.

Nah dari sini pernyataan Anda tentang kelemahan Anda akan terdengar lebih positif. Untuk pertanyaan soal kelebihan, maka jawablah beberapa kelebihan Anda yang sesuai dengan pekerjaan atau posisi yang Anda lamar. Kunci sukses untuk menjawab pertanyaan ini sendiri yaitu menjawab dengan jujur dan sesuai dengan keadaan diri Anda sendiri.

Baca juga:

4. Ada Pertanyaan Lain

Terakhir pertanyaan umum yang seringkali muncul dalam sebuah wawancara kerja adalah ada pertanyaan lain? Pertanyaan yang biasanya diajukan di akhir sesi wawancara ini tidak boleh Anda remehkan. Jika Anda kemudian mengatakan bahwa Anda tidak ada pertanyaan, maka Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak tertarik lebih lanjut dengan perusahaan atau rekrutmen yang ada tersebut.

Maka dari itu cobalah menunjukkan ketertarikan Anda dengan mengajukan pertanyaan lain pada pewawancara saat muncul pertanyaan ini akhir wawancara. Lalu pertanyaan apa yang harus kita ajukan untuk hal ini? Sebenarnya Anda bisa mengajukan apa saja, asalkan bukan pertanyaan yang bisa mengurangi nilai Anda, seperti gaji atau sifat bos di perusahaan.

Hindari juga pertanyaan yang menunjukkan bahwa Anda tidak mencari tahu terlebih dahulu. Maka dari itu sebelum bertanya soal perusahaan dan posisi yang akan Anda lamar misalnya, maka Anda seharusnya sudah mengetahui informasinya terlebih dahulu.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan