Mau Startup Cepat Populer Lewat Media Massa? Ketahui 5 Hal Berikut Ini

Image dari Businessnewsdaily.com

Image dari Businessnewsdaily.com

Bisnis berbasis digital atau yang lebih dikenal dengan startup saat ini memang telah sangat marak dan berkembang. Pengguna teknologi digital yang terus meningkat signifikan diduga menjadi latar belakang begairahnya bisnis startup. Dalam menjalankan dan menumbuhkan bisnis startup ini mau tak mau sang founder memang harus melakukan promosi. Meski berbasis jejaring internet, namun tanpa promosi sepertinya akan sangat sulit bagi founder untuk menjadikan startupnya dikenal banyak orang.

Dalam aktivitas promosi #startup ini ada sebuah wujud yang tidak boleh dilupakan founder yaitu nilai jual. Startup yang memiliki nilai jual memang umumnya akan mendapatkan promosi langsung yang baik dari beberapa jurnalis atau wartawan lewat media massa. Dengan mendapatkan promosi dalam bentuk ulasan dari para wartawan ini tentu akan membuat Anda terbantu untuk menarik orang-orang pertama, yaitu pelanggan yang sulit dipahami.

Namun untuk bisa mendapatkan wartawan yang mau mengulas produk startup Anda bukanlah perkara yang mudah. Usaha mengirimkan email tidaklah cukup untuk bisa mendapatkan ulasan dari wartawan. Lalu hal apa saja yang bisa menjadikan startup bisa cepat populer melalui #promosi dari ulasan para jurnalis ini? Berikut ulasannya.



1. Tonjolkan Keunikan

Hal pertama yang bisa menjadikan startup Anda menajdi populer adalah keunikan. Anda sebagai faounder harus menemukan keunikan yang ada pada startup yang Anda rintis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan para wartawan yang umumnya menerima ratusan permintaan liputan setiap minggu, hanya akan melihat beberapa atau 1 – 2 persen dari ratusan permintaan tersebut yang terlihat unik.

Maka untuk memastikan keunikan startup ini, Anda bisa memulainya dengan mencari hal yang bisa membedakan startup Anda dengan perusahaan startup lain yang sejenis. Mungkin Anda bisa memulai dari bertanya kepada diri sendiri dan mengeksplorasi startup. Cara lain mencari keunikan adalah dengan bertanya atau melakukan survey kepada orang lain tentang hal unik yang ada ada startup Anda.

Artikel lain: 5 Tips Yakinkan Partner Bisnis Dalam Membangun Startup 

2. Tekankan “Kisah Personal” 

Salah satu pemimpin redaksi media massa ReadWrite, Owen Thomas menyatakan bahwa sesuatu yang juga menjadi ketertarikan dari sebuah bisnis startup yang dicari redaksinya adalah “kisah personal”. “Kisah personal” yang lebih baik dari data dan angka ini memang akan menjadi kualitas nilai jual dari sebuah startup yang akan diliput media massa.

Dengan adanya “kisah personal” ini founder akan terbantu untuk bisa  berhubungan satu sama lain dan mengembangkan empati untuk hal-hal yang sebelumnya tidak kita mengerti. Menceritakan sebuah “kisah personal” juga akan mampu membentuk hubungan emosional dengan wartawan, dan dengan pembaca tentunya.

3. Sampaikan Intinya dengan Cepat

Jika Anda mengirim email kepada sebuah media massa dengan harapan ingin diliput, Anda tidak boleh membuat deskripsi yang terlampau panjang dan berbelit-beli. Jelaskan saja secara cepat dan pada intinya. Mengapa demikian? Wartawan yang memiliki kesibukan diatas rata-rata tentu akan membuang email yang terlampau berbelit-belt dan panjang.

Maka dari itu cobalah membuat kisah startup Anda dalam satu paragraf saja yang menjelaskan inti, keunikan, keutamaan dan harapan Anda. Baris subjek #e-mail juga merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Ini karena subjek email adalah komponen pertama yang dilihat oleh wartawan.

4. Respon dengan Cepat

Setelah mengirim email sesuai prosedur atau setelah wawancara, cobalah untuk tetap standby untuk rutin mengecek kotak masuk email Anda. Jangan terlampau lama untuk lari dari email Anda. Ini karena saat wartawan sudah melakukan wawancara ataupun tertarik dengan Anda dan startup Anda, maka akan ada balasan yang harus segera dikonfirmasi.

Jadi, pastikan Anda bisa dihubungi dan mempunyai waktu untuk berbicara dengan wartawan, menawarkan informasi tambahan tentang produk, jasa, perusahaan atau apa pun yang bisa Anda “jual” menjadi kisah menarik.

Baca juga: 5 Tips Jitu Menjaga Kekompakan Tim dalam Sebuah Startup

5. Hubungan Jangka Panjang dengan Media Massa

Terakhir, hal yang perlu diketahui untuk menjadikan startup Anda populer adalah dengan menjadikan hubungan jangka panjang dengan wartawan. Saat ini memang banyak wartawan yang menekankan bagaimana menghabiskan waktu dalam membangun sebuah hubungan yang berjalan jauh ke depan.

Tujuannya, untuk meningkatkan kesempatan mereka untuk terus meliput kisah Anda. Karena itu, mengenali wartawan sebagai partner adalah sesuatu yang baik. Jadikan hubungan ini tetap langgeng untuk bisa meliput startup Anda di kemudian hari saat Anda meluncurkan sebuah fitur atau layanan terbaru.





1 comment on this postSubmit yours
  1. Simple sih caranya… tapi actionnya…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud