Mau Sukses Berbisnis Kuliner? Coba Terapkan Dulu 5 Tips Dari Danis Puntoadi Berikut Ini

Danis Puntoadi

Image dari Klikgaya.co.id

Bisnis kuliner saat ini memang tumbuh dengan pesatnya. Dengan pesatnya industri kuliner ini maka banyak orang yang kemudian tertarik untuk merambah bisnis icip-icip yang satu ini. Sayangnya meski peluangnya sudah besar tidak sedikit para pengusaha yang kesulitan menembus pasar dan beberapa di antaranya akhirnya harus gulung tikar.

Menurut Danis Puntoadi, founder CRP Group menjalankan bisnis kuliner ini memang membutuhkan beberapa strategi dan tips. Danis sendiri yang lulus dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, dalam waktu 3 tahun usaha saat ini telah mempunyai 50 outlet di 15 kota.  Lalu seperti apa strategi dan tips untuk bisa membuat #bisnis kuliner ini agar mampu sukses? Berikut tips dari Danis Puntoadi tersebut.

1. Kenali Pasar dan Lakukan Research dengan Baik

Tips pertama untuk membuat bisnis kuliner sukses ala Danis Puntoadi adalah dengan mengenali pasar dan melakukan research yang baik. Tidak bertumbuhnya bisnis kuliner yang sering dialami pengusaha ini menurut Danis memang disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pengusaha mengenai pasar yang akan digarap.

Pasar memang merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membuat produk Anda terserap dengan baik. Tanpa adanya pengetahuan dan pemahaman mengenai pasar maka akan sulit bagi pengusaha kuliner untuk bisa sukses. Untuk memahami pasar ini kata Danis ada satu hal penting yang harus dilakukan yaitu proses research atau riset.

Artikel lain: Tips Cerdas Memilih Kemasan Makanan Yang Aman Untuk Bisnis Kuliner




Lakukan riset dengan baik dan tidak terburu-buru agar Anda mendapatkan komposisi yang tepat dan sesuai dengan target market yang diinginkan. Untuk dirinya sendiri proses research ini dilakukan dalam waktu 8 bulan-an sebelum launching. Mengapa begitu lama? Sebab baginya setiap bisnis yang memiliki market yang berbeda  akan di sana juga ia akan membutuhkan treatment yang berbeda.

2. Kuatkan Brand

Berikutnya, tips dari Danis Puntoadi untuk sukses di bisnis kuliner adalah dengan menciptakan brand yang kuat. Dengan brand yang kuat maka usaha Anda akan cepat bertumbuh dan berkembang. Mengapa bisa demikian? Sebab dalam brand sendiri tidak hanya produk saja yang akan kita dapat tapi ada juga pelayanan atau service, kebersihan serta engagement dengan customer.

Untuk memperkuat merk atau brand yaitu dengan memasarkan produk kita sesuai dengan kebutuhan market yang ada pada umumnya. Menurut Danis jika pengusaha hanya bicara enak dan tidak enak itu akan berlaku relatif.

3. Ciptakan Sistem dan Investasi yang Baik

Selanjutnya, tips membangun bisnis kuliner ala Danis adalah dengan menciptakan sistem dan invetasi yang baik. Apa maksudnya? Kita bahas satu persatu dulu. Pertama sistem. Dalam menjalankan bisnis Anda memang perlu membuat sistem yang menggerakkan usaha secara otomatis tanpa harus selalu Anda pantau terus-menerus.

Jika Anda mampu menciptakan sistem ini dengan baik maka akan lebih mudah untuk mengendalikan atau mengontrol bisnis saat usaha Anda sudah mulai berkembang. Sedangkan investasi sendiri adalah hal yang sangat penting untuk menjaga konsistensi serta keberlanjutan bisnis.




4. Danis Puntoadi Selalu Gunakan Kreativitas

Meski usaha kuliner Anda lantas sudah mampu berkembang dengan baik maka Anda tetap tidak boleh berhenti berinovasi. Nah langkah untuk bisa mencapai inovasi adalah dengan menerapkan kreativitas. Kreatifitas memang akan menjadi cikal bakal yang penting dan utama dalam berinovasi dalam bisnis.

Namun untuk menumbuhkan kreatifitas ini Anda tak bisa berdiam diri saja. Alih-alih berdiam diri, Anda harus aktif mencari ide dan melakukan segala uji coba dan terobosan. Menurut Danis ada langkah mudah untuk menemukan kreatifitas yaitu dengan melakukan konsistensi dalam melihat hal baru dan yang sedang ramai diperbincangkan.

Baca juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

5. Perhatikan Tempat dan Komunikasi Pemasaran

Terakhir, tips untuk sukses dalam bisnis kuliner menurut Danis Puntoadi adalah dengan memperhatikan tempat, komunikasi dan distribusi. Tempat yang strategis pastinya harus Anda kejar untuk membuat konsumen mudah menemui Anda. Jika Anda memang belum memiliki tempat yang demikian saat ini maka teruslah tetap berusaha mencari tempat yang strategis tersebut.

Peranan komunikasi dalam pemasaran ke konsumen juga penting untuk diperhatikan. Jangan hanya menggunakan media pemasaran lama, tapi cobalah untuk juga merambah #media online yang memiliki peluang yang juga besar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud