Mau Terapkan Gambar atau Foto Pada Artikel Blog? Ikuti Tipsnya Berikut Ini

gambar blog

Image dari Asktheblogger.com

Blog yang berisi beberapa artikel memang biasanya akan diselipi atau dilengkapi dengan sejumlah foto di dalamnya. Keberadaan foto atau gambar memang sangat penting untuk sebuah blog dan artikelnya agar membuatnya makin menarik dan makin disukai oleh netizen dan juga search engine. Keberadaan foto atau gambar memang memiliki kedudukan tersendiri dalam #blogging.

Bagi pengunjung sendiri, dengan adanya gambar atau foto maka akan membuat mereka memiliki bacaan yang komplit, informatif dan tidak membosankan. Menurut Jeff Bullas, seorang #internet marketing menyatakan bahwa artikel yang menyertakan image di dalamnya 94% akan lebih banyak dilihat dari yang tidak. Dan bagi blogger yang sedang menjalankan monetisasi blog, keberadaan foto atau gambar ini merupakan salah satu bagian yang akan membawa Anda pada tujuan tersebut.

Konten yang ada komponen visualnya memang akan sangat mumpuni untuk hal apapun termasuk blog. Hal ini dikarenakan sifat dasar manusia yang sangat menyukai visualisasi. Namun Anda harus ingat bahwa tidak sembarang foto atau gambar yang bisa ditampilkan pada artikel di blog ini. Lalu seperti apakah langkah atau cara membuat dan menerapkan foto atau gambar untuk blog ini? Berikut ulasannya.




1. Sesuaikan dengan Tema Artikel

Langkah pertama untuk menerapkan gambar atau foto untuk blog adalah dengan menetapkan dan menyesuaikan dengan tema artikel. Ya, gambar atau foto memang harus sesuai dengan tema konten atau artikel yang sudah ditulis. Alangkah anehnya memang jika gambar atau foto yang dipasang ke artikel tidak sesuai dengan isi atau tulisan. Jika gambar yang tidak sesuai ini kemudian Anda paksakan maka pengunjung yang membaca konten artikel bisa jadi merasa malas atau bisa jadi jengkel.

Dari sini jika Anda tak mau hal seperti ini terjadi pada blog, maka mau tak mau Anda harus menyesuaikan foto atau gambar dengan isi atau tema artikel. Bagaimana caraya? Jadi sebelum memasang foto, alangkah baiknya Anda menuntaskan tulisan sampai selesai untuk kemudian memasang foto atau gambarnya.

Artikel lain: 7 Kesalahan Blogger Saat Menulis Judul Postingan Blog

2. Gunakan Foto atau Gambar dengan Resolusi yang Tinggi

Nah setelah menemukan foto yang sesuai dengan isi atau tema artikel, langkah selanjutnya untuk menerapkan foto untuk blog adalah memilih foto atau gambar yang memiliki resolusi tinggi. Mengapa harus foto dan gambar yang melepaskan resolusi tinggi? sebab dengan foto yang memiliki resolusi yang tinggi maka kualitas gambar akan menjadi semakin baik.

Ya, dengan demikian maka pengunjung yang datang ke blog Anda akan semakin betah karena merasa senang dengan tampilannya. Selain itu gambar dengan resolusi yang tinggi ini juga akan menjadikan artikel Anda semakin menarik dan mendukung informasi yang Anda sajikan dengan lebih baik dan lebih detail.

3. Gunakan Gambar atau Foto Dokumentasi sendiri

Untuk lebih menjadikan artikel dan blog Anda berkesan profesional, maka Anda bisa menggunakan foto hasil dokumentasi sendiri. Untuk mendapatkan gambar atau foto untuk blog ini memang Anda bisa mendapatkannya dari #mesin pencari (search engine). Namun kelemahan jika Anda menggunakan foto atau gambar dari pencarian via search engine ini maka blog Anda akan terasa kurang mantap dan juga kurang mendukung kegiatan monetiasi.

Nah maka dari itu jika Anda sanggup mencari foto dengan dokumentasi sendiri maka artikel atau blog Anda akan lebih terasa profesional. Para pengunjung (visitor) pun ketika melihat foto hasil dokumentasi Anda sendiri akan lebih suka dan menyenanginya. Dan yang pasti dengan foto hasil jepretan ini sendiri kegiatan monetisasi blog ini akan semakin terdukung dengan baik.

Baca juga: Mau Memposting Blog Setiap Hari? Coba Lakukan 3 Cara Mudahnya Berikut Ini

4. Edit Foto Juga Tidak Ada Salahnya

Langkah dan tips terakhir dalam hal penerapan foto pada blog adalah dengan melakukan editing foto jika dirasa perlu. Ya, jika memang Anda merasa ada yang mengganjal dan kurang baik pada gambar atau foto yang sudah sesuai dan akan dipasang ini, maka tak ada salahnya untuk melakukan editing atau perubahan. Dengan menggunakan sejumlah #software atau aplikasi editing foto yang ada, maka Anda akan mampu menjadikan foto Anda jauh lebih menarik dan berkesan untuk pengunjung.



22 total comments on this postSubmit yours
  1. Untuk web tujuan monetasi bagusnya tarok di awal sebelah kanan atau di tengah setelah 1 atau 2 paragraf bang max?

    • Saya ngga terlalu pusing soal penempatan gambar. Yang pasti disesuaikan dengan teks, soal posisi itu kembali pada si pemilik blog

  2. Mas, resolusi ideal untuk sebuah gambar di artikel itu berapa pixel ya Mas.? Sehingga tetap tajam di akses dari berbagai perangkat.

  3. Untuk picture saya kan pakai CDN.
    Jadi link picture sesuai domain CDN.

    Kalau web lain ada yg embed picture saya,
    apakah picturenya masih bisa menjadi backlink?

  4. Excelent.. Saya setipa posting selalu ada gambar. Karena blog yang saya kelola adalah tutorial apakah menjadi masalah kalau gambar dalam satu posting bisa mencapai 3-5 gambar?

    • Sebenarnya tidak masalah, dari sisi visitor justru terbantu dengan adanya gambar. Kalau dilihat dari sisi pemilik blog tentunya banyak gambar dengan resolusi tinggi akan memakan space hostingnya mas. Selain itu, gambar yang tidak teroptimasi dengan baik akan lama terbuka saat loading, apalagi kalau hostingnya kurang memadai.

  5. maaf mas maxmanroe apa boleh mengambil gambar di pencarian google images terus menggunakan nya di artikel kita .. apa itu diperbolehkan mas ? sama apakah ada TOS dari google yg tidak membolehkan hal itu mas? mohon responnya mas ..

  6. Foto resolusi tinggi menghabiskan media penyimpanan pak, bagaimana?

  7. Gunakan Foto atau Gambar dengan Resolusi yang Tinggi
    .
    Misal kita menggunakan gambar dengan resolusi tinggi, nanti akan membuat Loading artikel tersebut menjadi lemot tidak ?

  8. Kalau gambar atau foto menggunakan resolusi tinggi apakah tidak memperlambat akses website nya? Kan katanya harus memperhatikan kecepatan akses dari website kita Bang, Cemmana itu?

    • Kalau mau menggunakan foto-foto resolusi tinggi sebaiknya sewa hosting yang bener-bener bagus agar proses loadingnya cepat.

      • klo ngga pakai hostingan berbayar gimana mas Marikxon M.?

  9. artikel kalau ga ada gambar ga joss, itulah mengapa di setiap artikelku juga pasti meneyrtakan gambar..

    nice info, thanks!

  10. Wah… bermanfaat nih. Trims

  11. kalau rekomendasi situs belajar buat coler draw ada gak mas?

  12. Kalau saya biasanya edit gambar sendiri, tpi kadang ngambil gambar dari internet jga sih…. dan kl dri internet biasanya saya ambil gambar yang bebas masalah hak cipta, ada beberapa website yg menyediakan gambar yg bisa digunakan dg bebas.

  13. setuju, mending gambar buatan sendiri bos lebih original. kalo masalah ukuran biasanya si dikompres dulu biar ga terlalu berat buat yang low bandwidth

  14. sebuah gambar dalam artikel memang membuat lebih enak dipandang ya. ty mas tipsnya

  15. Gambar kalau bisa sebelum diupload di compress dulu, hasilnya kualitas tetep bagus tapi ukurannya kecil jadi bisa hemat space hostig juga, bisa pake Caesium atau irfanview (free) dll

  16. Kang untuk Foto pada sebuah artikel sebaiknya diletakkan di awal, tengah atau akhir?

    • Sesuaikan dengan kebutuhan aja. Bisa di atas, di samping, ataupun di bagian bawah. Tapi biasanya image itu ada di bagian atas artikel atau di samping.

  17. Mas, ada tidak ketentuan berapa photo yang boleh di lampirkan dalam suatu blog.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud